Kandungan Nutrisi Susu Kambing dan Manfaatnya

Posted by

Loading...

Susu kambing merupakan produk peternakan yang memiliki nilai nutrisi yang tidak kalah dengan nutrisi dari susu sapi. Sejak zaman dahulu susu kambing telah banyak digunakan sebagai pengobatan dan pencegahan beberapa macam penyakit. Namun, hingga saat ini khususnya masyarakat diindonesia belum banyak yang mengkonsumsi susu kambing karena belum banyak dijumpai dipasaran dibandingkan dengan susu sapi yang memiliki banyak sekali variannya. Seperti, dalam bentuk susu pasteurisasi, susu bubuk, dandengan berbagai macam rasa.

Susu Kambing ditengarai memiliki antiseptik alami dan diduga dapat membantu menekan pertumbuhan bakteri dalam tubuh karena mengandung fluorine 10 – 100 kali lebih besar dari susu sapi. Susu kambing juga memiliki protein dan efek laksatifnya rendah, sehingga tidak menyebabkan diare bagi yang mengkonsumsinya (Moeljanto, Rini Damayanti dan Wiryanta, B.T. Wahyu, 2002).

Jenis Kambing Perah

Menurut Valik E. Rudd, ada 6 jenis kambing yang dikenal karena manfaat susunya. Ke 6 jenis kambing ini memiliki nama dan ciri khas seperti:

§LaMancha memiliki telinga yang pendek dengan tubuh yang mugil. Kambing jenis ini menghasilakan susu yang kental dengan kadungan lemak yang padat.

§Oberhasli merupakan jenis kambing yang aktif. Kambing ini banyak ditemukan di swiss sebagai kambing penghasil susu.

§Nubian memiliki telinga terjuntai, hidung cumbung dan berbadan besar.Susunya lebih kental daripada susu kambing lainnya karena mengandung lemak dan protein yang tinggi.

§Alpine adalah jenis kambing yang memiliki telinga yang berdiri, ukuran muka yang mirip kancil dengan ukuran tubuh sedang.Kambing ini bisa menghasilkan susu dengan jumlah yang banyak.

§Toggenburg kebanyakan berwarna cokelat cerah hingga cokelat gelap. Kambing ini telah lama dipelihara untuk menghasilkan susu.

§Saanen biasanya berwarna putih dengan badan yang cukup kekar dan wajah lurus.

Kandungan Gizi

Susu kambing mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Molekul lemak susu kambing lebih kecil sehingga mudah dicerna dan tidak dapat mengakibatkan gangguan pencernaan (diare). Susu kambing dapat dikonsumsi tanpa proses pemasakan terlebih dahulu karena kandungan laktosanya lebih aman. Selain itu, susu kambing tanpa proses pemanasan terlebih dahulu memiliki kadar flourine yang lebih tinggi dibandingkan dengan melalui pemanasan. Kandungan protein susu kambing hampir setara dengan ASI. Susu kambing mengandung lebih banyak asam lemak berantai pendek dan sedang jika dibandingkan dengan asam lemak dalam susu sapi. Perbedaan tersebut diduga menyebabkan susu kambing lebih mudah dicerna. Selain itu, ukuran butiran lemak susu kambing lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi atau susu lainnya.

Menurut jurnal kesehatan Amerika, susu kambing mengandung nutrisi yang lengkap seperti vitamin, mineral, serta unsur kimiawi lainnya yang mudah dimanfaatkan oleh tubuh. Bahkan, tubuh dapat mencerna susu kambing dalam 20 menit dibandingkan dengan susu sapi yang mencapai 2-3 jam.

Kelebihan Susu Kambing

Beberapa kelebihan susu kambing dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

üPembentukan imun atau kekebalan tubuh

üKadar Fluorine susu kambing 10-100 kali lebih besar dibanding susu sapi yang bermanfaat sebagai anti septik alami dan dapat membantu menekan pembiakan bakteri di dalam tubuh.

üBersifat basa (alkaline food) sehingga aman dikonsumsi dan bermanfaat bagi tubuh.

üProteinnya lembut dan efek laksatifnya sedikit, sehingga tidak menyebabkan diare.

üLemaknya mudah dicerna, karena mempunyai tekstur yang lembut dan halus dibandingkan dengan susu sapi.

üKandungan Sodium (Na), Fluorine (F), Kalsium (Ca), Fospor (P), yang dominan sangat baik untuk kesehatan manusia.

Alfa-kasein protein, termasuk alpha s1-kasein, dan beta-kasein protein keduanya dipertimbangkan dalam hal ini. Namun, penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa kabel genetik untuk protein kasein sangat bervariasi di kedua sapi dan kambing dan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan peran yang tepat protein ini mungkin bermain di tolerabilitas susu kambing dibandingkan dengan susu sapi. Penelitian lain telah menemukan beberapa senyawa anti inflamasi (molekul gula rantai pendek yang disebut oligosakarida) untuk hadir dalam susu kambing. Ini oligosakarida dapat membuat susu kambing lebih mudah dicerna, terutama dalam hal fungsi usus terganggu. Dalam penelitian hewan, susu kambing juga telah ditunjukkan untuk meningkatkan metabolisme kedua zat besi dan tembaga, terutama bila ada masalah dengan penyerapan mineral dalam saluran pencernaan. Faktor-faktor ini dan lain-lain mungkin memainkan peran penting dalam tolerabilitas susu kambing dibandingkan dengan susu sapi.

Susu kambing merupakan sumber potasium yang baik, mineral penting untuk menjaga tekanan darah normal dan fungsi jantung.

Susu kambing mudah diserap tubuh manusia, itu sebabnya dapat diminum oleh bayi diatas enam bulan, manula, dan baik bagi penderita radang usus. (Tabloid Mitra Bisnis, Minggu IV Mei 1999, Memelihara Peranakan Etawah lebih baik dari bunga Bank).

Tingkat keasaman susu kambing relatif basa, sehingga cocok untuk mereka yang mengalami gangguan perut dan pencernaan . Dalam kondisi lambung bersuasana asam, susu kambing bisa menetralkannya. (Harian Pikiran Rakyat, 15 Oktober `998, Susu Kambing Berkhasiat Bagi Perut)

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:57

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.