Senam Kegel, Manfaat dan Cara Melakukannya

Posted by

Loading...
Latihan ini ditemukan oleh Dr. Arnold Kegel sekitar tahun 1948. Otot-otot yang dilatih adalah tulang pelvis (panggul) yang menyokong saluran kemih, kandung kemih, rahim, dan rektum. Agar mampu melakukan senam ini secara benar, terlebih dulu kamu harus tahu otot-otot mana yang harus dikerut serta dilepaskan.

Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel


Persalinan, penuaan, kelebihan berat badan, serta operasi dapat menurunkan fungsi serta kekuatan otot panggul bawah. Senam Kegel atau disebut juga senam pelatihan otot panggul bawah bermanfaat untuk memperbaiki kondisi ini. 

Senam Kegel adalah gerakan yang ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah. Aktivitas ini bermanfaat mengencangkan otot-otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar.

Pengelolaan Urine hingga Hubungan Intim

Secara umum, manfaat senam Kegel dapat dirinci sebagai berikut:
  • Membantu menjaga kontrol otot untuk buang air.
  • Pada pria, senam Kegel juga bermanfaat meningkatkan performa seksual. Mengencangkan otot panggul bawah selama berhubungan seksual dapat membantu mengelola ereksi atau menunda ejakulasi.
  • Bagi ibu hamil, senam Kegel bermanfaat memperlancar proses persalinan. Otot panggul yang kuat dan elastis bermanfaat membuka jalan lahir dan mencegah episiotomi.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, senam Kegel dapat dilakukan selama kehamilan atau setelah persalinan. Senam ini sangat bermanfaat terutama bagi Anda yang mengalami masalah seperti ini:
  • Tidak sengaja mengeluarkan urine saat batuk, tertawa, atau bersin. Meski demikian, latihan ini tidak cukup untuk menangani kondisi yang sudah sangat parah.
  • Melemahnya otot yang mengontrol buang air besar.
  • Otot panggul yang melemah dan melebar pasca-persalinan yang menyebabkan turunnya rahim. Kondisi ini dapat dicegah dengan melakukan senam Kegel selama masa kehamilan.

Cara Melakukan Senam Kegel

Senam Kegel tidak membutuhkan tahapan dan instruksi rumit, atau ruangan dan pakaian khusus. Sebagai langkah awal, senam Kegel dapat dilakukan sambil berbaring dengan tahapan sebagai berikut:
  • Mengidentifikasi bagian yang disebut otot panggul bawah. Caranya adalah dengan mencoba menghentikan keluarnya urine saat Anda buang air kecil. Otot yang menahan air seni itulah yang disebut otot panggul bawah Anda. Pada pria, jika Anda mengencangkan otot panggul sambil berkaca, bagian bawah penis Anda akan bergerak ke arah perut dan testikel akan naik.
  • Kosongkan kantung kemih. Ambil posisi berbaring. Kencangkan otot panggul bawah Anda, tahan hingga 5 detik, kemudian lepaskan. Ulangi 4-5 kali. Kemudian tingkatkan durasi dari 5 ke 10 detik.
  • Saat mengencangkan otot panggul bawah ini, hindari mengencangkan otot perut, paha, dan bokong, serta tetaplah bernapas bebas.
Ulangi gerakan ini tiga kali sehari dengan pengulangan setidaknya sebanyak 3x10 kali. Namun hindari melakukan gerakan ini untuk menahan kencing karena justru dapat melemahkan otot panggul serta justru berisiko mengidap infeksi saluran kencing.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gerak tubuh ini sebaiknya dilakukan tiap hari. Anda tidak memerlukan waktu dan ruang khusus untuk melakukannya. Senam Kegel bahkan dapat dilakukan ketika Anda sedang duduk mengetik atau dalam perjalanan. Setelah otot panggul Anda makin kencang, cobalah untuk melakukan senam Kegel sambil berdiri atau berjalan.
Berikut ini beberapa hal yang dapat diterapkan untuk memaksimalisasi manfaat Kegel.
  • Ingatlah manfaat senam Kegel sehingga Anda termotivasi untuk melakukannya secara rutin.
  • Lakukan senam Kegel di waktu yang sama tiap hari, seperti saat menggosok gigi, menonton berita sore di TV, atau duduk mengetik di pagi hari.
  • Perhatikan perkembangan yang Anda rasakan.
Akan tetapi, seperti semua aktivitas olahraga, manfaat Kegel tidak dapat dirasakan seketika. Jika Anda rutin mempraktikkan aktivitas ini tiga kali sehari, umumnya manfaatnya dapat dirasakan sekitar 4-6 minggu kemudian. Jika tidak, Anda dapat memeriksa gerakan yang telah dilakukan. Bisa jadi ada yang salah dalam gerakan atau otot yang Anda latih. Namun jika Anda tidak merasakan perubahan berarti setelah melakukan senam kegel 3-4 bulan, periksakan diri ke dokter.

