Manfaat Kopi Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Kopi Bisa Anda Dapatkan Asal Dikonsumsi Tidak Berlebihan, Cukup Maksimal 2 Cangkir Sehari
Menjaga Stamina Tubuh
Mekanisme kerja zat kafein dalam tubuh bersaing dengan fungsi adenosin dalam tubuh. Adenosin merupakan senyawa yang terdapat pada sel otak berfungsi membuat orang cepat tidur. Kandungan kafein dapat memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak cepat lelah dan ngantuk, dan muncul perasaan segar dan mata terbuka lebar. Saat pagi hari tiba udara terasa dingin dan hal ini membuat badan kita lebih ingin tidur dari pada beraktivitas, dengan minum kopi saat pagi hari maka rasa ngantuk akan hilang dan badan terasa lebih hangat, sehingga hal ini membuat kita lebih bersemangat untuk menjalankan rutinitas sehari-hari.


Menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2
Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa, bagi peminum kopi tanpa gula, semakin sedikit kemungkinan akan mengembangkan diabetes tipe 2.
Beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa kopi dapat menurunkan resiko diabetes :

- Penelitian telah dilakukan oleh peneliti Australia pada tahun 2009 dan telah diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine. Kopi diduga dapat meningkatkan toleransi tubuh terhadap glukosa dengan mempercepat metabolisme dan meningkatkan toleransi insulin.

- Kandungan magnesium dan kromium yang terdapat pada kopi dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

- Kandungan asam klorogenat di dalam kopi dapat menghambat penyerapan gula di pencernaan. Kopi dapat menurunkan diabetes hingga 50%.

Cegah Ngantuk Saat Bekerja
Beberapa karyawan atau sobat yang berwirausaha di pagi hari biasanya akan sangat lelah dan mengantuk. Minumlah secangkir kopi yang cukup panas maka tubuh akan terasa segar dan kafein akan menghilangkan rasa ngantuk sobat. Coba aja, karena saya sudah membuktikannya.

Mengurangi Depresi (Mental, Sedih, Emosi)
Saat tubuh kita lelah, permasalahan banyak menimpa dan emosi semakin tidak tertahankan. Ada banyak cara memang untuk mengurangi depresi seperti berbelanja, makan makanan yang di suka, jalan-jalan dll. Ternyata kopi juga bisa loh untuk mengurangi depresi karna kandungan kafein yang dapat memberikan ketenangnandan rilek pada tubuh.

Cegah Kegemukan
Anda yang merasa mengalami kegemukan dapat menguranginya dengan mengkonsumsi kopi, sebab kafein terbukti dapat membantu tubuh membakar lemak menjadikannya energi sehingga tubuh tetap ideal dan mungkin juga dapat mengurangi kegemukan.

Mengurangi Resiko Alzheimer (Meningkatkan Memory)
Merasa mudah lupa, walaupun usia masih muda? cobalah rutin mengkonsumsi kopi dengan porsi yang normal karena kopi dapat mengurangi resiko alzheimer berdasarkan hasil beberapa studi di dunia.

Menangkan Hati Yang Kacau
Ketika pagi hati sedang kacau, tugas belum kelar dan permasalahan yang lain, sehingga suasana hati begitu galau, cobalah untuk minum secangkir kopi nikmat dan rasakanlah perlahan hati Anda akan mulai tenang. Hal ini karena kafein memiliki manfaat dalam merangsang hati dan tubuh menjadi rilek.

- Para peneliti dari Harvard School of Public Health, melaporkan bahwa reseptor otak yang bereaksi terhadap kafein ditemukan di basal gangila. Basal gangila merupakan bagian otak dimana neurotransmitter penting untuk menrgkonsentrasi stres. Stimulasi reseptor secara berulang dapat membantu melindungi terhadap stres.

- Aroma kopi dapat membuat tubuh Anda lebih segar. Saat Anda stres, aroma kopi juga membantu Anda redakan stres, dengan memicu aktivitas gen yang berfungsi melindungi sel-sel syaraf dari stress.

Mencegah kanker
- Sebuah penelitian di Italia menemukan bahwa kandungan kafein pada kopi mencegah munculnya kanker mulut dan tenggorokan. Mereka yang minum kopi setiap hari mengurangi risiko kanker mulut tertentu dan tenggorokan hampir 40 persen.

- Penelitian di harvard pada tahun 2011, mengatakan bahwa perempuan yang meminum kopi setiap harinya memiliki resiko rendah terkena kanker endometrium

- Penelitian lain mengatakan bahwa kopi mengandung ratusan senyawa kimia diantaranya senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang dapat menurunkan penanda proses kerusakan peradangan. senyawa antioksidan yang sangat aktif misalnya methylperidium ditemukan hampir secara eksklusif dalam kopi, karena proses pemanggangan biji kopi.

- Kesimpulan ini diperoleh para ilmuwan dari Universitas Rutgers, Amerika Serikat. Penelitian menunjukkan, kafein memiliki senyawa kimia yang bila diterapkan dalam kulit dapat menyerap radiasi ultraviolet. Ini adalah upaya preventif atas perkembangan tumor.

Melindungi gigi
- Menurut penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry, senyawa yang terdapat pada kopi yaitu trigonelline, memiliki sifat antibakteri yang dapat menjaga rongga mulut dari serangan kuman seperti streptococcus mutans, yang dapat menyerang enamel gigi.

- Kopi memiliki sifat anti bakteri dan anti perekat yang sangat baik dan memungkinkan untuk menyembuhkan berbagai masalah yang berkaitan dengan mulut, seperti gigi berlubang, pembentukan plak, dan infeksi gusi.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 04:24
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.