Manfaat Daun Sirih dan Cara Pemakaiannya

Macam-macam Cara Memanfaatkan Daun Sirih Sebagai Obat Herbal Alami dan Untuk Kesehatan

Cara Menggunakan Ramuan Daun sirih Untuk mengurangi produksi ASI yang berlebih


Caranya : 4 lembar daun sirih olesi minyak kelapa lalu dipanggang di atas api tapi jangan sampai hangus. Tempelkan daun sirih tersebut pada area payudara dalam keadaan hangat. berhati-hatilah tunggu hingga hangat.


Cara Membuat Resep daun sirih sebagai Ramuan selama masa nifas atau setelah melahirkan

Caranya: 2–5 lembar daun sirih hijau tua direbus dengan 4 gelas air sampai menyusut setengahnya. Minum rebusan tersebut satu kali setiap hari.

Khasiat dan Resep daun sirih untuk mengobati diare 

Caranya: 4-6 lembar daun sirih, 1 sendok makan minyak kelapa, dan 6 biji lada ditumbuk secara bersamaan sampai halus lalu gosokkan pada perut penderita diare dan biarkan sampai mengering.


Resep ramuan daun sirih sebagai Obat mimisan darurat

Mimisan atau pendarahan pada hidung biasanya disebabkan karena suhu panas dan debu, biasanya mimisan sering dialami oleh anak-anak. atasi mimisan dengan daun sirih. caranyacukup dengan menggulung daun sirih dan memasukkan daun sirih ke dalam hidung yang mimisan secara perlahan-lahan mimisan akan berhenti.

Cara Penggunaan daun sirih Sebagai obat maag

caranya 7 lembar daun sirih merah direbus dan diminum selagi hangat secara teratur 3 kali sehari.

Resep herbal daun sirih sebagai obat radang paru-paru

Rebus 5-7 lembar daun sirih merah yang tua dengan 500 ml air sampai tersisa setengahnya saja. Minum secara rutin 3 kali sehari.

Khasiat daun sirih untuk Mengobati sakit gigi berlubang

Sakit gigi berlubang sering kambuh, dan biasanya dipicu karena panas dalam. obati sakit gigi berlubang dengan dasun sirih. Caranya rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih. Gunakan air rebusan sirih untuk berkumur. Lakukan secara berulang sampai sakit gigi hilang.

Khasiat daun sirih untuk Mengobati gatal-gatal karena alergi

6 lembar daun sirih, 1,5 sendok makan minyak kayu putih, 1 potong jahe. ditumbuk semua bahan secara bersamaan sampai halus lalu oleskan pada kulit yang gatal.

Manfaat daun sirih untuk mengobat asam urat

Rebus 8 lembar daun sirih muda dengan 500 ml air sampai tersisa 3 gelas. Minumlah ramuan sirih tersebut secara teratur 75 ml air rebusan 3 kali sehari.

Manfaat daun sirih untuk Mengobati penyakit asma

Caranya : Rebus 4-5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai tersisia 1 gelas. minumlah air rebusan daun sirih tersebut seara rutin 2 sampi 3 gelas setiap hari.

Manfaat daun sirih untuk mengobati radang tenggorokan

cara mengobati radang tenggorokan sebagaimana cara mengobati asma yang telah disebutkan diatas.

Manfaat daun sirih untuk meredakan dan Mengobati batuk

Cara mengobati batuk dengan daun sirih merah yaitu 5 lembar daun sirih direbus dengan 300 ml air, dan minum air rebusan tersebut 3 kali sehari sampai batuk reda.

Manfaat daun sirih untuk mengobati demam berdarah

5 atau 6 lembar daun sirih direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. minum air rebusan sirih secara rutin 2 kali sehari.

Manfaat daun sirih untuk mengobati iritasi atau mata merah dan sakit mata

Khasiat daun sirih yang termasuk jarang diketahui adalah ampuh mengatasi iritasi pada mata aupun sakit mata. caranya cukup mudah rebus 2 lembar daun sirih dengan 1 cangkir air sampai warna air kemerahan atau tersisa setenhnya. gunakan sebagai obat tetes atau mencuci mata.


Khasiat daun sirih untuk Melancarkan haid

Bagi kaum wanita haid tidak lancar sering kali menjadi penderiaan setiap bulannya. untuk mengatasi haid tidak lancar cobalah ramuan daun sirih. caranya 3 lembar daun sirih 10 gram mahkota dewa dan 15 gram ubi dewa direbus bersama-sama dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. minum ramuan ini niscaya tidak ada lagi keluhan sakit pinggang karena haid tidak lancar, sekaligus untuk melancarkan haid.

Manfaat daun sirih untuk mengatasi keputihan

Satu lagi masalah bagi kaum wanita khususnya pada area kewanitaan yaitu keputihan. Keputihan adalah gangguan area kewanitaan yang sudah umum dialami, keputihan biasanya mengaikibatkan gatal-gatal dan sangat mengganggu. Jika dibiarkan terus menerus keputihan bisa memicu kanker serviks. oleh karena itu atasilah keputihan dengan ramuan daun sirih. caranya robek-robek 10 lembar daun sirih yang hijau tua lalu rebus dengan 250 ml air, setelah dingin gnakan untuk mencuci area kewanitaan. terapkan cara ini 1 kali sehari.

