Mengapa Registrasi Simcard Ke Nomor 4444? Ini Penjelasannya!

Posted by

Loading...
Pelanggan seluler prabayar diwajibkan melakukan registrasi SIM card yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK). Registrasi dilakukan dengan mengirim SMS ke nomor 4444. Kenapa musti ke nomor itu?

Pertanyaan ini muncul dari kalangan pelanggan seluler sendiri. Mereka mempertanyakan siapa pemilik nomor 4444 tersebut. Tak sedikit dari mereka khawatir menyebarkan informasi NIK dan KK ke nomor yang belum mereka ketahui resmi atau tidak ini, sehingga mengurungkan niat melakukan registrasi SIM Card.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai pihak penyelenggara penertiban data pelanggan prabayar pun langsung menjawab isu tersebut. Kominfo mengatakan, nomor 4444 adalah nomor khusus untuk semua operator.

"(4444) itu nomor operator. Itu kode akses untuk ke jaringan internal mereka," ujar Plt Kabiro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza saat dikonfirmasi, Rabu (18/10/2017).

Noor menjelaskan, meski operator seluler memiliki pelanggan masing-masing yang kemudian melakukan registrasi ke nomor 4444, namun pesan yang diterima tidak akan nyasar.

"Jadi, kalau pelanggan Telkomsel daftar ke 4444 nanti masuk ke Telkomsel, kalau pelanggan dengan nomor Indosat juga akan masuk ke Indosat juga begitu daftar ke 4444," sebutnya.

Setelah itu, operator akan memvalidasi informasi tersebut ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri. Dalam situasi ini, operator sebatas memvalidasi informasi yang didaftarkan pelanggan.

Registrasi SIM Card Harus SMS ke 4444, Nomor Apa Itu?Foto: Mindra Purnomo

Diketahui, registrasi pelanggan seluler prabayar ini dilakukan dengan cara mengirim SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK#. Sedangkan untuk pelanggan lama dengan format ULANG#NIK#NomorKK#.

Selain itu, pelanggan dapat melakukan registrasi dengan mendatangi gerai masing-masing operator seluler. Persyaratannya sama, menyertakan informasi NIK dan KK, tidak perlu mengungkapkan nama ibu kandung yang dinilai riskan untuk dibeberkan.

Proses registrasi pelanggan seluler prabayar ini akan berlaku pada 31 Oktober 2017 dan paling lambat pada 28 Februari 2018. Keberhasilan registrasi SIM Card ini harus sesuai dengan NIK yang tertera di KTP elektronik (e-KTP) dan KK agar proses validasi ke database Ditjen Dukcapil dinyatakan sukses

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 11:56

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.