Pentingnya Proteksi Untuk Peternak Sapi Lokal, Jepang Saja Melakukannya

Posted by

Loading...
Tanpa Proteksi dari Pemerintah, Usaha Peternakan Sapi Lokal Rakyat Bisa Mati

Impor daging kerbau dari India telah menimbulkan kelesuan pemotongan sapi di negara kita. Banyak RPH mengeluhkan bengkaknya biaya produksi akibat pemotongan sapi turun hingga 50% lebih bahkan dibeberapa RPH pemotongan tinggal seperempatnya saja dari jumlah normal dan kapasitas terpasang RPH tersebut.

Apabila tidak diperhitungkan dengan matang maka impor daging dalam skala besar oleh pemerintah, cepat atau lambat akan mematikan usaha peternakan rakyat karena harga sapi lokal akan anjlok dan rakyat dipedesaan tidak bersemangat lagi untuk beternak sapi lokal karena tidak menguntungkan. Sebaiknya pemerintah segera melakukan terobosan untuk melindungi peternak lokal disamping upayanya untuk menurunkan harga daging dengan menggelontor daging impor murah ke pasar daging tradisional. Jika jumlah impor tidak diperhitungkan dengan matang maka janji pemerintah bahwa daging impor tidak akan menggeser daging segar tidak akan bisa dipenuhi. Berkacalah pada negara maju seperti Jepang yang juga sudag membuat ancang-ancang aturan atau kebijakan untuk memproteksi industri daging dalam negerinya dari serbuan daging impor beku asal Amerika.

Pemerintah Jepang berencana untuk membuat aturan mekanisme pengamanan impor daging sapi beku dari Amerika Serikat (AS) pada 1 Agustus mendatang. Mekanisme tersebut diharapkan dapat melindungi industri dalam negeri.

Harian Asia Nikkei melaporkan bahwa Pemerintah Jepang menyiapkan mekanisme tersebut saat volume impor daging sapi beku dari AS terus naik.

Mekanisme perlindungan tersebut dirancang untuk melindungi industri daging sapi beku Jepang di tengah banjir impor daging sapi beku asal Australia dan AS.

Jumlah daging sapi beku yang berasal dari AS pada periode April sampai Juni 2017 meningkat 20% dibandingkan tahun lalu. Tingginya pembelian daging sapi asal AS terjadi karena harga daging sapi asal Australia.

Australia sedang mengalami kekeringan akibatnya pakan sapi berkurang dan jumlah daging sapi berkurang. Daging sapi beku asal AS menyumbang 39% dari total impor daging sapi Jepang pada tahun fiskal pada Maret.

Data Kementerian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Jepang mencatat bahwa daging sapi impor asal AS pun menjadi terbesar kedua setelah Australia.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:49

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.