Syarat Kandang Sapi Yang Baik, Nyaman Bagi Ternak

Posted by

Loading...
Mau Membangun Kandang Sapi Yang Baik Dan Nyaman Bagi Ternak? Penuhi Syarat-Syaratnya!

Kandang tidak bisa dipisahkan dari usaha budidaya atau pemeliharaan ternak sapi. Kandang yang paling sederhanapun sebaiknya harus memenuhi syarat-syarat minimal kandang yang baik agar sapi bisa nyaman tinggal didalamnya. Lokasi kandang sebaiknya jauh dari hingar bingar kendaraan bermotor dan juga pemukiman penduduk agar sapi tenang dan juga tidak mendapat keluhan masyarakat terkait limbah padat dan bau kandang.


Apa saja syarat-syarat kandang yang baik? Berikut ini beberopa syarat kandang yang harus diperhatikan oleh seorang peternak yang akan membangun kandang untuk sapinya.

Ukuran dan Letak Ventilasi Agar Udara Segar Bebas Keluar Masuk Kandang

Ventilasi adalah jalan keluar masuknya udara dalam kandang. Ventilasi berguna untuk mengeluarkan udara kotor dari dalam kandang dan menggantinya dngan udara luar dari luar kandang. Pada waktu membuat ventilasi hendaknya menghindarkan kemungkinan masuknya angin langsung yang keras

Upayakan Agar Sinar Matahari Bisa Masuk Kandang Pada Pagi Hari

Bangunan kandang hendaknya diusahakan supaya sinar matahari pagi bisa masuk kedalam kandang. Sebab sinar matahari pagi tidak begitu panas dan lebih banyak mengandung sinar ultraviolet yang berfungsi sebagai desinvektan dan membantu pembentukan vitamin D

Kandang Tidak Boleh Lembab dan Usahakan Agar Selalu Kering

Kandang yang selalu bersih dan kering akan menjamin kebersihan badan dan kebersihan sapi, sehingga sewaktu waktu sapi berbaring badanya tidak kotor Kandang yang lantainya selalu basah, bagi sapi yang berbaring tentu akan selalu basah pada badanya sehingga hal ini akan menyebabkan sapi mendapat gangguan pernapasan.

Perhatikan Kemiringan Lantai Kandang

Untuk menjaga supaya lantai kandang tetap kering, maka lantai tersebut hendaknya dibuat dari bahan yang cukup keras, tidak licin dan letaknya agak miring..

Model dan Konstruksi kandang Tidak Menyulitkan Aktifitas Karyawan atau Pekerja Kandang

Konstruksi kandang dibuat sedemikian rupa sehingga semua pekerjaan dapat dilakukan dengan praktis. Misalnya pemberian pakan , pembersihan kandang dan pemerahan dll.

Perhatikan Faktor Keamanan hewan

Terutama kandang sapi pejantan konstruksinya harus lebih kuat. Dinding, tiang beserta pintunya, hal iin untuk mengurangi bahaya dari sapi pejantan, bagi sapi betina cukup dikuatkan pada tongak

Ukuran kandang (carrying capacity) : Seekor sapi diperlukan ukuran2.3 x 1.25 m persegi

Material dan Bahan kandang 

Bahan kandang dipilih sesuai dengan keadaan. Kalau bisa dipilih bahan yang kuat dan tahan lama, untuk atap bisa menggunakan genting, asbes, seng dll asalkan bisa melindungi ternak dari panas dan hujan.

Perhatikan Ketinggian Atap Kandang dan Model Atap

Pada daerah panas sebaiknya dibuat kandang dengan atap yang cukup tinggi serta model atap dengan monitor diatasnya. Hal ini untuk antisipasi agar sapi tidak merasa kepanasan saat suhu udara mencapai puncaknya pada tengah hari.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:24

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.