loading...

Harga Ternak Sapi Limousin, Simmental dan Madura Terbaru 2017

Posted by

loading...

Informasi Harga Terbaru Ternak Sapi Jenis Limousin, Sapi Simmental dan Sapi Madura, Ukuran Pedet Hingga Sapi Siap Potong

Harga Terbaru Sapi Limousin:

Karakteristik Sapi Limousin

  • Tinggi sapi bisa mencapai 1,5 meter. 
  • Mempunyai bulu yang sangat tebal dan kompak menutupi seluruh tubuhnya. 
  • Bangsa sapi Limousin memiliki warna mulai dari kuning sampai merah keemasan.
  • Tanduknya berwarna cerah.
  • Bobot lahir tergolong kecil sampai medium, Sapi Betina dewasa dapat mencapai 575 kg sedangkan pejantan dewasa mencapai berat 1100 kg.
  • Fertilitasnya cukup tinggi, mudah melahirkan, mampu menyusi dan mengasuh anak dengan baik serta pertumbuhannya capat (Blakely dan Bade, 1994).
Sapi ini sendiri sebenarnya berasal dari Negara prancis dan berhasil di kembangkan dengan baik hingga ke Negara kita, dan sekarang untuk mendapatkan sapi ini cukup mudah, dan jenis sapi ini adalah jenis sapi pedaging dan memiliki otot yang sangat bagus sehingga berat bisa mencapai 1 ton lebih per ekornya, umumnya untuk rata rata berat pada sapi betina limosin mencapai 527 kg/ekor dan berat untuk sapi jantan mencapai 1100 kg/kg.
Berikut kisaran atau pasaran harga jenis sapi limosin Di Indonesia

Daftar Harga Sapi Limosin di Indonesia Bulan Ini

Sapi Limosin Bakalan                                Rp. 48.000,-/Kg
Sapi Limosin Umur 5 – 6 bulan                Rp. 12.000.000 – 15.000.000,-/ekor
Sapi Limosin Umur 6 - 8 bulan                 Rp. 17.500.000,-/ekor
Sapi Limosin Umur 8 – 10 bulan               Rp. 19.300.000,-/ekor
Sapi Limosin Dewasa Umur 1 – 2 tahun     Rp. 22.000.000 - 25.000.000,-/ekor

*Harga Bobot Sapi Bakalan Berdasarkan Berat Badanya (Bobotnya) : Rp. 50.000,-/Kg Sampai Rp. 55.000,-/Kg
 
Harga Terbaru Sapi Simmental

MENGENAL CIRI SAPI SIMENTAL

Sapi ini telah berkembang dengan baik di berbagai negara seluruh dunia tersmasuk Indonesia. Untuk sapi simental murni sangat sulit diperoleh di Indonesia. Kebanyakan sapi simnetal di Indonesia adalah sapi hasil persilangan dengan sapi-sapi lokal.
Bentuk tubuh sapi simental secara umum kekar dan berotot. Warna bulu cukup unik, yaitu tubuhnya berwarna cokelat kemerahan, sedangkan bagian muka dan lutut ke bawah serta ujung ekor berwarna putih.  Persentase karkas sapi simental termasuk tinggi dan mengandung sedikit lemak.  Sapi simental mempunyai volume rumen yang besar, voluntary intake (kemampuan menambah konsumsi di luar kebutuhan yang sebenarnya) cukup tinggi. 
Sapi tegolong dalam sapi yang berukuran besar, baik pada waktu lahir, penyapihan hingga sapi dewasa. Sapi simental betina dewasa memiliki bobot 600-800 kg sedangkan bobot tubuh sapi Simental jantan dewasa mampu mencapai 1.400 kg.Selain itu, pertambahan bobotnya dapat mencapai 1,5-2,1 kg/hari.

Ciri fisik sapi simental

  • Bulunya didominasi warna merah hingga kecokelatan dan putih 
  • Bentuk badan sapi ini panjang, kompak dan tentunya padat
  • Kepala sapi simental umumnya bewarn putih pada bagian atasnya.
  • Kaki bagian bawah berwarna putih

Keunggulan sapi simental

  • Jenis sapi potong unggul dengan bobot badan dewasa dapat mencapai 1.400 kg
  • Pertambahan bobot harian dapat mencapai 2,1 kg per/hari
  • Persentase karkas daging sapi simemntal cukup tinggi, lemaknya tidak banyak atau sedikit, sapi ini bisa untuk sapi perah ataupun sapi potong.
Melihat keunggulan tersebut, tentunya potensi sapi simental untuk berkembang di Indonesia sangat tinggi mengingat kebutuhan masyarakata terhadap susu dan daging sangat tinggi bahkan sampai saat ini negara kita belum mampu mencukupi kebutuhan daging nasional, untuk memenuhipun daging sapi masi di impor dari Australia dan India. 

