Jenis Alat Transportasi Darat, Macam dan Namanya

Posted by

Loading...
Alat-alat Mode Transportasi Darat Adalah Mode Transportasi Tertua, Pertama Kali Dikenal Manusia

Alat-alat transportasi darat saat ini banyak sekali jenis dan ragamnya, mulai dari yang bertenaga manusia, bertenaga hewan ternak hingga bertenaga mesin yang membutuhkan bahan bakar minyak. Dari mulai yang manual hingga yang matic semua tersedia.

Berjalan kaki dan Menggunakan Becak Yang Ditarik Manusia. Jalan Kaki jika bisa dimasukkan dalam alat transportasi darat tentunya merupakan model transportasi tertua sebelum penggunaan hewan menjadi alat bantu transportasi.


Jalan kaki
Sejarah Becak. Menurut sejarahnya, becak ternyata berasal dari Jepang? Benarkah demikian? Kemunculan kendaraan beroda tiga yang ditarik dengan tenaga manusia itu pertama kalinya hanya kebetulan. Tahun 1869, seorang pria Amerika yang menjabat pembantu di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jepang berjalan-jalan menikmati pemandangan Kota Yokohama. Suatu saat dia berpikir bagaimana cara istrinya yang kakinya cacat bisa ikut berjalan-jalan? Tentu diperlukan sebuah kendaraan. Kendaraan itu, pikirnya, tidak usah ditarik kuda karena hanya untuk satu penumpang saja. Kemudian ia mulai menggambar kereta kecil tanpa atap di atas secarik kertas. Orang-orang Jepang yang melihat kendaraan pribadi ditarik manusia itu menamakannya jinrikisha. Penarik jinrikisha biasanya diberi upah tiap minggu. Lama-lama, jinrikisha menarik perhatian masyarakat Jepang, khususnya para bangsawan.

Pada tahun 1800-an jinrikisha akhirnya sampai ke telinga masyarakat di China. Hingga dalam waktu singkat, jinrikisha dikenal sebagai kendaraan pribadi kaum bangsawan dan kendaraan umum. Kendaraan ini diberi nama rickshaw. Sementara penghelanya disebut hiki. Tapi, lama-lama para pemerhati kemanusiaan di China iba melihat para hiki yang kerja bagaikan kuda itu. Mulai 1870 rickshaw dilarang beroperasi di seluruh jalan-jalan negeri China. Sedangkan inrikisha di Jepang sebelumnya sudah lama dilarang. Diilhami jinrikisha dan rickshaw, tiba-tiba saja sekitar tahun 1941 untuk pertama kalinya di kota-kota besar di Indonesia muncul becak. Berbeda dengan jinrikisha dan rickshaw yang beroda dua dengan ban mati, becak sudah lebih modern. Rodanya tiga dan menggunakan ban angin, mengemudikannya dikayuh dengan dua kaki.


Jalan kaki
Becak(dari bahasa Hokkien: be chia “kereta kuda”) adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. ... Jumlah becak justru meningkat pesat ketika Jepang datang ke Indonesia pada 1942.
Menggunakan Binatang. beberapa jenis binatang yang sudah lumrah dijadikan alat transportasi manusia antara lain Kuda, Unta, Sapi dan Keledai. Merupakan mode transportasi darat yang sudah berusia sangat tua.


Kuda - Andong -  Dokar
Mengenal asal-usul Andong di Yogyakarta. Sejarah Andong dimulai dari berdirinya Kraton Yogyakarta Hadiningrat, dimana para Raja-raja Mataram atau Yogyakarta dulu mempergunakan alat Tranportasi ini sebagai Kendaraan. Andong merupakan kereta kuda beroda empat yang hanya boleh digunakan oleh para bangsawan, terutama raja dan para kerabatnya. Di awal abad 19 hingga awal abad 20, andong ini menjadi salah satu penanda status sosial para priyayi keraton, yang dimulai ketika Mataram dipimpin oleh Sultan HB VII. Ketika itu rakyat jelata tidak diperbolehkan menggunakan andong. Rakyat hanya boleh menggunakan gerobak sapi atau dokar (kereta kuda beroda dua). Tetapi ketika masa Sultan HB VIII, andong mulai digunakan oleh masyarakat umum, meskipun masih terbatas pada para pedagang saja.

Karena bentuknya yang sangat Unik dan mempunyai nilai arsitektur yang tinggi serta terlihat wibawa, maka rakyat Mataram atau Yogyakarta pada Zaman dulu menciptakan Andong sebagai alat transportasinya. Kalau untuk kalangan Raja-raja di Yogyakarta atau Jogjakarta disebut dengan Kereta Kencana, sedangkan untuk Rakyat dengan sebutan Andong.

