Teknik dan Cara Pasang Keramik Dinding Yang Benar

Posted by

loading...

loading...
Bagaimana cara memasang keramik dinding yang benar? Memang tidak semua atau sembarang tukang bisa memasang keramik dengan benar, baik itu keramik lantai apalagi keramik dinding yang tentunya teknik dan cara memasangnya akan lebih sulit. Memang perlu ketelatenan dan teknik yang benar agar keramik pada dinding bisa menempel dengan benar dan kuat tidak mudah rontok dan tidak ruangan kosong antara keramik dengan dinding yang bisa berakibat keramik mudah terlepas dari dinding. Ada berbagai macam cara memasang keramik, berikut ini adalah salah satu cara memasang keramik dinding yang benar lengkap dengan panduan langkah demi langkah yang dikutip dari situs https://jumpinjack8.wordpress.com, semoga bermanfaat.

Langkah-langkah memasang keramik dinding yang baik dan benar:
  1. Rendam keramik yang akan dipasang kurang lebih 15-30 menit sebelum digunakan.
Rendam keramik
Kondisi keramik sesudah direndam
Hal ini membuat bagian bawah keramik yang masih berpori dapat menyerap air, sehingga sewaktu diberi adukan semen bisa menempel atau menyatu.
(Bila tidak diberi air maka air dalam adukan semen akan terserap oleh keramik. Dan adukan semen akan menyusut sehingga menyisakan ruang kosong serta membuat keramik tidak menempel dengan baik. Setelah sekian waktu kemungkinan keramik bisa terlepas dari tempatnya.)

  1. Tempelkan adukan semen dan pasir  pada dinding yang akan dipasang keramik.
Menempelkan adukan semen pada dinding
Adukan semen yang kental
Lalu biarkan sebentar, supaya agak mengering. Usahakan agar adukan semen dan pasirnya jangan terlalu encer agar dapat menempel dengan baik pada dinding.

  1. Ketika hendak diletakkan pada dinding, beri kembali sedikit air pada bagian belakangnya.
Basahi kembali bagian belakang keramik
 Kenapa diberi air kembali? Untuk memastikan bahwa keramik tetap dalam kondisi basah ketika diberi lapisan semen.
  1. Berikan adukan semen pada bagian belakang keramik.
Lapisan semen pada keramik
Ratakan sampai ujung keramik
Ratakan lapisan semen tersebut. Untuk bagian pinggir keramik jangan diberi semen terlalu tebal, karena ketika keramik ditekan/dipukul untuk meratakan permukaannya, lapisan semen yang di tengah akan lari ke arah pinggir dan mengisi ruang kosong tersebut.  
(Bila pada pinggiran keramik diberi terlalu banyak semen, nantinya keramik akan sulit untuk ditekan/diratakan. Juga akan mengotori permukaan keramik karena semen akan keluar/muncrat kemana-mana dan pada akhirnya jadi pemborosan bahan.)


  1. Letakkan keramik pada posisinya lalu tekan/pukul dengan palu karet agar permukaannya sejajar dengan tali atau keramik disebelahnya.
Ratakan permukaan keramik dengan palu karet
Paku penahan agar keramik tidak turun posisinya
Untuk keramik dinding, pemasangan dimulai dari bagian paling atas ke bagian paling bawah. Untuk menahan agar posisi keramik tidak melorot ke bawah, gunakan paku sebagai pengganjal.
  1. Setelah itu berikan spacer atau patokan besar nat keramik.
Spacer untuk nat keramik
Bisa menggunakan berbagai macam benda yang kira-kira sesuai tebalnya serta sama ukurannya satu dan lainnya.

  1. Lalu tekan/pukul dengan palu karet sehingga keramik menjepit spacer tersebut.
Merapatkan nat keramik bagian atas
Ini dimaksudkan agar besarnya nat keramik sama semua (seragam).
  1. Cek kembali apakah permukaannya sudah rata dengan bagian atas, bawah atau sampingnya.
Cek ujung keramik
Karena dalam proses produksinya, kemungkinan terdapat beberapa buah keramik yang kondisinya melengkung, sehingga bagian pojok atas kiri atau kanan sudah rata tetapi bagian bawah kiri atau kanannya bisa jadi menonjol keluar atau malah masuk ke dalam.

  1. Isi bagian samping dan bawah keramik agar tidak ada sisa ruang kosong.
Isi samping keramik
Agar keramik tidak kosong bagian dalamnya, sehingga kurang kuat bila mengahadapi tekanan nantinya. Siapa tahu di bagian tersebut akan dipasang tempat handuk yang perlu di bor. Bila bagian tersebut kosong maka keramik akan mudah pecah.
  1. Jangan lupa dilap permukaan keramiknya.
Bersihkan permukaan keramik
Pada waktu pemasangan biasanya permukaan keramik akan terkena adukan semen. Memang keramik memiliki lapisan glaze yang membuat kotoran dan semen tidak mudah menempel, tetapi alangkah baiknya jika keramik Anda yang baru ini dibersihkan supaya terlihat bersih dan mengkilap.
  1.  Biarkan untuk beberapa waktu,agar adukan semen mengering dan keramik diam pada tempatnya ketika paku tahanan dicabut. 
Keramik yang sudah dicabut paku penahannya
Bila keramik bergeser kembali setelah dicabut paku penahannya, rapikan kembali keramik pada posisi yang benar dan berikan sedikit semen kering pada bagian bawah, atas atau sampingnya. Hal ini untuk mempercepat adukan semen supaya mengering dan mengeras.
  1. Untuk pemasangan keramik berikutnya prosesnya mengulang kembali dari atas.
Bersihkan samping keramik
Namun sebelum meletakkan keramik, pastikan bagian samping atau bawah keramik sebelumnya bersih dari gumpalan atau sisa-sisa semen. Agar tidak ada yang mengganjal diantara kedua keramik dan besarnya nat bisa disesuaikan atau disamaratakan.

Sumber: https://jumpinjack8.wordpress.com

loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:52

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.