Cara Menggunakan Daun Sukun Untuk Obat Diabetes

Posted by

Loading...
Ternyata Daun Sukun Bisa Dimanfaatkan Untuk Meringankan dan Mengobati Diabetes, Bagaimana Caranya?
Bagaimana cara kerja daun sukun hingga bisa digunakan sebagai obat alami untuk penyakit diabetes? Apa saja kandungan zat aktif pada daun sukun yang bermanfaat untuk mengobati diabetes? Temukan jawabannya dibawah ini, Manfaat daun sukun untuk mengobati diabetes.


Dari hasil penelitian yang ada, daun sukun memang memiliki potensi sebagai obat herbal alami anti diabetes.

Seorang ilmuwan kasahara menyatakan, kalau manfaat daun sukun bagi penderita diabetes ini memang terbukti berkhasiat, anda hanya perlu mengkonsumsi air rebusan daun suku, maka diabetes bisa sembuh. Kemudian sorang ilmuwan lagi yang bernama McLean mengungkapkan, kalau daun sukun terdapat senyawa prenyl flavonoid yang merupakan senyawa anti diabetes, manfaat dari senyawa ini dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.
Berdasarkan hasil riset Puspa DN Lotulung, Sofa Fajriah, Andini Sundowo, dan Euis Filaila dari Pusat Penelitian Kimia LIPI menujukkan bahwa senyawa flavonoid daun sukun yang berhasil diisolasi, yaitu 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone bersifat sebagai anti diabetes yang kuat.  Khasiat daun sukun sebagai herbal bagi penderita diabetes juga dibuktikan oleh peneliti dari UGM., Nublah, SP. Penelitian tersebut dilakukan dengan menguji pemberian ekstrak daun sukun pada tikus jantan galur wistar yang diberi glukosa monohidrat sehingga mengalamu hiperglikemia. Pemberia 1,35 g guloksa monohidrat per 200 g bobot badan menyebabkan kadar gula darah tikus naik dari 88,96 mg/dl menjadi 173,95 mg/dl.
Menurut para peneliti dari penelitian kimia LIPI, daun sukun yang merupakan obat anti diabetes, dapat membantu kerja metabolisme glukosa pada penderita diabetes. Dengan menggunakan enzim alfa glukosidase, metabolisme glukosa akan terbantu.

Terletak pada permukaan sel usus yang merupakan enzim kunci dalam pembentukan glikoprotein, enzim alfa glukosidase ini akan memecah karbohidrat menjadi kadar gula darah pada usus halus manusia, kemudian senyawa yang dapat menghambat aktivitas enzim akan menunjukan indikasi bahwa senyawa tersebut merupakan senyawa anti diabetes yang dapat turunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Dengan turunnya kadar gula darah pada penderita diabetes, maka secara perlahan penyakit diabetes pun bisa berangsur sembuh secara alami sampai sembuh total.

Cara Pemakaian Daun Sukun Untuk Mengobati Penyakit Diabetes

Sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi daun sukun secara langsung, terlebih rasanya juga pasti pahit apabila dimakan langsung. Cara mengolahnya sangatlah mudah dan sederhana, cukup siapkan 3 lembar daun sukun yang berwarna hijau tua, daun sukun yang digunakan adalah hasil petikan daun sukun yang masih menempel di pohonnya. Kemudian bersihkan daun tersebut dengan air mengalir, kemudian jemur sampai kering. Siapkan wadah yang berisi air bersih sebanyak 2 liter, pastikan wadah tersebut terbuat dari gerabah tanah liat, kalau sulit mencari wadah seperti itu, anda bisa menggunakan panci stainless biasa. Kemudian rebus daun sukun kering tersebut dalam wadah yang sudah disiapkan.
Tunggu sampai airnya tersisa setengahnya, kemudian tambahkan air bersih satu liter dan rebus lagi sampai tersisa air setengahnya lagi. Setelah itu saring dan dingin kan, lalu minum 2 kali sehari secara rutin dan teratur sampai kadar gula darah turun ke kadar gula darah yang normal.

Selain bermanfaat dapat atasi penyakit diabetes, daun sukun juga memiliki manfaat lain yang dapat mengatasi masalah kesehatan serius selain diabetes. Daun sukun yang dapat turunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, bermanfaat juga dalam mengatasi masalah pada ginjal, seperti kerusakan ginjal, gagal ginjal, ginjal bengkak dan semua masalah pada ginjal dapat teratasi dengan memanfaatkan daun sukun.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:42

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.