Harga Burung Ciblek/Prenjak Terbaru 2017

Posted by

Loading...
Harga Terbaru Jenis Burung Prenjak (Ciblek) 2017 di Pasaran

Burung prenjak memang tidak semahal jenis burung lovebird harganya. Meski sama-sama berukuran kecil, harga burung ciblek atau prenjak ini lebih bersahabat di kantong kicaumania. Burung prenjak atau yang biasa disebut juga dengan burung ciblek selalu menjadi incaran para kicaumania dimanapun berada. Burung yang bertubuh kecil ini memiliki harga yang cukup bagus dipasaran. Meskipun harganya tidak terbilang mahal, namun bagi seorang kicaumania harga bukanlah hal utama yang jadi pertimbangkan, melainkan adalah kualitas dari kicauan burung prenjak tersebut. Semakin gacor burung prenjak, maka semakin mahal harganya dan semakin banyak pula kicaumania yang tertarik untuk memilikinya.
Ciblek atau Prenjak gunung nampaknya dalam waktu terkhir ini selalu menjadi bahan pembicaraan hangat para penghobi, terutama para cigun mania. Mungkin hal tersebut cukup beralasan, mengingat burung yang bernama latin (ilmiah) Prinia atrogularis ini cukup mempunyai banyak sisi yang menjual. Selain suara kerap mewarnai perbagai event perlombaan, kicauan khasnya yang dinamai dengan istilah Ngebren dan nembak tersebut memang dinilai cocok untuk memaster jenis burung penyanyi lain. Tentunya hal tersebut juga merupakan suatu alasan yang jelas, mengapa para pemelihara burung dari keluarga Cisticolidae ini sendiri dari dulu tidak pernah sepi.


Burung Ciblek Gunung (Panji Wiguna – youtube)
Ciblek gunung sendiri merupakan burung berkelompok yang kebanyakan mendiami daerah pada ketinggian 600 – 2500 m (dpl) di negara-negara kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia dan Myanmar. Burung ini juga diketahui hidup di Cina selatan, Nepal hingga Himalaya. Tidak hanya itu, di berbagai negara tersebut ciblek gunung sendiri juga diketahui terdapat dalam 7 ras atau sub-spesies. Diantaranya meliputi Prinia atrogularis atrogularis, khasiana, superciliaris, erythropleura, klossi, waterstradti dan dysancrita. Jenis ras cigun yang saat ini paling populer di Tanah Air sendiri ialah Prinia atrogularis dysancrita yang konon di pertama kali ditemukan di wilayah Sumatera Barat.

Burung ciblek gunung asal sumatera sendiri sebenarnya sudah cukup lama menjadi burung peliharaan terfavorit para cigun mania, namun kopopuleran prenjak gunung sumatera tersebut tidak sebagus ciblek gunung jawa. Ciblek gunung jawa yang dinilai para penghobi mempunyai kualitas suara tembak dan mental lebih kuat. Prenjak gunung yang dikalim lebih baik itu sendiri berasal dari Tasik, Jawa Barat. Hanya saja hal tersebut tidak bisa dijadikan acuan yang tepat, sebab semua kelebihan suara nembak maupun ngebren burung ciblek pada dasarnya tergantung perawatan sehari-hari setiap pemilik.

Ciri Burung Ciblek Gunung

Prenjak gunung umumnya memiliki ciri-ciri ukuran tubuh 16 cm, memiliki ekor lebih panjang daripada panjang tubuhnya dan pada bagian pipi berwarna abu-abu. Pada bagian dada terlihat seperti ada garis-garis, sedangkan pada bagian sisi tubuhnya berwarna kuning tua. Ciblek gunung jantan mempunyai ukuran kaki lebih besar yang bewarna cokelat. Selain itu, pada bagian dubur si jantan lebih menonjol dengan bulu yang cukup lebat. Adapun warna bulu cokelat dan kuning pada pejantan lebih kelihatan cerah. Untuk ciri si betina sendiri kebalikan-nya. Warna bulunya agak kelihatan kusam dan tidak begitu jelas.
Perawatan Harian. Bersihkan sangkar serta mandikan burung setiap hari, pagi dan sore hari. Jika semisal dimandikan pada waktu pagi penjemuran bisa dilakukan minimnya 1-3 jam, misalnya pada pukul 07.00-10.00. Disamping menunggu badan-nya kering, setiap pemelihara bisa mengganti pakan dengan yang baru dengan takaran yang benar. Pakan jangkrik sedikitnya 5 ekor dalam sehari, pagi 2 ekor dan 3 ekor pada sore hari. Seiring voer sudah diganti dengan yang baru, pemelihara juga harus memberi pakan vitamin lain seperti kroto, sedikitnya sebanyak 2 sedok teh saja setiap paginya.
Diawal bulan maret ini, harga burung prenjak sedikit mengalami perubahan. Ada beberapa jenis prenjak yang mengalami penurunan harga dan ada juga yang mengalami kenaikan. Hal tersebut bisa terjadi lantaran perubahan minat dari si kicaumania itu sendiri (pembeli) dan sulitnya menjadi burung prenjak gacor yang siap tempur.