Walaupun sudah banyak kendaraan bermotor yang lebih cepat dan murah, tetapi pengguna Andong di Yogyakarta ini masih cukup banyak. Andong-andong ini dapat ditemui dengan mudah di sepanjang jalan Malioboro, pasar Ngasem, serta di Kotagede. Andong memiliki keistemewaan yang tidak dimiliki transportasi modern saat ini, selain ramah lingkungan, transportasi ini ditarik oleh Kuda.
Keledai

Sapi - Gerobak
Gerobak adalah kendaraan tradisional yang dulunya cukup banyak dapat ditemukan di seluruh Jawa. Pada masa lalu raja Hayam Wuruk pun sering menggunakan kendaraan berupa gerobak yang ditarik oleh dua ekor kerbau. Mungkin pada zaman itu gerobag merupakan salah satu kendaraan tradisional yang cukup mewah. Maklum, tidak setiap orang mampu membeli gerobak maupun binatang penariknya. Pada gilirannya gerobak menjadi kendaraan yang cukup diandalkan di Jawa di samping tentu saja, pedati, cikar, delman, atau andong. Gerobak semacam itu pada masa lalu sempat menjadi raja jalanan di samping pedati atau andong. Pasalnya pada masa lalu kendaraan ini menjadi alat angkut yang vital bagi hasil-hasil bumi pedalaman Tanah Jawa. Bukan hanya hasil bumi dari para petani di Jawa, melainkan juga hasil-hasil perkebunan milik Belanda yang memberikan hasil berkelimpahan pada zaman Tanam Paksa.

Oleh karena di masa lalu gerobak merupakan kendaraan yang cukup mahal juga harganya, maka kendaraan ini juga menjadi semacam tanda bahwa orang yang memilikinya merupakan orang yang lumayan juga kedudukan ekonominya. Lebih-lebih pada masa lampau pesanan akan jasa gerobak ini cukup sering terjadi sehingga pemasukan bagi pemiliki gerobak relatif cukup terjamin, setidaknya dibandingkan kehidupan para petani penggarap atau petani kecil pada masa lalu.

Unta
Sepeda dan Becak. Alat transportasi darat sederhana yang sangat populer di jamannya. Alat transportasi ini masuk dalam kategori Alat Transportasi Darat.

Sejarah Singkat Sepeda Roda Dua

Sejarah sepeda lawas bermula di Eropa. Sekitar tahun 1790, sebuah sepeda pertama berhasil dibangun di Inggris. Cikal bakal sepeda ini diberi nama Hobby Horses dan Celeriferes. Keduanya belum punya mekanisme sepeda zaman sekarang, batang kemudi dan sistem pedal. Yang ada hanya dua roda pada sebuah rangka kayu. Bisa dibayangkan, betapa canggung dan besar tampilan kedua sepeda tadi.

Hobby Horses dan juga Celeriferes, belum punya mekanisme sepeda zaman sekarang, batang kemudi dan sistem pedal. Yang ada hanya dua roda pada sebuah rangka kayu. Meski begitu, mereka cukup menolong orang-orang – pada masa itu – untuk berjalan. Penemuan fenomenal dalam kisah masa lalu sepeda tercipta berkat Baron Karl Von Drais.

Von Drais yang tercatat sebagai mahasiswa matematik dan mekanik di Heidelberg, Jerman berhasil melakukan terobosan penting, yang ternyata merupakan peletak dasar perkembangan sepeda selanjutnya. Oleh Von Drais, Hobby Horse dimodifikasi hingga mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda depan.

Dengan mengambil tenaga gerak dari kedua kaki, Von Drais mampu meluncur lebih cepat saat berkeliling kebun. Ia sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama, Draisienne. Beritanya sendiri dimuat di koran lokal Jerman pada 1817. Oleh Von Drais, Hobby Horse dimodifikasi hingga mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda depan yang ternyata merupakan peletak dasar perkembangan sepeda selanjutnya. Dengan mengambil tenaga gerak dari kedua kaki, Von Drais mampu meluncur lebih cepat.

Oleh Von Drais, Hobby Horse dimodifikasi hingga mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda depan yang ternyata merupakan peletak dasar perkembangan sepeda selanjutnya.  Dengan mengambil tenaga gerak dari kedua kaki, Von Drais mampu meluncur lebih cepat.

Proses penciptaan selanjutnya dilakukan Kirkpatrick Macmillan. Pada tahun 1839, ia menambahkan batang penggerak yang menghubungkan antara roda belakang dengan ban depan Draisienne. Untuk menjalankannya, tinggal mengayuh pedal yang ada. Hobby Horses dan juga Celeriferes, belum punya mekanisme sepeda zaman sekarang, batang kemudi dan sistem pedal. Yang ada hanya dua roda pada sebuah rangka kayu.

