Bahaya Minum Jus Mangga dan Makan Mangga Mentah

Mangga yang baik adalah mangga yang matang apalagi jika masak pohon seperti jenis mangga alpukat asal pasuruan.

Banyak orang yang tdaik tahu suka mengonsumsi mangga dalam bentuk jus padahal sebaiknya mengonsumsi mangga adalah langsung dimakan dan dalam kondisi yang sudah masak, baik itu masak pohon maupun masak karena tua dan dipetik beberapa hari sebelumnya.

Mengonsumsi mangga mentah ternyata juga kurang bagus bagi kesehatan apalagi jika jumlahnya berlebihan karena bisa mengganggu pencernaan. Efeknya adalah bisa menimbulkan diare. Mengonsumsi mangga yang masam dalam jumlah besar juga bisa menimbulkan iritasi pada tenggorokan.  Ada beberapa alergi berhubungan dengan makan mangga pada individu yang alergi terhadap buah. Gejalanya bisa berupa mata berair, pilek, masalah pernapasan, sakit perut, bersin, bahkan syok dalam kasus ekstrim.

Mengapa Tidak Dianjurkan Mengonsumsi mangga dalam bentuk jus?

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa sebaiknya konsumsi mangga adalah langsung dimakan dan dalam kondisi mangga sudah masak terutama masak pohon seperti yang saat ini sedang trend yaitu mangga alpukat jenis mangga arumanis yang masak pohon. Jangan mengonsumsi mangga dengan dijus, mengapa? Adakah bahayanya bagi kesehatan? Mengonsumsi mangga dalam bentuk jus buah bisa berpotensi membahayakan kesehatan Anda. Mengonsumsi jus mangga menghilangkan kandungan serat pada mangga, sehingga manfaatnya sirna.

Biasanya orang mengonsumsi mangga dengan di jus juga akan menambahkan gula dan kadang-kadang sirup yang juga banyak mengandung gula dan hal ini bisa menimbulkan efek samping yang lebih berbahaya, mengonsumsi mangga dengan tambahan gula menyediakan kalori kosong, yang menghilangkan nilai nutrisinya. Kalori kosong juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan dengan cepat. Meningkatnya berat badan dan potensi kegemukan akan memancing datangnya berbagai macam penyakit.  Jadi, disarankan agar mengonsumsi mangga utuh, bukan minum jus  mangga meski tanpa tambahan gula, apalagi jika ditambah gula dan sirup sebaiknya dihindari.

Meskipun mangga sarat dengan manfaat yang luar biasa, seseorang harus berhati-hati ketika hendak mengonsumsinya. Seseorang tidak boleh mengonsumsi dalam jumlah berlebihan, mentah dan sebaiknya tidak dijus.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:19
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.