Kandungan Kimia dan Nutrisi Seledri Yang Bermanfaat

Kandungan Daun Seledri dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Senyawa yang terkandung dalam seledri diantaranya adalah: flavonoids, apiin, saponin, tannin, minyak asiri, neocnidilide, coumarins, alpha-selinene, phenolic acid, glycolic acid, acetylenics, kolin, lipase, asam folat, sejumlah mineral dan vitamin seperti sodium, kalium, kalsium, fosfor, besi, magnesium.


Daun seledri mengandung banyak vitamin yakni vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan vitamin K.

Menurut guru besar fakultas pertanian Universitas Brawijaya, Dr Ir Mudji Santosa MS Daun seledri memiliki kandungan tinggi vitamin A, sementara batang merupakan sumber vitamin B1, B2 B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino ensensial yang tinggi.

Nutrisi yang terkandung di dalam seledri akan bekerja secara optimal ketika diolah menjadi jus. Natrium organik alami yaitu garam dalam seledri sangat aman untuk ginjal.

“Untuk mereka yang juga mengalami gangguan dengan kestabilan darah seperti hipertensi aman untuk mengkonsumsi natrium yang terkandung di dalam seledri,” kata Mudji.

Air seni yang keluar setelah mengkonsumsi segelas jus seledri secara rutin akan membawa garam dan juga racun terakumulasi dalam tubuh akibat fungsi penyaringan ginjal sehingga kesehatan ginjal akan tetap terjaga.

Mengurangi minyak berlebih
Manfaat daun seledri untuk mengurangi minyak di kulit wajah memang bukan hanya isapan jempol saja. Daun seledri memiliki kandungan vitamin B dan vitamin C pada daun seledri efektif mampu menjadi bahan alami yang dapat mengurangi minyak berlebih di kulit wajah. Cara mengatasi minyak berlebih di kulit wajah dengan seledri cukup mudah yaitu siapkan beberapa daun lembar daun seledri kemudian, masukan daun seledri tersebut ke dalam air panas. Rendam beberapa saat hingga dingin kemudian masukan ke dalam lemari es. Anda dapat meng aplikasikan ramuan daun seledri tersebut pada seluruh area kulit wajah. Untuk hasil terbaik lakukan sebelum tidur.

Mengangkat sel kulit mati
Manfaat seledri untuk kulit wajah selanjutnya yaitu dapat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah. Sel kulit mati yang menumpuk dipermukaan kulit menjadikan kulit terlihat lebih kusam dan tidak bercahaya. Duan seledri tidak hanya mampu mengangkat sel kulit mati namun juga mengangkat racun yang menempel di kulit wajah. Tidak hanya itu jus seledri juga memiliki manfaat sebagai bahan alami yang dapat mengembalikan dan menjaga PH kulit agar tetap seimbang. PH kulit yang terlalu tinggi menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit. Anda juga dapat membuat masker daun seledri yang di campur dengan oatmeal juga perasan air jeruk. Caranya sangat mudah haluskan beberapa lembar daun seledri kemudian campurkan dengan oatmeal dan perasan air akduk hingga rata. Tambahkan sedikit air agar teksturnya lebih lembut. Aplikasikan pada area kulit wajah dan diamkan selama beberapa saat hingga mengering. Pijat secara perlahan dengan gerakan memutar kemudian bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Menghilangkan jerawat
Daun seledri memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan tersebutlah mampu menghilangkan jerawat juga mengatasi peradangan pada jerawat. Tidak hanya itu manfaat seledri untuk kulit yaitu dapat mengatasi bekas jerawat juga bekas luka. Kandungan alami dari daun seledri mampu menyerap lebih cepat ke dalam sel-sel jaringan kulit. Untuk mendapatkan manfaat daun seledri pengobatan jerawat caranya sangat mudah haluskan beberapa lembar daun seledri kemudian tambahkan beberapa tetes tea tree oil atau minyak teh. Aplikasikan langsung pada kulit wajah Anda dan tunggu beberapa saat sekitar 15 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Mencerahkan kulit
Daun seledri memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kecantikan kulit. Daun seledri mampu memberikan nutrisi penting bagi kesehatan kulit. Tidak hanya itu kandungan mineral pada daun seledri yaitu kalsium, magnesium, kalium, selenium dan fosfor menjadi kandungan mineral yang dapat menjaga elastisitas kulit dan membuat kulit lebih cerah. Kandungan vitamin C pada daun seledri menjadi vitamin pencerah kulit alami yang dinilai paling ampuh.


Anti aging
Mungkin banyak yang bertanya-tanya apakah daun seledri memang dapat dijadikan bahan alami anti penuaan? Jawaban ya benar sekali, daun seledri memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin A, C, E, K yang sangat berperan dalam menjaga kekencangan kulit. Tidak hanya itu kandungan folat juga niasin menjadi kandungan yang sangat membajtu dalam pembentukan kolagen. Kolagen bertugas menjadi pelindung dari efek radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan menjadi kandungan yang dapat menjaga elastisitas kulit serta mencegah kerutan dan garis halus.

Kulit menjadi lembut dan kenyal
Daun seledri memiliki kandungan air uyang cukup banyak sekitar 95%. Kandungan air yang cukup membuat kulit lebih lembut juga kenyal karena terhibndar dari hidrasi yang menyebabkan kulit kering dan kasar. Kombinasi kandungan air dan antioksidan pada seledri berperan aktif dalam proses detoksifikasi, mencegah kerusakan sel kulit, juga menangkal radikal bebas.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:49
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.