James Starley membuat sepeda roda depan yang sangat besar (high wheel bicycle) sedang roda belakangnya sangat kecil dan berhasil membuat terobosan dengan mencipta roda berjari-jari dan metode cross-tangent. James Starley mulai membangun sepeda di Inggris di tahun 1870. Ia memproduksi sepeda dengan roda depan yang sangat besar (high wheel bicycle) sedang roda belakangnya sangat kecil. Sepeda jenis ini sangat populer di seluruh Eropa. Sebab Starley berhasil membuat terobosan dengan mencipta roda berjari-jari dan metode cross-tangent. Sampai kini, kedua teknologi itu masih terus dipakai. Buntutnya, sepeda menjadi lebih ringan untuk dikayuh.
Sepeda
Di Indonesia, perkembangan sepeda banyak dipengaruhi oleh kaum penjajah, terutama Belanda. Mereka memboyong sepeda produksi negerinya untuk dipakai berkeliling menikmati segarnya alam Indonesia. Kebiasaan itu menular pada kaum pribumi berdarah biru. Akhirnya, sepeda jadi alat transport yang bergengsi. Pada masa berikutnya, saat peran sepeda makin terdesak oleh beragam teknologi yang disandang kendaraan bermesin (mobil dan motor), sebagian orang mulai tertarik untuk melestarikan sejarah lewat koleksi sepeda antik.

Becak

Mobil dan Sepeda Motor. Dua kendaraan ini merupakan alat transportasi darat yang sangat populer saat ini.


Mobil
Motor

Kereta Api. Alat transportasi massal yang saat awal ditemukan menjadi alat transportasi darat yang paling populer pada jamannya.

Kehadiran kereta api di Indonesia diawali dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan kereta api di desa Kemijen, Jumat tanggal 17 Juni 1864, oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele.
Kereta Api Kuno
Kereta Api Modern
Sejarah Munculnya Kereta Super Cepat Di Dunia
Sampai saat ini tak ada definisi tunggal soal apa itu kereta cepat atau HSR. Namun yang paling banyak dipakai adalah berdasarkan direktif Komisi Eropa, bahwa definisi kereta cepat adalah jaringan kereta yang sudah ada atau baru dengan infrastruktur yang mampu melayani kereta dengan kecepatan 250 km/jam atau lebih hingga 350 km/jam.
Kereta cepat atau High Speed Rail (HSR) yang kita kenal sekarang ini pertama kali muncul di Jepang pada 1 Oktober 1964, yang dikenal Shinkansen. ‎Jalur pertama yang dibangun sepanjang 500 km dari Tokyo-Yohohama-Nagoya-Kyoto-Osaka, rute ini disebut sebagai Tokaido Shinkansen. Namun jauh sebelumnya, Jepang sejak era tahun 1930-an sudah mulai mengembangkan kereta cepat. Kemudian pada 1956, negeri matahari terbit tersebut melakukan studi kelayakan pembangunan kereta cepat jalur Tokaido, dengan proses awal konstruksi pada 1959, hingga akhirnya beroperasi pada 1964. Jepang sempat mendapatkan pendanaan lewat utang dari Bank Dunia US$ 80 juta untuk membiayai mega proyek ini.

Jepang bukan satu-satunya yang mengembangkan kereta cepat, setelah Jepang ada kereta cepat Diresttissima di Italia pada 1977 dan kereta TGV di Prancis pada 1981.

Setelah itu, Jerman bergabung dalam jajaran negara yang punya kereta cepat pada 1988, untuk jalur antara Fulda d‎engan Wurzberg. Lalu Spanyol pada 1992 meluncurkan kereta cepat AVE yang melayani antara Madrid dengan Seville.

Di Asia, setelah Jepang, ‎Korea Selatan memulai adanya layanan kereta cepat pada 2004, dan di China dan China Taipei pada 2007.

Berselang hampir 50 tahun semenjak Jepang meluncurkan Shinkansen, pasca November 2013 diperkirakan jaringan kereta cepat yang ada di dunia telah mencapai 21.472 km, yang mana hampir 7.400 km berada di Eropa, dan lebih dari 13.700 km ada di Asia.

China jadi negara yang paling pesat pembangunan kereta cepatnya di dunia, pada 2013 tercatat ada jaringan kereta cepat sebanyak 9.867 km, disusul oleh Jepang sebanyak 2.664 km, kemudian ada Spanyol sepanjang 5.515 Km, dan Prancis 2.036 km.

Selanjutnya, tercatat ada 13.964 km jaringan kereta cepat dunia yang pada waktu itu sedang masa proses konstruksi. China masih memimpin dengan panjang jaringan rel kereta cepat yang sedang dibangun mencapai 9.081 km, lalu Spanyol 1.308 km, Jepang sepanjang 779 km, dan Prancis 757 km, dan Arab Saudi akan menyusul sebagai negara dengan kereta cepat sepanjang 550 km.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:09

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.