Apa Itu Diazinon, Insektisida Penyebab Keracunan

Posted by

loading...

loading...
Insektisida Diazinon

Dikutip dari laman scribd.com:

Di antara semua jenis insektisida, golongan organofosfat yang paling umum ditemukan di masyarakat, termasuk di Indonesia.

Dari golongan organofosfat ini, penggunaan Diazinon dan Malathion yang paling banyak digunakan.

Insektisida ini masuk ke dalam tubuh melalui kulit, saluran pencernaan dan saluran pernafasan, akan mengikatenzim kholinesterase.

Fungsi dari enzim kholinesterase ini adalah mengatur bekerjanyasaraf.

Bila enzim yang berada dalam darah tersebut diikat, akan menimbulkan gejala-gejala yang secara nyata tampak pada sistem biologis yang dapat menyebabkan kesakitan (salah satunya kegagalan pernafasan akut) sampai kematian

Tujuan penggunaan insektisida sebenarnya adalah untuk membasmi serangga pengganggu lahan pertanian dan rumah, seperti kecoa, kumbang, semut, lalat, kutu, jangkrik, tempayak, dan lainnya.

Namun kenyataannya organofosfat tidak spesifik mematikan serangga, tetapi dapat menimbulkan keracunan atau mematikan organisme lain sehingga penggunaan insektisida, terutama organofosfat juga dapat menimbulkan keracunan pada manusia

Dalam suatu studi kasus yang diadakan di Sumatra pada tahun 1993 terhadap petaniwanita, menemukan 87% menyemprotkan insektisida di rumahnya sebanyak dua kali sehari.

Lebih dari 75% menggunakan insektisida jenis organofosfat atau carbamate, dantercatat 21% yang menyemprotkan insektisida pada kebunnya mengalami tiga atau lebih gejala keracunan.

Tercatat kasus-kasus keracunan akibat insektisida sejumlah 500.000an pada tahun 1972, dan diperkirakan meningkat menjadi 25.000.000an pada awal 1990.

Dan setiap tahunnya sekitar tiga ribu kasus yang merupakan kasus berat. Kejadian keracuna nkarena insektisida yang berakibat kematian lebih tinggi daripada kematian akibat penyakitinfeksi pada negara-negara berkembang.

Dalam hal ini mortalitas akibat keracunan insektisida diakibatkan karena tertelannya zat tersebut dalam kasus bunuh diri.

Sumber tribunnews.com

loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:05

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.