Manfaat Daun Sirsak dan Cara Menggunakannya

Resep Cara Memakai Daun Sirsak Untuk Pengobatan dan Terapi Berbagai Macam Penyakit

Manfaat Daun Sirsak Untuk Mencegah Tumor
Menurut Peneliti dari sekolah farmasi Osaka University Jepang, Naoto Kojima dalam penelitiannya menemukan dan berhasil mensintesis senyawa itu yang bersifat anti tumor. Selain itu Konima juga mensintesis senyawa ‘Murisolin’ dalam daun sirsak yang mempunyai sifat sitotoksik pada sel tumor manusia dengan kemampuan 105 sampai dengan 106 kali adriamycin (obat kemoterapi).

Peneliti Indonesia, Profesor Soelaksono Sastrodihardjo PhD dari Sekolah dan Ilmu Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung juga telah membuktikan khasiat daun sirsak itu dalam risetnya. Ia bersama Jerry McLaughlin dari Purdue University, Amerika Serikat telah membuktikan ’Acetogenins’ menghambat ATP (adenosina trifosfat). ATP adalah sumber energi di dalam tubuh, dan sel kanker membutuhkan banyak ATP.
Manfaat daun sirsak juga sangat efektif untuk menekan perkembangan tumor. Hal tersebut dikarenakan kemampuan daun sirsak yang dapat memerangi perkembangan tumor.

Cara Menggunakan Daun Sirsak Untuk Mengobati radang atau pembengkakan

Daun sirsak memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah peradangan ataupun pembengkakan pada tubuh. Caranya adalah dengan mengoleskan daun sirsak yang sudah ditumbuk atau dihaluskan pada bagian tubuh yang radang atau bengkak.

Daun Sirsak Untuk Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi bisa diobati oleh berbagai obat kimia, namun hal tersebut tentu memberikan efek samping yang kurang baik untuk kesehatan. Maka dari itu, meminum obat herbal yang terbuat dari air rebusan daun sirsak bisa dijadikan solusi terbaik.

Memperlancar pencernaan

Anda yang mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, bisa mengonsumsi air rebusan daun sirsak agar BAB semakin lancar. Selain memperlancar pencernaan, mengonsumsi ekstrak daun sirsak ini juga mampu meningkatkan nafsu makan.

Resep Daun Sirsak Untuk Mengobati bisul

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah mengobati bisul. Cara penggunaannya cukup mudah, langkah pertama Anda petik beberapa lembar daun sirsak lalu bersihkan. Setelah itu, ditumbuk atau diblender hingga halus dan balurkan pada bagian tubuh yang terdapat bisul.

Membantu menyehatkan jantung

Daun sirsak memiliki kandungan yang dapat menyehatkan jantung. Caranya adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin sehari sekali.

Menghambat pertumbuhan bakteri

Kandungan yang terdapat pada daun sirsak, mampu menghambat pertumbuhan bakteri membahayakan bagi tubuh. Oleh karena itu, tak heran jika daun ini sering digunakan sebagai salah satu bahan obat anti bakterial.

Membantu menurunkan kolestrol jahat

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah membantu menurunkan kolestrol jahat pada darah manusia. Sekedar informasi, kolestrol jahat ini mampu menyebabkan berbagai macam penyakit kronis mulai dari jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.

Meningkatkan produksi ASI

Daun sirsak mengandung nutrisi alami yang sangat baik untuk ibu menyusui. Sebab, daun ini sangat membantu ibu dalam hal meningkatkan produksi ASI.

Meredakan pusing

Manfaat daun sirsak yang lain adalah meredakan pusing yang diakibatkan stress berlebihan. Hal tersebut dikarenakan adanya kemampuan daun sirsak yang menjaga kesehatan saraf-saraf terutama pada otak agar selalu stabil dan kuat.

Asam urat

Mengonsumsi daun sirsak secara teratur ternyata dapat mengobati penyakit asam urat. Hal ini terbukti dengan banyaknya obat-obatan asam urat yang menggunakan daun sirsak sebagai bahan utamanya. Untuk membuat obat herbal asam urat ini, Anda hanya perlu merebus 6 hingga 10 daun sirsak yang telah dibersihkan (pilih yang tua) menggunakan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa hanya 1 gelas. Minum obat herbal ini selama 2 kali sehari agar manfaat yang dihasilkan semakin maksimal.

Obat luka luar

Manfaat daun sirsak lainnya adalah sebagai obat luka luar. Obat ini bisa digunakan untuk Anda yang mengalami luka pada bagian kulit seperti eksim, karena terjatuh, dan lain sebagainya. Cara membuat obat oles ini cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan daun sirsak beberapa lembar. Lalu langsung tempelkan pada bagian kulit yang terluka dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan.

Sakit punggung

Masalah sakit punggung tentunya sering dialami banyak orang terutama masyarakat lansia. Menggunakan obat-obat kimia dalam mengatasinya akan menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, konsumsi obat herbal untuk sakit punggung bisa dijadikan solusi terbaik. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda rebus daun sirsak sebanyak 20 lembar dengan 5 gelas air hingga tersisa hanya 3 gelas. Setelah itu, minum obat herbal untuk sakit punggung ini sekali sehari sebanyak ¾ cangkir.

