Cara Memilih Bibit Odot Yang Baik Dan Bagus Pertumbuhannya

Posted by

Loading...
Rumput Odot, Rumput Berkualitas Yang Sedang Menjadi Primadona Hijauan Pakan Ternak, Bagaimana Cara Memilih Bibit Yang Baik?
Bibit rumput odot yang baik adalah yang berumur muda dan diambil dari bagian pangkal tanaman induk sehingga sudah memiliki akar untuk menunjang pertumbuhan selanjutnya.
Bibit odot yang baik akan menentukan hasil panen odot yang bagus dan jumlah yang maksimal. Jenis rumput lainnya adalah odot, saat ini rumput odot salah satu jenis rumput yang mulai dikembangkan pembudidayaannya, karena begitu mudahnya rumput odot ini tumbuh sehingga sebagian peternak tidak memperhatikan cara budidaya rumput odot yang baik dan benar, untuk itulah di sini kami berikan panduan lengkap budidaya rumput odot agar cepat berkembang biak dan hasilnya maksimal, dengan daun yang lebar dan anakan banyak.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pemula yang ingin membudidayakan rumput odot mulai dari bibit, karena tidak semua batang rumput odot layak dijadikan bibit sehingga perlu tehnik khusus dalam memilih bibit rumput odot yang baik dan berkualitas dengan jaminan tumbuh sempurna.

Jika Anda mendapatkan bibit dari kebun sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bibit untuk ditanam agar bibit tersebut bisa tumbuh dengan baik, bibit yang baik dihasilkan dari tanaman yang baik pula, karena tanaman yang tidak sehat akan menyebabkan bibitnyapun jelek sehingga Anda akan dirugikan karena pertumbuhan tanaman rumput odot terganggu dengan masa penantian panen yang cukup lama. Bibit rumput odot yang baik adalah yang berumur muda dan diambil dari bagian pangkal tanaman induk sehingga sudah memiliki akar untuk menunjang pertumbuhan selanjutnya.
Hijauan pakan merupakan menu utama bagi ternak ruminansia dengan tingkat konsumsi harian mencapai 70% dari total ransum. Secara teknis, hijauan pakan sangat berperan dalam menjaga kesehatan dan fungsi rumen. Keberadaan serat dalam hijauan pakan (selulosa dan hemiselulosa) menjadi sumber energi bagi mikroba rumen, demikian halnya dengan mineral serta protein (terutama dari legum) merupakan sumber N bagi bakteri dan protein produk. Ketersediaan hijauan pakan dalam ransum ruminansia mutlak diperlukan. Kekurangan hijauan pakan di beberapa peternakan sapi perah telah menyebabkan umur produktif lebih pendek, dari 6-7 tahun menjadi sekitar 3-4 tahun. Tidak sedikit induk sapi mengalami kegagalan reproduksi larena penimbunan lemak pada sistem reproduksi akibat peningkatan jumlah konsentrat dalam ransum. Akibatnya terjadi peningkatan biaya investasi pada usaha sapi perah untuk penggantian ternak.
Bibit rumput odot yang baik terlihat dari batangnya yang besar dan padat, serta jumlah calon anakan atau ruas cukup pendek, bibit jenis ini dihasilkan dari tanaman yang tercukupi kebutuhan airnya, karena tanaman yang kekurangan air akan menghasilkan bibit yang keras, kecil, dan jarang antar ruas sekitar 1-3 cm, apa lagi jika sampai 5 cm akan menghasilkan tanaman yang lambat pertumbuhannya dan kerdil. Lalu bagaimana jika Anda mendapatkan batang yang kecil? Asalkan kondisi tanaman terlihat sehat masih dimungkinkan untuk dipacu pertumbuhannya, karena walaupun batang bibit besar jika kurang perawatan hasilnya tak sebaik yang dirawat dengan benar.

Tips Cara Menanam Rumput Odot

Odot mempunyai karakteristik tanamannya tidak terlalu tinggi, daunnya agak lebar, ruasnya pendek-pendek dan postur batangnya bisa gemuk apabila ditanam pada lahan yang subur. Proses penanamannya sangat sederhana, yaitu potong batang rumput odot sisakan 3-5 ruas, kemudian ditanam agak miring, supaya cepat keluar akarnya.

Pakan jenis ini tidak suka tergenang air, dan tahan akan cuaca musim kering. Pemupukannya juga sangat sederhana bisa menggunakan pupuk kandang yang sudah difermentasi atau dengan urea yang disebarkan secara tipis.


Jarak tanam ideal adalah 30-40 cm, dalam 1 lubang tanam bisa dikasih 2-4 batang bibit odot, untuk pemotongannya / panennya nanti dipotong datang atau dibagian dasar batang supaya tumbuh tunasnya lebih banyak.

Tanaman rumput odot ini tidak butuh perawatan khusus seperti penyiangan karena pertumbuhannya yang cepat mampu mengalahkan gulma yang ada disekitarnya, hanya saja untuk keamanan jauhkan lahan budidaya dari ternak, termasuk unggas. Pengawasan yang lain adalah dari kemungkinan serangan hama seperti ulat, belalang dan bercak yang membuat daun menjadi kering, biasanya banyak ditemukan pada tanaman muda. Penggunaan pestisida tidak dianjurkan karena dikhawatirkan akan meracuni ternak Anda, jika mampu gunakan pestisida alami yang aman untuk ternak.


Pemanenan secara berkala dan tepat waktu membantu mengurangi perkembangan hama yang merusak rumput odot. Jangan biarkan rumput odot sangat tua dan daun menjadi kering, jarak ideal panennya cukup 25-30 hari sekali. Jika terlalu tua membuat batang menjadi keras dan sedikit anakan yang tumbuh, intinya semakin sering dipanen perkembangan tanaman akan semakin cepat.

Cara panennya pun bisa meninggalkan pokok batang bagian bawah sekitar 5 hingga 10 cm kemudian bersihkan kulit daun yang menempel agar tunas segera bermunculan, akan tetapi dipotong lebih pendekpun juga akan segera bertunas akan tetapi jumlahnya tidak sebanyak jika agak panjang dan dibersihkan.

Tunas baru biasanya akan muncul pada pokok bagian bawah yang dekat dengan tanah. Jika rumput sudah setinggi 15 hingga 20 cm berikan pupuk organik untuk memicu pertumbuhan tanaman, akan tetapi jika Anda berikan pupuk ketika awal sebelum bertunas akan lebih baik lagi, tapi sebaiknya gunakan pupuk cair agar tidak menutupi tanaman muda. Karena tanaman muda akan segera tumbuh setelah terkena sinar matahari. Jika tertutup sisa kulit daun akan mengganggu pertumbuhan atau lama tumbuhnya dibanding yang tidak terbungkus sisa pangkal daun.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:33

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.