Berikut adalah daftar harga burung prenjak terbaru bulan maret 2017:
  • Harga Burung Prenjak merah (ciblek) bakalan - Rp 30.000
  • Harga Burung Prenjak merah (ciblek) gacor - Rp 180.000
  • Harga Burung Prenjak Putih bakalan jantan - Rp 135.000 s/d Rp 160.000
  • Harga Burung Prenjak Putih bakalan betina - Rp Rp. 65.000
  • Harga Burung Prenjak Putih bunyi sesekali jinak lalat - Rp 235.000
  • Harga Burung Prenjak Putih gacor - Rp 320.000 s/d Rp 725.000
  • Harga Burung Prenjak Alang Alang bakalan muda hutan - Rp 30.000
  • Harga Burung Prenjak Alang Alang bakalan lawas - Rp 50.000 (bunyi)
  • Harga Burung Prenjak Alang Alang bunyi gacor - Rp 220.000
  • Harga Burung Prenjak Gunung bakalan - Rp 100.000 s/d 150.000
  • Harga Burung Prenjak Gunung bunyi - Rp 200.000
  • Harga Burung Prenjak Gunung gacor - Rp 300.000 s/d Rp 600.000 
Harga burung prenjak diatas kami himpun dari pedagang burung di wilayah Jakarta dan juga dari beberapa informan kami sesama kicaumania. Untuk wilayah lain mungkin ada sedikit perbedaan harga namun perkiraannya tidak akan jauh dari harga burung prenjak diatas.

Tambahan info lain tentang harga burung Ciblek Sebagai Pembanding


Dikutip dari info situs tentang burung kicau, Walaupun tidak setenar burung kenari maupun murai batu, namun juga masih banyak yang mencari burung berbadan mungil seukuran dengan pleci ini, mungkin karena memiliki suara ngebren yang cukup mengagumkan. Memang dengan suara burung ciblek ngebren panjang tentunya menjadi keistimewaan unggas pengicau yang mempunyai nama latin Prinia Familiaris yang juga bisa disebut dengan prenjak jawa. Harganya sendiri pun tidak terlalu mahal, bagi Anda yang baru saja ingin mencoba memelihara burung kicauan.



Harga Burung Ciblek (wikipedia)

Burung ini sendiri memang salah satu jenis yang diikutsertakan dalam perlombaan baik itu tingkat Daerah bahkan sampai tingkat Nasional. Walaupun harga ciblek anakan dengan dewasa tidak berbeda jauh tentunya menjadi kepuasan tersendiri bagi peminatnya yang membuat tak mau beralih ke burung lainnya. Ada satu hal yang membuat burung pengicau ini menarik yakni terletak ekornya yang memiliki ukuran lebih panjang jika dibandingkan pleci. Untuk harganya sendiri dari tahun ke tahun mengalami kenaikan, walaupun tidak terlalu signifikan. Pada tahun 2012 harganya masih pada kisaran mulai dari 5 ribuan, namun saat ini sudah mencapai hingga puluhan juta apabila pernah menjuarai suatu ajang perlombaan.

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa harga ciblek gunung atau laut tidaklah terlalu mahal, jadi Anda bisa membeli yang masih anakan / baru di dapat dari hutan untuk dilakukan masteran sendiri. Apabila burung tersebut sudah jadi (berkicau), maka akan mempunyai harga yang jauh melambung tinggi, bukan tidak mungkin suatu saat nanti bisa mencapai puluhan juta rupiah. Untuk proses perawatannya sendiri Anda tidak usah khawatir, sebab rawatan hariannya tidaklah terlalu rumit. Anda hanya perlu merawatnaya dengan ketlatenan dan keuletan untuk dilatih mendengarkan suara ciblek gacor ngebren tiap pagi dan sore hari, metode ini pastinya bisa membuat burung bersuara istimewa sehingga lebih percaya diri ketika hendak diikutsertakan ke ajang perlombaan.

Sekedar menginformasikan bahwa ciblek ini juga sering salto ketika berada disangkarnya, karena hal tersebut merupakan bakat alam yang dimiliki burung ini. Kembali ke topik pembahasan yakni mengenai harga burung perenjak jawa / ciblek. Disini, situsburung.com akan menghadirkan secara khusus bagi anda yang sedang mencari referensi ketika hendak membeli atau yang ingin menjual burung ciblek, sehingga rekan bisa mengetahui kisaran harganya di pasaran saat ini. Untuk lebih lengkapnya, silahkan anda simak wacananya berikut ini:

Harga Burung Jenis Ciblek atau Prenjak
  • Ciblek lumut masih bakalan biasa dihargai Rp. 15rb
  • Ciblek lumut sudah gacor kadang dibandrol Rp. 50rb
  • Ciblek Klawu masih bakalan mempunyai kisaran harga Rp. 30rb
  • Ciblek Klawu sudah Gacor antar Rp. 125rb, bisa lebih.
  • Ciblek padi masih bakalan hanya Rp. 25rb
  • Ciblek sawah yang sudah gacor bisa sampai Rp. 125rb
  • Ciblek putih tasik yang sudah gacor bisa lebih dari Rp. 350rb
  • Ciblek putih tasik masih bakalan bisa berkisar Rp. 175rb
  • Ciblek putih jatim masih bakalan biasa dijual Rp. 75rb
  • Ciblek putih lokal yang sudah gacor mencapai Rp. 175rb
  • Ciblek gunung yang masih bakalan biasanya Rp. 75rb
  • Ciblek gunung tengahan bisa dipasang Rp. 125rb
  • Ciblek gunung gacor mempunyai patokan Rp. 250rb
Informasi harga burung ciblek tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu dan bisa berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Tetapi harga kisaran burung ciblek tidak akan berbeda terlalu jauh.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:17

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.