Sariawan Membandel dan Sering Kambuh? Obati Dengan Belimbing Wuluh

Posted by

Loading...
Cara Mengobati Sakit Sariawan Yang Sering Kambuh Menggunakan Belimbing Wuluh Yang Memiliki Banyak Manfaat
Belimbing wuluh juga bermanfaat mencegah bibir kering. Senyawa antioksidan yang ditemukan di dalam belimbing wuluh berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Dimana serangan radikal bebas bisa berdampak buruk pada kesehatan bibir dan menyebabkan bibir menjadi kering. Belimbing wuluh dapat mencegah bibir mengelupas dan pecah. Kandungan di dalam belimbing wuluh bermanfaat untuk mencegah bibir mengelupas, selain itu dapat meregenerasi sel-sel pada bibir yang telah mati.
Sariawan adalah salah satu masalah mulut yang cukup menganggu, karena efek rasa sakit yang muncul pada mulut mengakibatkan makan dan minum menjadi kurang nikmat.
Buah belimbing wuluh memiliki sifat antiseptik, kandungan jumlah vitamin C yang terdapat dalam buah yang memiliki rasa khas yang asam terbilangg cukup berlimpah. Tak heran banyak nenek moyangg kita telah memanfaatkan jenis buah belimbing sebagai obat tradisional. Selain memiliki kandungan vitamin C yang berlimpah, buah belimbing wuluh banyak mengandung mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa jenis mineral yang terkandung dalam buah belimbing wuluh antara lain kalsium oksalat, sulfur, kalium sitrat, glukosid, tanin, peroksida, dan senyawa saponin,. Dilihat dari jenis zat yang terkandung dalam buah belimbing wuluh, tentu saja  tanaman tersebut baik untuk kesehatan. Seperti bagian daun, batang, buah, dan bunganya semua dapat digunakan sebagai bahan ramuan obat untuk mengobati beberapa macam penyakit.
Bagaimana Mengobati Sariawan Dengan Belimbing Wuluh?
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati sariawan menggunakan belimbing wuluh.
Cara pertama:
Sediakan segenggam bunga belimbing wuluh, gula jawa secukupnya, dan secangkir air. Kemuduan masukkan ketiganya di dalam sebuah panci, lalu rebus sampai mejadi kental.

Lalu saring rebusan ini, setelah itu gunakan untuk membersihkan mulut. Bisa juga Anda gunakan untuk mengoleskan pada sariawan yang ada di mulut.

Cara kedua:
Siapkan 2/3 genggam bunga belimbing wuluh (sebelumnya dicuci hingga bersih), lalu rebuslah dengan 3 gelas air hingga, biarkan mendidih hingga air rebusan hanya tersisa 2 gelas saja.

Lalu angkat dan tunggu agak mendingin. Lalu saring ampasnya dan air rebusan dibagi menjadi tiga, untuk diminum pada pagi, siang dan malam (tiga kali dalam sehari).

Cara ketiga:
Siapkan 10 bunga belimbing wuluh, beberapa asam jawa, dan gula aren. Kemudian rebus ketiganya menggunakan 3 gelas air.

Biarkan air rebusan mendidih hingga hanya tinggal tersisa ¾ bagian (dari air 3 gelas tersebut).

Lalu ambil air rebusan, dan saring air rebusan dari ampasnya. Minum ramuan ini untuk 2 kali dalam sehari.

Jadi dari air rebusan itu, Anda minum setengah bagiannya, lalu simpan setengahnya lagi untuk diminum di sore atau malam hari.

Menggunakan belimbing wuluh untuk mengatasi sariawan memang bisa diandalkan, akan tetapi rasanya cukup perih jika sariawan dioleskan dengan belimbing wuluh ini.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:24

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.