Kandungan Kimia dan Zat Aktif Jeruk Nipis Yang Bermanfaat

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis dan Manfaatnya

Pada tumbuhannya sendiri, terdapat kandungan minyak atsiri dengan kandungan senyawa-senyawa kimia berupa fellandren, geranil asetat, limonen, dan linalin asetat. Pada air perasan buah jeruk nipis terdapat 8% kandungan asam sitrat.


Komposisi kimia dalam 100 gram jeruk nipis adalah air 86 gram, fosfor 22 mili gram, hidrat arang 12,4 gram, kalori 37 gram, kalsium 40 mili gram, lemak 0,1 gram, protein 0,8 gram, vitamin B1 0,04 mili gram, vitamin C 27 mili gram, dan zat besi 0,6 mili gram.

Senyawa-senyawa kimia yang bermanfaat dalam jeruk nipis antara lain adalah asam amino (lisin dan triptofan), asam sitrat, asam sitrun, belerang, besi, damar, glikosida, kadinen, kalsium, lemak, minyak atsiri (berupa aktilaldehid, felandren, gerani-lasetat, kadinen, linali-lasetat, lemon kamfer, limonen, nonildehid, dan sitral), vitamin B, dan vitamin C.

Selain senyawa-senyawa tersebut, terdapat pula senyawa saponin dan flavonoid, yaitu eriocitrin, eriocitrocide, hesperidin, naringin, dan tangeretin.

Khasiat dari hesperidin adalah sebagai anti inflamasidan anti oksidan. Selain itu, juga menjadi penghambat sintesa prostaglandin.

Manfaat jeruk nipis menurut sifat kimiawi dan efek farmakologis beragam. Jeruk memiliki sifat dingin, kelat, dan rasa asam. Efek farmakologisnya yaitu: antitusif (anti batuk), pencahar (laksatif), pereda dan penghilang rasa sakit (analgesik), penurun panas (antipiretik). Kandungan limonen pada jeruk nipis bersifat antioksidan yang membantu melarutkan toksin dari hati dan ginjal.

Manfaat jeruk nipis (Citrus aurantifolia) beraneka ragam. Menurut Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma di dalam buku Penyembuhan dengan Jeruk, manfaat jeruk nipis antara lain: untuk menghilangkan bau badan, untuk mempercepat penyembuhan berbagai penyakit antara lain: radang jantung, disentri, wasir (hemoroid), influenza, demam, pusing, mual, batuk, asma, difteri, pegal linu, lelah, hipertensi (tekanan darah tinggi), batu empedu, radang saluranpernafasan (bronkitis), radang amandel (tonsilitis), radang usus buntu (apendisitis), keputihan, haid tidak teratur, haid terasa sakit atau nyeri haid (dismenore), buang air seni terasa sakit atau kurang lancar (oliguria), menurunkan berat badan atau mencegah obesitas (kegemukan).

Manfaat jeruk nipis untuk keputihan didapatkan dari ramuan berikut: 30 gram kunyit, 60 gram daun lidah buaya yangtelah dikupas kulitnya, direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, saringlah dan tambahkanlah air perasan dari dua buah jeruk nipis. Minumlah. Manfaat jeruk nipis juga dapat menyetop kebiasaan merokok. Caranya sederhana, cukup dengan mengisap jeruk nipis. Lakukanlah beberapa kali dalam sehari, minimal satu bulan.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:49
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.