Kuda Laut, Jenis Ikan Kecil Yang Unik

Posted by

Loading...
Inilah Keunikan Kuda Laut Yang Jarang Diketahui, Yang Bunting Yang Jantan
Kuda laut adalah jenis ikan yang hidup di laut dari genus Hippocampus dan familia Syngnathidae. Hewan dengan ukuran yang bervariasi antara 16 mm (untuk spesies Hippocampus denise) sampai 35 cm ini dapat ditemukan di perairan tropis dan menengah di seluruh dunia.
Kuda laut merupakan salah satu hewan yang termasuk kedalam genus Hippocampus yang berasal dari kata Yunani yaitu berbentuk kepala kuda, dengan istila lain Hippos ; kepala kuda, campus = bintang laut. Kuda laut ini mempunyai sirip punggung yang lebih besar, sirip dada yang pendek dan lebar, sedangkan sirip anak kecil dan tidak memiliki sirip ekor. ( Nontji 1993, Hansen and cummins, 2002 ).

Kuda Laut
Sedangkan menurut Nova, 1997 menyatakan bahwa kuda laut memiliki kepal seperti seekor kuda, tegak lurus dengan badannya atas, terdapat mahkota disebut coronet. Selain itu, juga kuda laut memiliki mata yang dapat bergerak dengan bebas, sehingga membantu survival dan juga pemangsaan hewan lainya. Secara sistematisnya kuda laut ini dapat diklasifikasi, morfologi dan anatomi berdasarkan tingkatan sebagai berikut.

Klasifikasi Kuda Laut

Kindom : Chordata

Filum : Chordata

Sub filum : Vertebrata

Kelas : Pisces

Sub kelas : Teleostomi

Ordo : Gasterosteiformes



Famili : Syngnathidae

Genus : Hippocampus

Species : Hippocampus spp

Morfologi kuda laut

Kuda laut ini memiliki bentuk yang sangat unik bahkan juga sangat menyimpang dari bentuk ikan lainnya, namun menurut dari Thayip, 1997 mengatakan bahwa kuda laut ini memang menyimpang namun memiliki organ – organ dalam yang sama dengan organ ikan.

Bagian tubuh dari kuda laut ini memiliki segmen dan juga mempunyai satu sirip punggung, insang yang terbuka berbentuk relatif kecil. Selain itu, dilengkapi dengan sepasang sirip dada, satu sirip dubur, dan juga tidak memiliki sirip ekor ( Nelson, 1976 ).

Kuda ini juga termasuk kedalam jenis ikan yang memiliki penampilan unik dan juga berbeda dengan yang lainnya, kelapa kuda laut berbentuk segitiga yang hampir menyerupai kuda, mulut memanjang dan juga runcing membentuk sebuah sudut 90 derajat, ekor panjang meruncing di bagian ujung. Bagian ekor ini berguna untuk mempercepat berenag kuda laut dan juga mengaitkan beberapa subrat dari lapisan satu kelapisan lainnya.

Berdasarkan dari sebuah penelitian dari Lourie et, al. 2001. Ada sembilan jenis kuda laut yang ditemukan secara luas di berbagai wilaya terutamanya di Indonesia.

Hippocampus pontohi

Hippocampus barburi

Hippocampus bargibanti

Hippocampus comes

Hippocampus histrix

Hippocampus kelloggi

Hippocampus kuda

Hippocampus spinosissimus

Hippocampus trimaculatus

Kuda Laut Jantan Bunting

Kuda Laut Jantan Bunting

Salah satu keunikan tersendiri dari kuda laut adalah jika biasanya hewan yang hamil dan melahirkan adalah hewan betina, tapi tidak dengan kuda laut. Kuda laut jantanlah satu-satunya spesies yang dapat hamil dan melahirkan anak-anaknya.

Kenapa hal tersebut terjadi? Ini disebabkan karena kuda laut jantan mempunyai kantong perut yang bisa digunakan untuk menyimpan telur yang akan diletakkan oleh kuda laut betina. Telur-telur tersebut saat sampai di kantong perut si jantan akan dilapisi dengan pembuluh darah lalu kuda laut jantan akan mulai membuahi telur telur tersebut untuk menjadi embrio.

Biasanya proses pembuahan tersebut berlangsung mulai dari 10 hari sampai 40 hari hingga sampai waktunya untuk embrio tersebut berkembang menjadi bayi kuda laut dan lama pembuahan tersebut biasanya dipengaruhi oleh jenis spesiesnya.

