Piala Adipura, Kalpataru dan Adiwiyata, Apa Bedanya?

Posted by

Loading...
Apa Arti dan Perbedaan Dari Adiwiyata, Adipura dan Kalpataru Yang Merupakan Simbol Kemenangan dan Penghargaan Bagi Para Penggiat Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup?

Kalpataru diberikan untuk Individu atau Kelompok Pelestari Lingkungan

Kalpataru adalah penghargaan di bidang lingkungan hidup yang diberikan kepada individu atau kelompok yang berjasa dalam usaha pelestarian lingkungan hidup. Penerima penghargaan kalpataru dikelompokkan dalam empat kategori yaitu perintis lingkungan, pengabdi lingkungan, penyelamat lingkungan, dan pembina lingkungan.
Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia.


Piala Kalpataru

Perintis lingkungan adalah kategori penerima kalpataru yang merupakan warga negara Indonesia (perseorangan) bukan pegawai negeri dan tokoh organisasi formal. Pengabdi lingkungan adalah kategori penerima kalpataru yang merupakan petugas lapangan atau pegawai negeri. Penyelamat lingkungan adalah kategori penerima kalpataru yang merupakan kelompok masyarakat (formal maupun informal). Sedangkan Pembina lingkungan adalah kategori penerima kalpataru yang merupakan pejabat, peneliti, pengusaha, atau tokoh masyarakat.

Kalpataru sendiri diberikan pertama kali pada tahun 1981. Sedangkan nama kalpataru diambil dari bahasa sanskerta ‘kalpataru‘ atau ‘kalpawreksa‘ yang mempunyai arti ‘pohon kehidupan’. Penggunaannya terinspirasi oleh relief kalpataru yang terdapat di dinding candi-candi di Indonesia seperti di candi Mendut dan Prambanan.


Adipura, adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup. (Piala dan plakat adipura)

Adipura Diberikan Sebagai Penghargaan Untuk Kota Bersih dan Mampu Mengelola Lingkungan

Adipura merupakan penghargaan untuk kota di Indonesia yang berhasil yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Penghargaan adipura dibagi dalam 4 kategori, yaitu :
  • Kota metropolitan, yaitu kota dengan penduduk lebih dari 1 juta jiwa,
  • Kota besar, yaitu kota dengan penduduk antara 500.001-1.000.000 jiwa,
  • Kota sedang, yaitu kota dengan penduduk antara 100.001-500.000 jiwa,
  • Kota kecil, yaitu kota dengan penduduk kurang dari 100.000 jiwa.
Penghargaan adipura diberikan pertam kali pada tahun 1986 namun terhenti sejenak pada periode 1998-2002.

Piala Adiwiyata, Diberikan Untuk Sekolah Cinta Lingkungan

Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah (SD, SMP, dan SMA) yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang cinta dan bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.
Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk Cita-cita pembangunan berkelanjutan. Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup.




Logo dan piala adiwiyata

Adiwiyata sendiri berasal dari kata “adi” yang berarti besar, agung, baik, ideal dan sempurna. Dan kata “wiyata” yang berarti tempat seseorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:23

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.