Sumber alodokter.com dan sumber lainnya 

Cara Melakukan Gerakan Senam Kegel Untuk Pria

Ditahun 1940 Dr Arnold Kegel menemukan senam ini, tujuannya adalah untuk membantu wanita untuk mengencangkan Miss V pasca melahirkan. Namun seiring berkembangnya waktu dan zaman senam kegel juga dapat memberikan manfaat bagi pria.

Fungsi utama dari senam kegel ini adalah untuk memperkuat otot pubococcygeus (PC) yang juga dikenal sebagai otot dasar panggul. Dimana pria dan wanita memiliki otot PC hampir sama yakni membentang dari tulang ekor sampai ke tulang kemaluan.
Para praktisi senam meyakini bahwa latihan kegel bagi pria dapat meningkatkan kesehatan pria secara menyeluruh serta dapat meningkatkan kemampuan pria untuk bisa tahan lama diatas ranjang sekaligus meningkatkan kekerasan MR.P 

Itulah sebabnya mengapa senam kegel sangat disarankan oleh banyak dokter, terapis seksual dan sejumlah website kepada pria yang ingin tahan lama dalam bercinta serta mempunyai masalah dengan disfungsi ereksi atau impoten.

Lalu seperti apa gerakan senam kegel untuk pria ?
Pada dasarnya gerakan senam kegel sangat mudah untuk dilakukan dan bisa dilakukan dimana saja bahkan orang tidak akan tahu bahwa kita sedang melakukan senam kegel.
Namun hal yang paling penting sebelum anda melakukan senam kegel adalah anda HARUS mengetahui atau menemukan letak Otot dasar panggul Anda.
Salah satu cara untuk menemukan otot dasar panggul tersebut adalah dengan cara pada saat anda buang air kecil cobalah untuk menghentikan atau memperlambat aliran air seni anda. Otot-otot yang anda gunakan untuk menghentikan aliran air seni tersebut adalah otot dasar panggul.
Kemudian fokuslah untuk mengangkat dasar panggul anda keatas, teruslah bermafas pada saat anda melakukan kontraksi pada otot panggul anda, dan jika anda berhasil menghentikan atau memperlambat air seni Anda saat mengalir, maka artinya Anda baru saja berhasil menemukan dan mengontraksi otot dasar panggul Anda.

Jika anda sudah menemukan otot dasar panggul anda, sekarang anda siap untuk melakukan senam kagel. Ada 4 tahapan utama dalam latihan senam kagel yakni : kontraksi – tahan – lepas – ulangi
1.) Kontraksikan Otot Dasar Panggul Anda – Hal pertama yang harus anda lakukan dalam menjalani senam kagel ini adalah dengan melakukan kontraksi ( mengencangkan ) otot-otot dasar panggul Anda. Jika anda baru melakukan senam kaegel ini maka cara yang bisa anda lakuka untuk mengkontraksikan otot anda adalah dengan cara : posisikan anda dalam keadaan berbaring dengan mengangkang dan kaki ditekuk.
2.) Menahan Kontraksi Otot Dasar Panggul – Selanjutnya cobalah untuk menahan kontraksi selama anda mampu. Kebanyakan pria pada awal melakukan senam kagel tidak bisa menahan kontraksi Kegel lebih dari beberapa detik. Bahkan sebagian pria ada yang tidak mampu sama sekali melakukannya. Namun itu bukanlah masalah karena ada beberapa variasi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Untuk itu bagi anda yang menjalani senam kegel disarankan untuk membuat catatan mengenai seberapa lama anda mampu menahan kegel.
3.) Lepaskan Kontraksi Kegel Dan Ulangi – Jika anda mampu menahan kegel tadi lepaskan kontraksi tersebut dan ulangi hal tersebut sebanyak 10 kali. Usahakan untuk selalu meningkatkan kemampuan menahan kegel tersebut hingga anda mampu menahan kegel selama 10 detik.
Jika latihan senam kegel yang anda jalani berar maka seharunya anda bisa melihat dan merasakan testis terangkat. Namun hal tersebut tidak seluruhnya di alami oleh pria yang melakukan senam kegel ada beberapa pria yang membutuhkan waktu untuk sampai pada hal tersebut.
Jika Anda berlatih secara rutin dan teratur, semestinya Anda akan melihat peningkatan kekuatan otot dasar panggul Anda dalam 4—6 pekan. Dan apabila otot dasar panggul anda sudah semakin kencang maka anda bisa melakukan senam kegel ini dengan posisi duduk, berdiri bahkan berjalan  sehingga anda bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja bahkan saat bekerja pun anda bisa melakukanya.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:18

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.