Harga Sapi Madura Terbaru 2017 Jelang Bulan November

Posted by

Loading...
Berapa Harga Sapi Madura Saat Ini?

Sapi Madura adalah sapi lokal asli Indonesia yang sesuai namanya memang banyak dipelihara dan dikembangbiakkan di pulau Madura, sebuah pulau di Propinsi Jawa Timur.

Sapi Madura banyak dicari orang terutama untuk hewan kurban karena ukurannya yang bisa sesuai dengan budget kebanyakan mereka yang berkurban.


Dengan harga antara 12 jutaan hingga 16 jutaan maka sangat layak jika sapi Madura menjadi favorit para pedagang saat jelang hari raya idul adha. Banyak sekali sapi Madura yang diperdagangkan keluar pulau Madura jelang hari raya kurban dan jumlah mencapai ribuan ekor.


Berapa harga sapi Madura untuk bakalan dan siap potong?

Seperti jenis sapi lainnya semisal limosin dan simmental, harga sapi Madura semakin kecil bobotnya maka harga per kgnya semakin mahal.

Saat ini untuk sapi Madura bakalan dengan berat antara 140 - 180 kg, dipasaran diperdagangkan pada harga sekitar Rp 50.000 - 55.000 tergantung dari kualitas sapinya. Harga tersebut adalah harga untuk sapi Madura jantan bakalan untuk digemukkan.

Sedangkan harga estimasi sapi Madura yang siap potong berkisar antara Rp 44.000 - 47.000 per kg tergantung kualitas.

Harga sapi Madura secara umum memang lebih mahal daripada sapi limo dan metal karena kualitas karkasnya yang tinggi dengan tulang yang kecil serta daging tanpa lemak.

Menjelang hari raya kurban biasanya sapi Madura diperjualbelikan dengan kisaran harga 14 jutaan sampai 18 jutaan atau estimasi harga per kgnya sekitar Rp 55.000 - 65.000 per kg.

Informasi harga sapi Madura bakalan dan siap potong diatas bisa saja berubah sewaktu-waktu dan bisa berbeda antara daerah satu dengan daerah lainnya.

Ada fenomena unik yaitu harga sapi Madura di pasar hewan pulau Madura sering lebih mahal daripada harga sapi Madura dipasaran Jawa Timur diluar Madura. Saat harga sapi di pulau Madura mahal, pedagang dan Jagal dari Madura biasanya akan berbelanja keluar Madura seperti ke Probolinggo, Situbondo dan Lumajang. Umumnya jika masuk pedagang dari Madura akan menyebabkan harga sapi Lokal bergerak naik, begitulah trend yang terjadi setiap tahun.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:05

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.