Teknik Minapadi, Upaya Menambah Pendapatan Petani

Posted by

loading...

loading...
Minapadi: Ikan dan Padi
Minapadi adalah merupakan teknik penanaman padi dan budidaya ikan pada 1 tempat. Teknik minapadi sekarang telah berkembang di Negara Indonesia. Teknik minapadi sangat bergantung kepada beberapa hal seperti ketersediaan air, bibit, pasar dan curah hujan. Di indonesia sendiri untuk ketersediaan air, bibit, pasar dan curah hujan sangat memadai hal tersebutlah yang membuat sistem minapadi sangat cocok dan bagus di terapkan di Indonesia.

Teknik Minapadi
Penerapan teknik minapadi ini tergolong cukup mudah, hanya saja ada beberapa yang harus di perhatikan untuk memulianya. Pada tulisan kali ini saya akan berbagi kepada Sahabat Tani bagaimana cara Teknik Minapadi Memberikan Keuntungan Hingga 150%. , semoga bermanfaat dan menambah wawasan..

Langsung saja perhatikan dan pahami apa saja yang perlukan dalam memulai teknik minapadi dibawah ini:

Persiapan Lahan
Pembajakan pada tanah dilakukan seperti biasa dan setelah dibajak biarkan beberapa hari supaya tanahnya mengendap.
Buatlah saluran air pada sekeliling lahan dan pembuatan pintu masuk air dan pintu keluar air.
Bibit tanaman padi yang digunakan ialah jenis padi ciherang karena jenis ciherang ini lebih tahan terhadap air serta lebih kuat dan tidak mudah roboh. Penanaman menggunakan sistem tanam jajar legowo 2:1.
Buatlah kolam pada bagian pinggir dengan kedalaman 70 cm hingga 80 cm.
Pemupukan tanaman padi bisa menggunakan Phonska, urea dan NPK. Pemupukan nantinya akan mengalami pengurangan, karena ada penambahan pupuk alami dari sisa pakan ikan dan kotoran ikan.
Minapadi dapat memperbaiki pematang sawah.
Pelaksanaan Sistem Minapadi
Bibit padi yang digunakan ialah bibit muda yang telah berusia antara 15 hari hingga 20 hari.
Selanjutnya lahan dibiarkan macak-macak setelah ditanami padi selama 14 hari
Pemupukan biasa dilakukan dengan menggunakan pupuk Phonska, urea dan NPK pada saat tanaman padi telah berumur 7 HST (hari setelah tanam). untuk berjaga bisa anda gunakan
Jaring dipasang untuk menghindari dari burung pemakan ikan, bebek atau yang lainya.

Penggunaan Jaring Sangat di Perlukan pada Teknik Minapadi
Penebaran Bibit Ikan
Penebaran bibit ikan bisa dilakukan setelah tanaman padi telah menginjak usia 14 hari. pada lahan sawah dengan luas 1000 m persegi bisa ditabur bibit ikan sebanyak 1200 ekor hingga 1500 ekor. Pada biasanya jenis ikan yang cocok digunakan untuk sistem minapadi ini biasanya jenis ikan nila, ikan gurameh, ikan lele, udang galah bahkan ikan hias koi juga dapat di padukan dalam sistem minapadi ini.
Pemberian pakan ikan, dapat dilakukan setiap pagi hari dan sore hari.
Jagalah volume air pada ketinggian 30cm pada area tanaman, sehingga tinggi air pada area pinggir atau kolam sekitar 75cm.
Hal yang terpenting jangan menggunakan pestisida untuk pengendalian hama pada tanaman padi, karena serangga-seranga kecil hama tanaman akan dimakan oleh ikan. Hal ini lah yang menjadi salah satu keunggulan dari menanam padi menggunakan sistem minapadi..!!

sumber status fb

loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:57

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.