Perlukah Atap Kandang Sapi Tertutup Semua?

Posted by

Loading...
Mana Yang Lebih Baik, Kandang Sapi Yang Tertutup Atap Semua Atau Setengah Terbuka?

Kandang memang sangat dibutuhkan untuk pemeliharaan sapi, baik itu sapi potong maupun sapi perah. Umumnya peternak lokal dipedesaan membuat kandang sapinya tertutup rapat mulai dari tembok atau pagar kandang hingga atapnya tertutup rapat.

Kandang sapi yang tertutup rapat sebenarnya kurang sehat, apalagi jika tidak dilengkapi dengan adanya ventilasi memadai untuk pergerakan udara segar keluar masuk kandang. Kerugian lainnya adalah sapi bisa kekurangan cahaya matahari yang sangat dibutuhkan untuk kekuatan tulang dan pertumbuhannya kecuali jika sapi tersebut memang setiap siang hari rajin di angon ke tegalan atau padang rumput maka kekurangan sinar matahari bisa diabaikan.


Sapi sebenarnya adalah binatang ternak yang memiliki ketahanan tubuh luar biasa. Mereka kuat menghadapi hujan maupun panas sepanjang bukan cuaca yang ekstrim seperti terlalu panas atau terlalu dingin misalnya.

Sapi-sapi daerah panas atau tropis seperti Indonesia secara umum memiliki bulu yang halus, tipis dan kulit yang kuat sebagai adaptasi terhadap cuaca panas. Sedangkan sapi-sapi daerah dingin memiliki bulu yang panjang dan lebat yang berfungsi sebagai penghangat terhadap dinginnya cuaca.

Kembali ke masalah perkandangan sapi, sebenarnya sapi-sapi daerah tropis lebih bagus perkembangannya dengan menggunakan kandang yang setengah terbuka sehingga pergerakan udara lancar dan kondisi didalam kandang juga nyaman. Jadi tidak dianjurkan untuk membuat kandang dengan model tertutup rapat untuk sapi-sapi di daerah tropis.

Bahkan jika kita memelihara sapi salam jumlah banyak dan sistem koloni, dianjurkan membuat kandang yang benar-benar terbuka dengan ataap hanya sekedar untuk menutupi tempat pakan sapi agar terhindar dari hujan.

Keuntungan dan keunggulan kandang sapi model ini adalah:
  • Matahari leluasa masuk kandang
  • Pergerakan udara lancar 
  • Kandang tidak panas
  • Kotoran sapi akan cepat kering
  • Kandang tidak berbau menyengat karena amonia bebas menguap
  • Sapi lebih sehat
  • dll

Kesimpulannya adalah kandang sapi untuk ternak daerah tropis sebaiknya dibuat dengan setengah terbuka dan bukan kandang yang tertutup rapat. Model dan konstruksi kandang yang baik silahkan dicari diblog ini karena sudah pernah dibahas sebelumnya.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:25

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.