Di China Wechat Populer, WhatsApp Diblokir

Posted by

Loading...
Negeri tirai bambu atau dikenal juga dengan nama negeri panda memang terkenal dengan ketertutupannya. Partai komunis yang berkuasa disana berusaha menghalang-halangi rakyatnya dengan segala cara untuk tidak sampai melakukan tindakan yang anti pemerintah.

Belakangan ini china makin gencar memblokir beberapa aplikasi media sosial yang dianggap membahayakan eksistansi pemerintahan komunisnya. Facebook, Twitter, Instagram, blogspot adalah salah satu korban awal pemblokiran oleh pemerintah china. Dan yang terbaru adalah kabar diblokirnya aplikasi WhatsApp yang saat ini merupakan salah satu aplikasi chatting terpopuler di dunia. Adakah hubungan pemblokiran ini dengan aplikasi serupa produk lokal china yang bernama Wechat?

WhatsApp Diblokir, Wechat Makin Populer di China

Aplikasi aplikasi layanan berbasis internet makin banyak yang diblokir di china setelah facebook, twitter dan konco-konconya.

Pemerintah China memperketat kendali terhadap akses internet warganya. Sasaran pengetatan akses kali adalah WhatsApp, yang merupakan salah satu produk utama Facebook.

Efeknya tak lantas membuat pengguna langsung tidak bisa memakai WhatsApp sama sekali, melainkan aksesnya jadi seolah tersumbat.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Rabu (19/7/2017), pengguna WhatsApp mendadak jadi kesulitan mengirim foto, video dan adakalanya teks.

Pada analis keamanan internet kemudian mengonfirmasi bahwa telah terjadi pemblokiran atau pengetatan akses oleh pemerintah China. Namun pemblokiran yang dimaksud hanya setengah saja, dalam arti tidak sampai menutup seluruh akses WhatsApp.

Baca: Telegram dan WhatsApp Sama-sama Pakai Enkripsi, Apa Bedanya?

Sekarang masih belum jelas ke mana peristiwa ini akan mengarah. Pengetatan akses seperti itu bisa jadi berujung pada pemblokiran WhatsApp sepenuhnya atau bisa juga dibuka setelah lewat beberapa waktu.

WhatsApp pun bukan satu-satunya layanan internet yang mengalami pengetatan akses dari pemerintah China. Sudah cukup banyak situs yang mengalaminya dan daftar blokir itu pun semakin panjang.

Beberapa di antara situs atau aplikasi lain yang mengalami pemblokiran adalah Facebook, Twitter, Instagram, Blogspot, Google Play hingga Line.

Pemblokiran penuh terhadap WhatsApp sendiri memang bakal menguntungkan bisnis lokal China. Negeri Tirai Bambu itu memiliki WeChat yang merupakan aplikasi pesan instan.

WeChat pun sekarang telah menjadi aplikasi pengiriman pesan yang sangat populer di China, bahkan popularitasnya melebihi WhatsApp.

Sumber kompas.com

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:16

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.