Diabetes

Manfaat daun sirsak ternyata mampu mengobati penyakit diabetes. Hal tersebut dikarenakan adanya nutrisi dalam ekstrak daun sirsak yang teruji mampu menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dalam kisaran normal sehingga bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk diabetes. Cara pembuatan obat herbal ini cukup mudah, pertama siapkan daun sirsak sebanyak 2 hingga 5 lembar. Kemudian dibersihkan dengan air mengalir agar kuman dan bakterinya menghilang. Selanjutnya, rebus daun sirsak tersebut dalam 3 gelas air hangat dan biarkan hingga menyusut menjadi 1 gelas. Untuk penderita diabetes, minum ramuan ini secara rutin selama 3 hingga 4 hari di pagi dan malam hari agar hasil yang ditunjukkan maksimal.

Antibodi

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah sebagai antibodi. Perlu diketahui bahwa antioksidan dan nutrisi lain yang ada di dalam daun sirsak mampu meningkatkan daya imun tubuh serta menghindari infeksi di dalam tubuh manusia. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit mematikan. Caranya adalah dengan merebus daun sirsak sebanyak 4 sampai 5 lembar dengan 4 gelas air hingga tersisa hanya 1 gelas dan minum. Jika diminum secara teratur air rebusan daun sirsak tersebut, tubuh kita akan senantiasa terjaga kesehatannya.

Membantu meredakan nyeri pada otot

Mengonsumsi air rebusan daun sirsak juga diyakini mampu meredakan nyeri pada otot-otot manusia. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan pada daun sirsak yang mampu merelaksasi otot sehingga nyeri pada otot semakin berkurang.

Menguatkan saraf

Selain meredakan nyeri, manfaat daun sirsak lainnya adalah menguatkan saraf-saraf pada tubuh manusia agar mampu bekerja dengan baik. Karena kemampuannya tersebut, daun sirsak ini bahkan bisa digunakan untuk menjadi obat anti kejang.

Membantu menurunkan demam

Daun sirsak ternyata juga bisa membantu menurunkan demam. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirsak. Lalu, air rebusan tersebut dijadikan sebagai obat herbal penurun demam yang aman dan alami.

Melebarkan pembuluh darah pada tubuh

Pembuluh darah yang sempit mengakibatkan munculnya penyakit jantung dan stroke yang sangat berbahaya bagi tubuh. Namun, tidak perlu khawatir sebab air rebusan daun sirsak memiliki kemampuan untuk melebarkan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir sebagaimana mestinya.

Membunuh cacing parasit

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah membunuh cacing parasit. Manusia, terutama yang masih anak-anak sangat rentan terjangkit cacing parasit karena sering bermain di tempat-tempat kotor dan tidak menggunakan alas kaki saat bermain. Nah, air rebusan daun sirsak ini mampu mematikan cacing parasit dalam tubuh tanpa memberikan efek samping apapun.

Mengatasi rematik

Biasanya, penyakit rematik lebih sering dialami pada orang-orang yang telah lanjut usia. Penderita rematik ini akan merasakan sakit luar biasa pada bagian tulang. Bahkan tak jarang dari mereka yang tidak bisa melakukan kegiatan seperti biasanya karena penyakit ini. Cara penggunaan untuk mengobati rematik berbeda dengan obat lainnya. Pertama, Anda haluskan terlebih dahulu daun sirsak yang telah dibersihkan. Kemudian, oleskan ke area tubuh yang terasa nyeri akibat rematik, eksim atau arthritis selama dua kali sehari secara teratur. Diamkan selama beberapa menit hingga daun terlihat mulai mengering.

Selain manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi loh manfaat kesehatan lainnya. Yuk langsung simak saja di bawah ini:
  • Bisa mencegah kanker antara lain kanker prostat, paru-paru, payudara dan pankreas
  • Bisa membantu dalam penghambatan mutasi gen
  • Bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang jahat
  • Bisa mencegah tumbuhnya tumor
  • Bisa mencegah tumbuhnya virus
  • Bisa menghambat tumbuhnya parasit
  • Bisa membantu mengendurkan atau merileksasi otot
  • Bisa dijadikan obat anti kejang
  • Bisa membantu meringankan nyeri
  • Bisa menekan radang
  • Dapat menurunkan kadar gula darah
  • Dapat mengatasi deman
  • Dapat menurunkan hipertensi
  • Dapat membuat saraf menjadi kuat
  • Dapat membuat jantung menjadi sehat
  • Dapat membantu pemproduksian asi pada ibu hamil
  • Dapat membantu dalam melebarkan pembuluh darah
  • Dapat melenyapkan cacing parasit
  • Dapat Dapat menurunkan stress
  • Dapat membuat pencernaan dan menambah nafsu makan
  • Dapat menghambat kulit keriput
  • Dapat banyak lagi manfaat lainnya. 
Manfaat Daun Sirsak untuk Kecantikan

Seperti yang telah dijelaskan diatas di awal, disamping sangat baik untuk kesehatan tubuh, daun sirsak juga bisa bermanfaat untuk kecantikan, yuk langsung kita simak saja di bawah ini , apa saja sih:

Menghilangkan jerawat
Cara lain untuk mengobati jerawat selain menggunakan produk obat yang mengandung bahan kimia ialah dengan menggunakan daun sirsak. Caranya sangatlah mudah ialah sama dengan cara mengobati bisulan yaitu hanya dengan menumbuk daun sirsak beberapa lembar hingga halus, kemudian tempelkan atau balurkan ke kulit wajah yang berjerawat. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Mudah bukan, untuk cantik itu ga repot ko.

Menjaga kekencangan kulit
Anda boleh percaya atau tidak yang apabila kita dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak atau teh daun sirsak juga bisa merawat dan menjaga kekencangan kulit anda dan tentunya mencegah penuaan dini.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:40
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.