Macam-Macam Penyebab Naiknya Tekanan Darah Secara Tiba-tiba

Posted by

Loading...
Pernahkah anda berfikir jika kegiatan bermalas-malasan saja sepanjang hari ternyata bisa juga memicu naiknya tekanan darah? Lantas apa hubungannya bermalas-malasan dengan hipertensi atau tekanan darah yang naik secara tiba-tiba?


Ternyata bukan bermalas-malasannya yang membuat tekanan darah anda tiba-tiba tinggi tetapi karena akibat dari bermalas-malasan dan kurang gerak mengakibatkan penimbunan lemak yang tidak anda sadari dan inilah yang menyebabkan tekanan darah anda bisa naik dengan cepat.
Mencegah penyakit tentunya akan jauh lebih bermanfaat dan berbiaya murah daripada kita mengobatinya setelah terkena penyakit tersebut, dan hal ini berlaku juga pada hipertensi.
Obat-obatan tertentu yang berfungsi untuk meringankan penyakit atau mengobati penyakit lain ternyata juga bisa menjadi pemicu naiknya tekanan darah. Jadi jangan sembarangan mengonsumsi obat-obatan resep dokter tanpa pengawasan atau resep dari dokter dan hanya mengira-ira sendiri penggunaan obat tersebut. Konsultasi sebelum menggunakan obat dosis tinggi yang mungkin bisa menyebabkan naiknya tekanan darah adalah salah satu langkah bijaksana.
Naiknya tekanan darah tinggi seringkali tidak disadari oleh mereka yang menderita penyakit ini. Tiba-tiba saja mereka sudah mengalami pusing atau bahkan serangan jantung karena naiknya tekanan darah. Walaupun dibilang sepele, namun penyakit ini bisa berkembang menjadi penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke. Sehingga mengenali penyebab penyakit ini menjadi hal yang penting sebagai tindakan pencegahan.
Selama ini garam adalah salah satu makanan yang disalahkan sebagai penyebab tekanan darah tiba-tiba naik, ternyata hal ini ada benarnya karena ada beberapa orang yang memang sensitiv terhadap garam. Beberapa orang memiliki sensitivitas yang tinggi akan garam hingga menyebabkan tekanan darah mereka meningkat. Oleh sebab itu jika Anda menderita hal yang demikian, maka batasi konsumsi garam Anda.


Apa lagi penyebab lain dari naiknya tekanan darah? Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah penyebab umum dari naiknya tekanan darah.

Faktor Kelebihan berat badan
Kelebihan berat badan hingga berujung pada obesitas menjadi penyebab utama dari naiknya tekanan darah. Sebab lemak mampu mengganggu sirkulasi darah Anda hingga menyebabkan naiknya berat badan.

Konsumsi Alkohol
Berhati-hatilah dengan konsumsi alkohol sebab mampu meningkatkan tekanan darah Anda hingga dua kali lipat.

Beban Kerja Yang Tinggi, Depresi dan Stres
Tekanan yang Anda dapatkan dari stres mampu membuat tekanan darah Anda naik secara otomatis. Oleh karena itu saat Anda mengalami stres, maka tenangkan diri Anda dan kelola stres Anda.

Faktor Umur / Usia
Semakin tua usia seseorang, maka semakin tinggi pula risiko mereka untuk terkena darah tinggi. Sebab saat orang beranjak senja, maka akan cenderung terjadi pengerasan arteri penyebab naiknya tekanan darah.

Faktor Genetik / Keturunan
Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang terkena kolesterol tinggi, maka sebaiknya Anda patut berhati-hati. Sebab Anda berpotensi besar untuk terkena darah tinggi.

Jenis kelamin
Tidak banyak yang tahu bahwa pria berpotensi lebih tinggi daripada wanita untuk terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Walaupun begitu wanita pun harus berhati-hati. Oleh karena itu ubah pola hidup Anda dan terapkan pola makan sehat.

Faktor Pemilihan dan Pemakaian kontrasepsi

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa pemakaian kontrasepsi seperti pil KB atau kontrasepsi oral lainnya mampu meningkatkan risiko naiknya tekanan darah tinggi lebih besar.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:55

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.