Pedet Sering Mati, Apa Penyebabnya?

Posted by

Loading...
Mengapa Mortality Atau Angka Kematian Pedet Lebih Tinggi Daripada Sapi Bakalan Maupun Sapi Siap Potong?

Penyebab Kematian Pada Pedet
Momok seorang peternak sapi yang menekuni usaha breeding adalah tingkat kematian pedet yang cukup tinggi. Bayangan keuntungan beternak sapi dengan pemeliharaan pedet bisa sirna saat pedet yang baru lahir tiba-tiba mati, atau yang sudah dalam pemeliharaan 1 - 2 bulan tiba-tiba sakit dan kemudian mati. Kematian anak sapi atau istilah yang sering kita pakai adalah kematian pedet dalam setiap peternakan sangat sering terjadi. Kematian tersebut bisa disebabkan oleh penyakit pada pedet atau penyakit yang menyerang induknya sewaktu didalam kandungan. Kondisi induk saat mengandung sangat menentukan sehat tidaknya pedet yang akan lahir.


Pemberian pakan induk yang bergizi dan berkualitas juga berpengaruh terhadap kesehatan pedet dan juga berat lahir pedet. Saat menyusui, induk juga membutuhkan pakan yang bisa memperlancar produksi susu sehingga kebutuhan nutrisi pedet yang berasal dari susu induknya bisa terpenuhi. Faktor vital lainnya adalah wajibnya pedet yang baru lahir mendapatkan kolostrum dari susu induknya yang pertama keluar minimal 6 liter sebagai "jaminan" daya tahan tubuh pedet terhadap serangan penyakit.

Fakta dilapangan menunjukkan bahwa secara umum kematian pedet ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti dibawah ini:
  • Skala usaha breeding yang dijalani, semakin besar usaha peternakan sapi jumlah kematian pedet juga semakin tinggi.
  • Manajemen dan Tata Kelola, ini sangat dipengaruhi masalah perhatian terhadap kebutuhan pokok sapi itu sendiri. Ketidaktelitian pemilik terhadap apa yang dibutuhkan oleh pedet akan membawa dampak buruk yang akan membawa kematian pada pedet itu sendiri.
  • Kecukupan Jumlah kolostrum yang diberikan, apabila jumlah kolostrum yang diberikan kurang, pedet menjadi lemah dan mudah terserang penyakit pada hewan ternak tersebut.
  • Kualitas milk replacer, ini sangat mempengaruhi pertahanan tubuh pedet, jika kurang maka pertahanan terhadap penyakit menjadi kurang.
  • Model Pemeliharaan dan Perkandangan, pedet yang dipelihara secara individual biasanya lebih kecil angka kematiannya dari pada yang dipelihara secara komunal.
  • Iklim dan Musim, pedet yang dilahirkan pada saat musim hujan memiliki resiko infeksi penyakit lebih tinggi dari pada pedet yang dilahirkan pada saat musim kemarau.
Berapa Angka Kematian Pedet Yang Wajar?
Saat ini beberapa peternakan yang melakukan breeding masih mengeluhkan tingginya angka kematian pedet yang masih diatas 10%. Angka kematian sebesar ini tentunya akan sangat merugikan dan akan sangat menyulitkan perusahaan pembibitann untuk mendapatkan keuntungan. Sebenarnya jika boleh berhitung, berapa angka kematian pedet yang masih bisa ditolerir? Kematian pedet dengan kisaran 3-5 % dari sapi yang dilahirkan dalam suatu peternakan besar adalah hal yang wajar dan masih dapat ditolerir, karena masih mendatangkan keuntungan dari usaha peternakan sapi tersebut.

Salah satu tips dan Uapaya Agar kematian pedet tetap kecil perlu dilakukan pemantauan melalui rekording, yang meliputi :
  • Jumlah pedet yang lahir hidup beserta tanggal lahirnya.
  • Jumlah pedet yang mati beserta tanggal lahirnya.
  • Jumlah pedet yang sakit, diagnosis, terapi / pengobatannya, jenis obat beserta dosis obat tersebut.
  • Jumlah pedet yang mati dan diagnosis pasca mati.
  • Kecepatan pertumbuhan dan ukuran masing-masing pedet.
  • Efisiensi pakan, jenis pakan dan jumlah yang dikonsumsi oleh pedet-pedet tersebut.
Mengingat bahwa pedet memegang peranan sangat penting untuk perkembangan usaha ternak sapi, maka ketelitian dan disiplin dalam perawatan harus selalu diperhatikan. Makin sering pedet di amati, makin kecil persentase kematiannya. Telah dibuktikan bahwa pengamatan sehari 2 kali pagi dan sore akan lebih baik dari pada pengamatan hanya sekali dalam sehari. Kesalahan dan kegagalan perawatan pedet akan mendatangkan kerugian yang sangat besar di kemudian hari.
Kenali Waktu Saat Pedet Bisa Disapih. Memasuki usia delapan minggu atau 2 bulan, pedet sudah mulai banyak mengkonsumsi konsentrat dan hijauan. Pakan tambahan ini sudah menjadi salah satu pakan utama selain susu induknya. Pada industri peternakan yang telah memproduksi pakan konsentrat khusus pedet, dengan formula yang mencukupi kebutuhan pedet, pedet usia 2 bulan sudah dapat disapih dari induknya dan dipanen.
Pemantauan atau recording juga bisa memiliki manfaat lebih agar perusahaan peternakan skala besar bisa mempunyai data base yang akurat dan lengkap tentang segala hal yang berhubungan dengan kesehatan pedet, penyebab kematian dan juga data untuk perbaikan manajemen ke depannya.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:40

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.