Daftar Harga Sapi Simental Bulan Ini

  1. Harga Pedet Sapi Simental Tinggi 120 cm : Rp. 14.000.000,- 
  2. Harga Bakalan Sapi Simental                      :  Rp. 48.000,-/Kg
*Harga Sapi Simental diatas sewaktu-waktu dapat berubah berdasarkan kondisi pasar tanpa pemberitahuan.
*Sapi Simental berat 350-400 kg dengan Harga Rp. 48.000,-/kg di timbang hidup di Salatiga, Wonogiri, Gunung Kidul atau daerah asal
 
Harga Terbaru Sapi Madura

Karakteristik Sapi Madura

  • Secara genetik, Sapi Madura mempunyai sifat toleran kepada iklim panas dan lingkungan pinggiran, dan tahan kepada serangan beberapa penyakit. 
  • Karakteristik dari sapi Madura sangatlah seragam, secara fisiologis sapi Madura mempunyai postur tubuh yang lebih kecil, berkaki lebih singkat dan kuat, mempunyai bulu tubuh dengan warna merah bata, terbisa bulu berwarna putih dibagian perut dan paha bagian dalam, dan bentuk tanduk yang setengah melingkar dan melengkung ke arah depan dibagian ujung tanduknya.
  • Sapi Madura sendiri termasuk sebagai sapi potong tipe kecil dengan variasi bobot tubuh kurang lebih 300kg. Akan tetapi apabila teknik penggemukan sapi dengan baik yang sesuai dengan pemenuhan keperluan pakan yang cukup dan berkualitas, sapi Madura ini dapat tumbuh dengan bobot mencapai lebih dari 500kg.

Perkembangan Ternak Sapi Madura
Sapi Madura sebagai sapi potong berkembang dengan baik di Jawa Timur, terutama di pulau Madura. Kualitas kontribusi peternakan sapi Madura cukup besar dengan persentase mencapai 24% dari keperluan sapi potong yang berasal dari Jawa Timur.
Harga Sapi Madura
Harga Sapi Madura
Badan Pusat Statistik Jawa Timur mencatat, populasi sapi Madura di empat Kabupaten di pulau Madura semakin bertambah setiap tahunnya, hasil pendataan pada tahun 2014 yang dilakukan dilembaga tersebut mencatat, populasi sapi di pulau Madura mencapai 806.608 ekor.
Angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan data pada tahun 2012 yang hanya mencapai 787.424 ekor, dengan jumlah tertidak sedikit berada di wilayah Sumenep, yakni mencapai 360.000 ekor lebih.
Keunggulan Sapi Madura
Ada beberapa keunggulan yang dimiliki sapi Madura dibandingkan dengan tipe sapi lainnya, di antaranya adalah:
  1. Mudah dipelihara alias diternakan.
  2. Mudah dikembangbiakan.
  3. Tahan terhadap beberapa penyakit sapi.
  4. Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.
  5. Masih dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, walau diberi pakan dengan kualitas rendah sekalipun.
  6. Persentase karkas yang dihasilkan termasuk baik untuk sapi lokal, yakni berkisar antara 50-60%.
  7. Bagi konsumen, harga sapi Madura ini jauh lebih murah dibandingkan tipe sapi lainnya dengan nilai yang sama.

Peluang Usaha Ternak Sapi Madura

Dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya, tak sedikit pembeli yang mencari sapi Madura sebagai primadona sapi potong, baik untuk diolah ataupun diternakan kembali.
Sapi Madura juga mempunyai ciri-ciri daging sapi yang tebal, tulang yang relatif kecil, dan mengandung jumlah lemak yang relatif lebih sedikit dibandingkan tipe sapi lainnya.
Jadi tak heran jika sapi Madura ini banyak yang mencari saat ini dan  bisssa dijadikan sebagai salah satu ternak sapi pedaging unggulan tipe lokal. Disamping itu, sapi Madura juga merupakan salah satu aset penting bagi daya tarik pariwisata yang ada di pulau Madura, dengan salah satu adat terkenalnya, yakni karapan sapi.

Harga Sapi Madura Bulan Ini

Bagi anda yang berminat ternak sapi madura, berikut ini kami sampaikan Informasi Harga Sapi Madura yang berhasil kami peroleh dari berbagai sumber.
Mengawali tahun 2017 harga sapi lokal di pasar sapi masih bertahan baik meskipun ahir-ahir ini harga daging sapi ada sedikit kenaikkan di berbagai daerah. Berikut harga kisaran sapi lokal jenis limousin dan simental dan Masura dipasar hewan jakarta, bandung, semarang, surabaya, malang, solo, jogjakarta, medan, riau, aceh, makasar, bali, dan pontianak
  • Sapi lokal bakalan harga kisaran antara Rp 44.000 - 48.000/kg
  • Harga sapi limosin dan Harga Sapi simetal siap potong berkisar antara Rp 48.000 - 50.000/kg berat hidup.
  • Harga sapi Madura untuk siap potong sekitar Rp 48.000 - 55.000/kg. Untuk harga sapi Madura sebagai sapi kurban sekitar Rp 55.000/kg sapi hidup.
  • Untuk harga pedet sangat bervariasi tergantung kualitas. Harga pedet per kg antara Rp 60.000 - 100.000/kg. Bahkan bisa lebih mahal jika kualitas pedet super. 
  • Harga daging sapi awal tahun 2017 berkisar antara 110.000 - 115.000 per kg untuk area Jatim., jateng dan jabar, Sedangkan harga standart karkas antara 87.000 - 89.000/kg. 
Catatan:
  • Harga diatas hanya bersifat informasi dan estimasi harga
  • Harga Bisa berubah sewaktu-waktu
  • Harga bisa berbeda diantara pasar hewan yang satu dengan pasar hewan lainnya tergantung situasi permintaan dan penawaran saat hari pasaran
  • Harga bisa berbeda diantara satu daerah dengan daerah lainnya

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:17

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.