Manfaat Jamur dan Cara Sehat Memasak Jamur

Posted by

Loading...
Memasak Jamur Dengan Cara Yang Benar Akan Mempertahankan Kandungan Nutrisi Yang Terkandung Didalamnya

Jamur adalah sumber serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Namun teksturnya yang lembut dan mudah hancur ini membuat Anda harus berhati-hati saat memasaknya. 
Salah cara masak akan berakibat merusak tekstur dan juga nilai gizinya secara keseluruhan. Mengutip Medical Daily, peneliti menemukan cara terbaik dan tersehat untuk mengolah jamur agar nilai gizinya tetap terjaga.

Penelitian yang dipublikasikan secara online dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition menemukan bahwa memanggang dan mengolahnya dalam microvawe adalah cara terbaik.

Faktanya, cara ini dianggap justru akan meningkatkan aktivitas antioksidan dalam jamur.

Sebaliknya, studi menemukan bahwa menggoreng atau merebus jamur akan mengurangi nilai gizi jamur secara signifikan.

Sebagai tambahan, memanggang dengan sedikit minyak, terutama minyak zaitun akan membantu meningkatkan nilai gizi dan menambahkan beberapa kalori.

"Ketika jamur dimasak dalam microwave atau dipanggang, jumlah aktivitas polifenol dan antioksidan meningkat signifikan," kata Irene Roncero.

"Menggoreng dan merebus akan menyebabkan protein dan antioksidan hilang. Bisa jadi karena larut di dalam air atau minyak."

Untuk penelitian, tim meneliti tiga jenis jamur yang paling populer yaitu jamur kancing putih (Agaricus bisporus), shiitake (Lentinula edodes), dan jamur oyster dan king oyster (Pleurotus ostreatus dan P. eryngii). Jamur ini secara khusus ditumbuhkan dalam laboratorium. Jamur mentah dan matang dikeringkan dan dianalisis kandungan antioksidannya.

Manfaat Jamur Bagi Kesehatan
Berdasar studi, jamur mengandung serat dan protein. Kandungan kalori dan lemaknya pun sangat kecil. Jamur juga mengandung vitamin B1, B2, B12, C, D, dan E, seng, dan selenium.

Jamur memiliki protein tinggi tanpa lemak, karbohidrat yang rendah, vitamin, mineral dan serat. Oleh karena itu, jamur merupakan pilihan ideal bagi para penderita diabetes. Serat dan enzim tertentu pada jamur juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

Kandungan protein yang tinggi juga dapat membantu membakar kolesterol saat dicerna. Jamur diketahui mengandung senyawa tertentu yang akan membantu fungsi hati, pankreas dan kelenjar endokrin lainnya, sehingga meningkatkan pembentukan insulin dengan jumlah yang tepat. Penderita diabetes mudah terkena infeksi, terutama di kaki yang cenderung berlangsung lama. Antibiotik alami dalam jamur dapat membantu melindungi penderita diabetes dari infeksi yang ditakutkan.
Manfaat Lain Jamur:
• Untuk Menjaga Kesehatan tulang
• Membantu penyerapan nutrisi
• Memperkuat sistem kekebalan tubuh
• Membantu menjaga berat badan dan tekanan darah
• Mencegah kanker payudara dan prostat
• Berkhasiat Mencegah anemia

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 18:59

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.