Cara Menanam dan Budidaya Sirih

Panduan Singkat Budidaya Tanaman Sirih, Cepat dan Mudah
Tanaman sirih adalah tanaman yang sangat mudah tumbuh dan mudah ditanam asal syarat tumbuh minimalnya bisa terpenuhi. Tanaman ini sangat mudah ditanam dengan stek batang atau menggunakan sulur.


Berikut ini cara mudah dan cepat menanam sirih:


Bibit Sirih. Perbanyakan tanaman menggunakan sulur. Turus diambil dari sulur di bagian ujung atas sepanjang 40-50 cm.Untuk pertumbuhannya, sirih memerlukan sandaran pohon hidup, seprti dadap, kapuk randu, kelor, waru atau gamal.

Pohon sandaran ditanam pada musim hujan sebelum menanam sirih, dengan jarak 1,5 m.Tiap dua baris dibuat selokan atau parit untuk mengalirkan air karena sirih tidak tahan terhadap tanah yang terlalu basah.Selokan digunakan juga untuk mengairi sirih di musim kemarau.Bila sandaran sudah berakar baik, pada permulaan musim hujan dibuat lubang di sekitar sandaran.

Turus ditanam sepanjang dua buku dan sisanya diikatkan pada tiang sandaran.Cara lain ialah dengan memotong sulur panjang yang sudah dewasa pada pangkalnya, daun dihilangkan kemudian sulur dibagi 3 atau 4 bagian dan ditanam secara mendatar. Setelah turus berakar, cukup tiga sulur saja yang dibiarkan tumbuh dan dipanjatkan diatas.

Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Sirih. Pemeliharaan yang baik menyebabkan sirih akan bertahan selama bertahun-tahun dengan tetap memberikan hasil yang baik.Dari ketiak daun akan tumbuh cabang dan ranting yang menggantung, bagian itulah yang akan dipanen.

Bila tanaman telah terkena cahaya matahari, warna akan berubah menjadi kuning kehijauan dan bila dikunyah terasa lebih pedas.

Sirih yang tumbuh ditempat teduh, daunnya berbentuk panjang, lemas, berwarna hijau segar, dan tidak begitu pedas.Di samping cahaya matahari, macam pupuk juga mempengaruhi rasa daun.Dianjurkan menggunakan pupuk kotoran ayam yang sifatnya dingin dan daun yang dihasilkan berwarna kuning muda.Jika digunakan pupuk kotoran kuda, sapi, atau kerbau, daunnya berwarna kuning tua.

Waktu Panen Sirih. Bila tanaman telah berumur satu tahun, dapat mulai dipanen, produksi tertinggi akan diperoleh bila sirih telah mencapai ujung sandaran.Yang dipanen adalah daun yang berasal dari sulur yang menggantung sebanyak 3 atau 4 ruas.Panen dilakukan pagi sekali, ketika daun masih segar.

Sulur yang telah dipanen diikat dan dikemas dalam keranjang atau dengan memetik daun dari sulur kemudian tiap 25 lembar diikat menjadi satu.Untuk dikirim kedaerah lain, daun dibungkus dengan daun atau pelepah pisang.

Jangan lupa untuk melakukan pemupukan secara rutin seperti pemupukan pada tanaman lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sirih sehingga pertumbuhannya tetap terjaga dan hasil panen daunnya bisa maksimal.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:09
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.