Jenis Daun-daunan Untuk Pakan Ikan Gurami

Posted by

Loading...
Daun Apa Sajakah Yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Pakan Ikan Gurami?

Untuk membudidayakan ikan gurami diperlukan pakan yang bagus. Dan umumnya pakan yang bagus yang mendukung pertumbuhan gurami dengan cepat adalah pakan pabrikan. Secara umum pakan pabrikan untuk ikan gurami memiliki harga yang lebih mahal daripada pakan racikan sendiri.
Ikan Gurami adalah sejenis ikan air tawar yang populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di samping itu, di negara-negara lainnya gurami juga sering dipelihara dalam akuarium.
Nama ilmiah: Osphronemus goramy
Kingdom: Animalia
Famili: Osphronemidae
Tingkatan takson: Spesies
Spesies: O. goramy.
Bagaimana mensiasati pakan gurami agar lebih hemat dan lebih efisien?

Mungkin banyak juga yang belum tahu jika ternyata daun pisang bisa dijadikan pakan tambahan untuk ikan gurami. Bahkan sayuran genjer juga bisa digunakan sebagai daun-daunan pakan tambahan untuk ikan gurami. Ada satu jenis daun lagi yang biasanya digunakan untuk pakan ternak ternyata juga bagus untuk pakan tambahan dan pakan alternatif bagi ikan gurami yaitu daun lamtoro. Apa saja jenis daun-daunan lainnya yang cocok dan bagus untuk pakan hijauan ikan gurami?

Berikut beberapa jenis daun yang biasa digunakan untuk pakan tambahan ikan gurami di antaranya:
1. daun talas
2. daun senthe
3. kangkung
4. ketela pohon / singkong
5. caisin
6. daun lamtoro
7. daun pepaya
8. daun pisang
9. mata iwak atau kiambang kecil
10. genjer

Tips Agar Ikan Gurami Cepat Besar

Untuk mempercepat pertumbuhan gurami yang dikenal lamban, sebaiknya pakan pelet dicampur terlebih dahulu dengan probiotik.

Probiotik ini sudah banyak digunakan petani ikan maupun produk pertanian lainnya untuk meningkatkan produksi. Pada ikan, probiotik mampu meningkatkan nafsu makan, memacu pertumbuhan karena penyerapan protein lebih sempurna, menambah kekebalan terhadap penyakit sehingga mengurangi tingkat kematian, menghilangkan bau busuk (amis) dan menumbuhkan plankton pakan alami di kolam.

Salah satu jenis probiotik yang bisa digunakan adalah Raja Grameh dan SPF. Probiotik tersebut yang dicampurkan pada pakan maupun langsung dituang dalam kolam dengan dosis tertentu. Setelah pemberian probiotik ini biasanya air kolam berwarna lebih hijau karena mampu merangsang pertumbuhan fitoplankton sebagai makanan alami ikan dalam kolam yang juga dapat memacu pertumbuhan serta membantu menjaga kekebalan tubuh ikan sehingga lebih tahan penyakit.

Selain memberikan probiotik, pemberian frekuensi pakan pun harus diperhatikan. Ada baiknya pakan diberikan pada pagi dan malam hari dengan persentase 2% dari berat massa ikan dalam kolam atau sekitar 4 kg. Di samping pakan pelet, Anda pun bisa memberikan daun sente (seperti daun talas) yang banyak ditemukan di sekitar kolam sebagai pakan tambahan ikan yang diberikan sekitar 100 daun/hari.


Jenis-jenis daun diatas mungkin saja ada yang sulit diperoleh disekitar anda. Anda bisa juga melakukan ujicoba dengan daun-daunan jenis lainnya dengan syarat harus dipastikan bahwa daun-daunan tersebut tidak mengandung racun yang membahayakan Ikan gurami.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:20

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.