Bayi kuda laut yang keluar tersebut bisa berjumlah ratusan bahkan ribuan bayi. Dan untuk mengeluarkan bayi imut kesayangan mereka tersebut, sang jantan akan mencari tempat yang tepat dengan menyesuaikan kadar garam dalam kantong dengan air laut yang ada di luar agar saat keluar, bayi kuda laut tersebut bisa langsung menyesuaikan dengan kondisi sekitarnya.

Karena hal itu pula lah hewan kuda laut ini bisa dikategorikan sebagai hewan yang sangat setia pada pasangannya karena kekompakan yang terjadi antara kuda laut jantan dan kuda laut betina atau biasanya kita mengenalnya dengan binatang kategori monogamy.

Kuda Laut, Ikan Yang Mahir Menyamarkan Diri


Kuda laut (Hippocampus spp.) merupakan ikan dari Famili Syngnathidae dan semua spesiesnya termasuk dalam satu marga Hippocampus. Ukuran mereka bervariasi sekitar 4 sampai 30 sentimeter, mereka biasanya tinggal di sepanjang pantai, diantara ganggang laut dan tumbuhan laut lainnya.

Satwa laut yang juga dulu merupakan maskot BUMN Pertamina ini adalah salah satu komoditas perikanan laut yang bernilai ekonomis tinggi. Komoditas ini dimanfaatkan baik sebagai ikan hias maupun sebagai bahan baku industri obat-obatan tradisional.

Secara bentuk fisik ikan ini memiliki sirip, insang, dan gelembung renang. Kuda laut tidak pernah berenang jauh-jauh dari karang untuk menghindarkan dirinya dari bahaya. Satwa ini sering berdiam diri dan menambatkan ekornya pada karang-karang atau celah bebatuan.

Untuk memakan makanannya, ikan ini hanya berenang perlahan-lahan dari posisinya berdiri. Kuda laut adalah pemakan zooplankton dan binatang-binatang kecil, seperti udang, ikan-ikan kecil, larva tiram dan sebagainya yang hidup diantara rumput laut, lamun dan karang. Ia memakan segala jenis hewan kecil yang berenang sesuai bukaan mulutnya.

Berdasarkan perilaku makannya, ikan yang tidak memiliki sisik ini adalah pemangsa yang pasif. Mereka melakukan penyamaran dalam memangsa calon makanannya. Kuda laut menunggu makanannya yang lewat dengan sabar dan menyerang mangsanya dengan cara menghisap sampai masuk ke moncongnya yang panjang. Ia akan berenang tenang hingga hewan kecil, seperti udang mysid, berada dalam jangkauan. Proses itu terjadi dalam sepersekian detik dan nyaris tak terlihat oleh mata manusia.

Kamuflase membantu kuda laut dalam peran mereka sebagai predetor penyergap. Berdasarkan penelitian para ahli, hewan ini terkenal dengan kemampuannya berkamuflase, yaitu dengan mengubah corak tubuhnya sesuai dengan lingkungan sekitarnya atau menumbuhkan filamen-filamen di sekujur tubuhnya sehingga menyerupai tumbuhan laut. Kuda laut melakukan kamuflase dalam rangka menghindari predator, mengelabui mangsa dan selama aktivitas percumbuan.

Kuda laut termasuk salah satu hewan yang sering dan sangat mudah berganti warna layaknya bunglon. Terdapat juga beberapa jenis kuda laut yang dapat membuat diri mereka menjadi oranye berpendar hingga ungu pekat. Perubahan tersebut tergantung intensitas cahaya.

Semua spesies Hippocampus terdaftar di bawah Lampiran II CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) dan termasuk dalam daftar merah IUCN (International Union for The Conservation of Nature) dengan status ‘rentan’ aatau vulnerable (VU).

Keputusan Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Departemen Kehutanan No. SK.33/IV-KKH/2007 tentang Kuota Pengambilan Tumbuhan dan Penangkapan Satwa Liar dari Habitat Alam, terdapat enam spesies kuda laut yang dilindungi, penangkapan masing-masing spesies dibatasi mulai dari 2.000 hingga 9.000 ekor atau rata-rata 6.200 ekor tiap spesies. Penangkapan hanya dilakukan pada wilayah tertentu di Indonesia seperti Lampung, Jawa Timur, NTB, NTT, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Dari berbagai sumber

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:49

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.