Inilah Contoh Sapi Bakalan Super Calon Monster

Posted by

Loading...
Memelihara sapi atau menggemukkan sapi agar berhasil wajib hukumnya memenuhi persyaratan berikut ini:
  • Pemilihan sapi bakalan yang berkualitas
  • Penggunaan pakan yang bagus baik jumlah maupun kandungan nutrisinya
  • Kandang yang nyaman dan aman bagi ternak
  • Manajemen penanganan (handling) sapi yang baik memenuhi animal welfare
Dari empat faktor yang berpengaruh terhadap sukses tidaknya usaha penggemukan tersebut diatas yang akan coba diurai kali ini adalah mengenai sapi bakalan yang berkualitas.

Sebagai tambahan berdasarkan informasi pertumbuhan sapi untuk menjadi mosnter dengan bobot 1 ton lebih tidaklah sederhana.

Sebagai contoh jika kita membeli bakalan super dengan berta 300 kg, pada 6 bulan pertama mungkin berat badan sapi bisa nambah sampai 1,5 kg per hari tetapi pada 6 bulan berikutnya berat sapi hanya bertambah sekitar 1 kg per hari.

Bahkan menurut pengalaman mereka yang pernah menggemukkan sapi sampai diatas berat 800 kg, pertambahan berat bandannya tidak sampai 0,5 kg sehari jika sudah mencapai 800 kg lebih, sehingga untuk mencapai berat diatas 1 ton membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya pakan yang tidak sedikit. Sapi dengan berat besar diatas 800 kg membutuhkan pakan yang jauh lebih banyak perharinya daripada sapi dengan bobot 500 kg sementara kenaikkan berat badannya hanya setengah kg per hari.

Dengan kondisi seperti diatas maka sebaiknya sapi-sapi monster memang dijual saat menjelang hari  raya kurban dan dikhususkan sebagai sapi kurban agar bisa mendapatkan penghargaan dengan harga yang sesuai dan layak sehingga peternak tidak merugi.

Memelihara sapi untuk dijadikan "monster" memang butuh ketelatenan, pengorbanan dan juga "hobi" sehingga kadang masalah biaya adalah nomor sekian.

Apa saja ciri-ciri sapi bakalan yang bagus?

Berikut ini beberapa ciri sapi bakalan yang bagus untuk digemukkan sebagai sapi jumbo alias monster:

Berasal dari breed atau bangsa sapi yang bagus dan cepat pertumbuhannya seperti limousine dan simmental.

Memiliki rangka tulang yang bagus dan kompak, tidak bertulang terlalu kecil karena jika penulangan terlalu kecil tidak akan mampu menyangga bobot tubuhnya jika digemukkan hingga bobot 1 ton lebih.

Punggung lurus tidak melengkung karena punggung yang melengkung saat sapi semakin berat akan tambah melengkung dan sangat mengganggu pergerakan sapi. Sapi dengan punggung melengkung juga kurang bagus pertumbuhannya disamping bentuk sapinya juga kurang gagah.

Pilih sapi dengan pantat yang terlihat membulat dan tidak runcing atau terlalu tipis. Sapi dengan pantat runcing tidak akan bagus pertumbuhannya alias gemuknya lama.

Pilih sapi bakalan yang bagian depan atau dadanya terlihat lebar dan kekar.

Saat berdiri kaki sapi terlihat lurus dan kokoh, tidak menyilangkan kaki, kaki tidak melengkung seperti membentuk huruf x atau o.

Kaki sapi tidak napak, kuku rata tanah saat berdiri, tidak terlihat seperti jinjit.

Saat dituntun sapi bakalan yang bagus terlihat jinak tetapi lincah dengan sorot mata yang cerah.

Bulu sapi tidak berdiri dan kusam tetapi mengkilap seperti berminyak dan terlihat cerah, perut tidak membuncit, sapi tidak terlalu gemuk dan tidak kurus.

Bodi sapi panjang dan jika ditambah bodi tinggi akan terlihat lebih gagah

Nafsu makan baik dan bagus.

Itulah beberapa ciri sapi bakalan calon monster, mungkin kalau dari pembaca ada ciri lain yang belum tertulis disini berkenan menambahkan di kolom komentar dipersilahkan, semoga bermanfaat.

Situasi pasar hewan terbaru silahkan lihat saja video dibawah ini:
https://www.youtube.com/watch?v=nfM2z3DfKw0&feature=youtu.be

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:22

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.