Khasiat daun sirih sebagai obat penyakit Bronchitis

Cara mengobati bronchitis dengan daun sirih sangat mudah yaitu rebusah 10 lembar daun sirih yang hijau tua dengan 300 ml air sampai air susut menjadi 150ml saja. minum ramuan sirih tersebut 3 kali sehari secara rutin 2 hari sekali.


Resep cara memanfaatkan daun sirih untuk mengobati luka bakar ringan

Caranya yaitu haluskan 5 lembar daun sirih merah dengan cara ditumbuk, lalu tambahkan 2 sendok teh madu. urapkan pada luka bakar secara marata, terapkan cara ini 2 atau 3 kali sehari pada pagi, siang dan malam hari menjelang tidur.


  • Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betlephenol), pati, seskuiterpen, diatase, gula, kavikol, dan zat samak yang mampu membunuh kuman dan jamur.
  • Daun sirih mampu menghilangkan bau badan yang ditimbulkan oleh bakteri dan cendawan.
  • Daun sirih efektif untuk menghilangkan bau mulut dan membunuh kuman di mulut.
  • Daun sirih bersifat menahan dan menghentikan pendarahan.
  • Daun sirih mampu menyembuhkan luka pada kulit.
  • Daun sirih mampu mengatasi radang tenggorokan, mengerutkan dan mengeluarkan dahak, serta meluruhkan ludah.
  • Kandungan bahan aktif fenol dan kavikol dalam daun sirih hutan dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.
  • Daun sirih mampu mengobati penyakit sifilis.
  • Daun sirih terbukti mampu menyehatkan gusi, serta mengobati penyakit gusi dan sariawan.
  • Daun sirih mampu mempercepat penyembuhan penyakit demam berdarah.
  • Bagi ibu menyusui, daun sirih dapat digunakan untuk mengurangi produksi ASI berlebih.
  • Daun sirih mampu mengobati penyakit jantung dan bronchitis.
  • Daun sirih dapat digunakan sebagai obat asma.
  • Daun sirih mampu mengobati iritasi dan rasa sakit pada mata.
  • Daun sirih mampu mengatasi gangguan saluran pencernaan dan diare.
  • Daun sirih dapat dimanfaatkan untuk melancarkan haid.
  • Daun sirih efektif untuk mengobati keputihan, menghilangkan bau tak sedap, dan mengatasi masalah kesehatan organ intim wanita lainnya.

Resep daun sirih untuk Menghilangkan bau mulut tak sedap

Terkadang walaupun rajin menggosok gigi bau mulut tak sedap masih saja tak hilang. ada banyak cara menghilangkan bau mulut tak sedap secara alami dan ampuh. Untuk mengatasi bau mulut atau nafas tak sedap cukup dengan air rebusan daun sirih sebagai obat kumur, atau diminum sebagai jamu.

Khasiat daun sirih sebagai Obat penyakit jantung

Manfaat daun sirih juga brekhasiat untuk mengobati penyakit jantung. caranya haluskan 3 lembar daun sirih, 3 siung bawang merah, 1 sendok makan jintan putih, dan biji kemukus sebanyak 7 pasang, lalu ditambahkani dengan beberapa sendok makan air panas. lalu saring. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

Daun sirih untuk Obat gusi berdarah

10 lembar daun sirih merah direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur secara rutin 3 kali sehari.


Khasiat daun sirih Mengobati sakit gusi dan sariawan

Untuk mengobati gusi bengkak atau sariawan anda bisa menerapkan teknis pengobatannya sebagaimana telah disebutkan diatas.

Manfaat daun sirih untuk Menghilangkan bau badan

Khasiat daun sirih selain menghilangkan bau mulut tak sedap, daun sirih juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan tak sedap. caranya 10 lembar daun sirih direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas. minum air rebusan daun sirih secara rutin 2 kali sehari sampai bau badan tak sedap dapat teratasi.

Manfaat daun sirih untuk membersihkan kuman dari mulut

Kuman adalah salah satu penyebab gangguan padsa mulut misalnya sariawan, radang tenggorokan, bau mlut tak sedap. untuk pencegahan maupun pnegobatan minum air rebusan daun sirih sekaligus jadikan sebgai obat kumur terutama setelah makan.

Resep Cara Menggunakan daun sirih untuk Menghilangkan keringat berlebih

Salah satu penyebab bau badan tak sedap adalah karena keringat berlebih, keringat berlebih sering kalinya dialami oleh kaum pria. untuk mengatasinya anda bisa menggunakan daun sirih. caranya sebagaimana menghilangkan bau badan tak sedap, yang telah tersebut di atas.

Resep daun sirih untuk mengatasi payudara yang membengkak

Jika payudara nyeri karena membengkak jangan dibiarkan, atasilah dengan daun sirih Caranya beberapa lembar daun sirih di panggang sampai layu. kemudian tempelkan pada payudara yang bengkak saat daun sirih masih hangat.

Aneka resep cara menggunakan daun sirih sebagai obat tersebut diatas hanya bersifat informasi, sebaiknya konsultasikan dengan ahli herbal untuk penggunaan daun sirih pada pengobatan penyakit anda. Semoga bermanfaat.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:45
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.