Berapa Harga Kikil Sapi? Apa Saja Jenisnya?

Posted by

Loading...
Harga Kikil Sapi Bertulang dan Lepas Tulang

Harga kikil sapi sebenarnya relatif stabil jika dibandingkan dengan harga komoditas ternak yang lain seperti harga ayam dan telur yang sangat fluktuatif.
Kaki sapi atau kikil adalah bagian daging sapi di bagian kaki yang biasa digunakan sebagai bahan dasar makanan terutama di Asia. Di Indonesia, biasanya daging ini digunakan untuk membuat Sop kaki sapi dan bagian dari Mie kocok Bandung.
Harga kikil sapi dibeberapa daerah memang berbeda-beda, tetapi perbedaannya tidaklah terlalu tinggi. Kikil sapi biasanya banyak dihidangkan di restoran atau rumah makan padang. Kalau di Jawa Timur kikil sapi juga banyak dimanfaatkan untuk kuliner khas Jatim yang bernama tahu kikil.

Berapa harga kikil sapi saat ini?
Kikil Sapi Bertulang
Kikil merupakan salah satu bagian dari sapi yang memiliki banyak penggemar. Kikil diambil dari bagian kaki sapi. Kikil banyak ditemukan pada bagian pembungkus kaki dan jari-jari. Tekstur dari kikil adalah kenyal berwarna putih transparan. Rasanya yang nikmat membuat sebagian besar masyarakat ketagihan dibuatnya. Sebagian kikil masih mengandung sedikit tulang lunak sehingga ketika Anda memakannya ada bagian yang bisa langsung digigit, ada pula yang agak sedikit keras.
Kikil Sapi Tanpa Tulang

Ternyata ada dua jenis kikil sapi yang biasa dijual pedagang daging sapi atau jagal. Kedua jenis kikil tersebuta adalah kikil sapi yang masih bertulang dan kikil sapi yang sudah dilepas tulangnya. Harga kedua jenis kikil tersebut tentu saja berbeda.

Berikut harga kikil sapi yang diperoleh dari beberapa sumber:
  • Harga kikil sapi bertulang berkisar antara Rp 40.000 - Rp 45.000 per kg
  • Harga kikil sapi tanpa tulang dan sudah dipotong-potong berkisar antara Rp 65.000 - Rp 70.000 per kg

Ternyata harga kikil sapi yang sudah tidak memiliki tulang dan sudah dipotong-potong harganya mirip daging rawonan. Daging rawonan adalah daging yang berupa potongan-potongan kecil dari sisa-sisa daging pada tulang dan juga campuran lemak dan biasa digunakan untuk masakan rawon di warung-warung makan. Untuk rawon di restoran besar biasanya tetap menggunakan daging yang utuh dan dipotong dengan ukuran tertentu yang tentu saja harganya akan sama dengan daging normal.
Kikil sapi memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kikil juga berfungsi sebagai kolagen. Namun, fungsi kolagen yang ada di kikil ini perlu diwaspadai karena mengandung asam amino yang tinggi. Dalam jumlah yang cukup asam amino tidak akan berbahaya bagi tubuh tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak asam ini akan membahayakan tubuh manusia. Selain itu kikil memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi juga. Hal ini harus dipertimbangkan masyarakat ketika menyantapnya. Kikil yang termasuk kelas jeroan ini perlu diwaspadai bagi mereka yang memiliki kolestrol tinggi. Anda harus mengkonsumsi kikil dalam jumlah yang wajar sehingga Anda tetap bisa merasakan sensasi lezat sekaligus menjaga kesehatan.
Demikian informasi harga kikil yang beredar dipasaran. Harga sewaktu-waktu bisa berubah dan bisa saja berbeda antara daerah yang satu dengan daerah lainnya.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:42

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.