Kandungan Kimia dan Nutrisi Kenikir Yang Bermanfaat

Kandungan Bahan Aktif Yang Terdapat Pada Kenikir Yang Memiliki Efek Menyehatkan dan Sebagai Obat Alami
Kenali Morfologi Tanaman Kenikir: Perdu dengan tinggi 75-100 cm dan berbau khas. Batang tegak, segi empat, beralur membujur, bercabang banyak, beruas berwarna hijau keunguan. Daunnya majemuk, bersilang berhadapan, berbagi menyirip, ujung runcing, tepi rata, panjang 15-25 cm, berwarna hijau. Bunga majemuk, bentuk bongkol, di ujung batang, tangkai panjang ± 25 cm, mahkota terdiri dari 8 daun mahkota, panjang ± 1 cm, merah, benang sari bentuk tabung, kepala sari coklat kehitaman, putik berambut, hijau kekuningan, merah. Buahnya keras, bentuk jarum, ujung berambut, masih muda berwarna hijau setelah tua coklat. Biji keras, kecil, bentuk jarum, panjang ± 1 cm, berwarna hitam. Akar tunggang dan berwarna putih.
Disamping daunnya, ternyata bunga kenikir juga bermanfaat antara lain untuk obat gondongan dan juga bisa jadi obat pembengkakan pada payudara. Caranya yaitu bunga kenikir ditumbuk dan dicampur cuka kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Selain itu bunga kenikir juga bisa mengusir serangga dengan aromanya yang khas.
Kenikir berkembang biak dengan memperbanyak biji. Pada musim hujan tumbuhan ini mudah diserang jamur sehinga sulit bagi kenikir untuk berkembang biak pada musim hujan.

Kandungan kimia dan nutrisi daun kenikir

Daun Cosmos caudatus mengandung saponin, flavonoid polifenol dan minyak atsiri. Akarnya mengandung hidroksieugenol dan koniferil alkohol (Fuzzati et al., 1995).
  • Saponin
  • Flavonoida polifenol
  • Minyak atsiri
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Vitamin A
  • Hidroksieugenol (pada akar)
  • Koniferil alkohol (pada akar)
Dalam sebuah penelitian juga menemukan kalau daun kenikir mengandung senyawa yang memiliki daya antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa yang bersifat antioksidan dapat memacu proses apoptosis melalui jalur intrinsik(jalur mitokondria). Pemacuan apoptosis merupakan salah satu cara penghambatan karsiogenesis atau penyebab kanker. Senyawa radikal bebas dapat menghambat apoptosis melalui inhibisi pelepasan sitokrom c, yaitu sitokrom c berperan dalam aktivasi protein-protein regulator positif apoptosis. Sifat antioksidan yang dimiliki kenikir memungkinkan pengembangan tanaman ini sebagai agen kemopreventif.

Menurut Bodeker, G. (2009),kenikir mengandung 3 persen protein, 0,4 persen lemak dan karbohidrat serta kaya dengan kalsium dan vitamin A. Senyawa yang bersifat antioksidan dapat memacu proses apoptosis melalui jalur intrinsik (jalur mitokondria).

Daun kenikir dapat di olah menjadi berbagai macam makanan. Makanan yang diolah antara lain keripik kenikir, urap, pecel, sup, pepes, dll.

Daun kenikir (Cosmos caudatus) banyak dikonsumsi masyarakat sebagai sayuran. Secara tradisional daun ini juga digunakan sebagai obat penambah nafsu makan, lemah lambung, penguat tulang dan pengusir serangga. Pada umumnya daun kenikir dapat digunakan untuk mengobati kanker. Di Malaysia kenikir biasanya digunakan untuk memperbaiki sirkulasi darah.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:57
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.