Cara Pembibitan Buah Tin Dengan Cangkok

Posted by

loading...

Loading...
CARA MENCANGKOK POHON BUAH TIN / ARA / FIG

Salah satu metode perbanyakan bibit secara vegetatif untuk tanaman tin dapat dilakukan dengan cara mencangkok. yang perlu di perhatikan dalam hal mencangkok salah satunya adalah cuaca.
Dari pengalaman saya saat ini yang paling ideal untuk mencangkok adalah musim kemarau .... alasannya dengan curah hujan yang sedikit media tanam dalam cangkokan tidak tergenang air dan akar akan cepat keluar tentunya dengan tetap menjaga kelembaban media cangkoknya.
Mencangkok bisa dilakukan dengan berbagai macam cara dan alat...cuma pada garis besarnya cangkokan dapat di lakukan dengan 2 cara yaitu
1. cangkokan yang di kerat
2. cangkokan yang tidak di kerat.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Kelebihan cangkokan yang di kerat antara lain :
- Akar akan lebih cepat tumbuh karena ada nya penumpukan sari makanan pada daerah pangkal keratan, biasanya 3- 4 minggu akar akan sudah terlihat pada media cangkokan.
- bibit cangkokan biasanya akan lebih vigor karena adanya penumpukan nutrisi

Kelemahannya:

-Nutrisi indukan tanaman yang dicangkok akan berkurang sehingga pencangkokan dengan metode ini tidak dapat diakukan secara extrim,
- Luka keratan sangat rentan terhadap masuknya bibit penyakit tanaman

Sedangkan cangkokan yang tidak di kerat mempunyai kelebihan tanaman tidak mengalami luka sama sekali sehingga tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan  indukan tanaman... tapi mempunyai kekurangan akar akan lama tumbuhnya...

bahan bahan yg di perlukan dalam mencangkok antara lain
1. Pisau tajam untuk mengerat
2. Tali plastik untuk mengikat cangkokan
3. Plastik /  Gelas plastik bekas minuman mineral
4. Media tanam
5. Hormon penumbuh akar

Tata cara pencangkokan
  • Pilihlah cabang yang cukup tua dan bertajuk bagus untuk di cangkok +- 20 s/d 30 cm, biasanya tajuk yang bagus akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman ara  selanjutnya.
  • Kerat dan kupaslah kulit batang tanaman tin/ ara dengan jarak kupas 1 cm. kemudian oles hormon tanaman pada bekas keratan... tujuan pemberian hormon untuk merangsang dan mempercepat tumbuhnya akar tanaman.
  • Bungkuslah batang tanaman di atas keratan dengan plastik / gelas plastik yang sudah di isi media tanam  kemudian ikatlah dengan erat supaya media cangkok tidak goyang atau lepas...
  • Tetap jaga kelembaban media cangkokan terutama pada musim panas, agar media tidak kering usahakan 1 minggu sekali cangkokan di siram dengan cara di suntik air  untuk menjaga kelembaban media cangkok
  • setelah usia cangkokan + - 3 minggu bisanya akar sudah muncul pada media cangkok.  setelah akar tanaman memenuhi media cangkok maka bibit siap untuk di potong dan di tanam di media yang baru.
Media tanam yang baik untuk tanaman ara/ tin adalah media yang sifatnya porous tapi tetap lembab.
dari hasil pengamatan dan ujicoba yang saya lakukan, media tanam yang cukup bagus untuk tanaman tin adalah campuran sebagai berikut:

1. Kompos atau pupuk kandang yang sudah matang
2. Sekam bakar
3. Tanah merah

Dengan perbandingan 2:2:1 seluruh media di campur menjadi satu secara merata....jika anda menggunakan pupuk kandang harus hati hati terhadap kematangan pupuk tersebut....
pupuk kandang yang belum matang bisa berakibat fatal terhadap bibit tanaman ara / tin.

Penanaman pada media pot sebaiknya menggunakan pot ukuran 40 cm ke atas, ini di perlukan untuk menjaga suplay nutrisi makanan tanaman ara / tin karena tanaman ini termasuk tanaman yang rakus akan unsur hara dan sinar matahari.

sebelum penanaman sebaiknya di dasar pot di beri pecahan bata atau pecahan kerikil setebal + - 5 cm ini di perlukan supaya kelebihan air penyiraman dapat cepat keluar dari dasar pot. sehingga akar tanaman tidak busuk.
 



Contoh cangkok menggunakan ikatan plastik






Contoh cangkok dengan model susun


Contoh bibit  hasil cangkokan yang sudah di potong dan siap di tanam di media baru


Sumber: http://buah-ara.blogspot.co.id/2012/06/mencangkok-tin-ara-fig-salah-satu.html

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:59

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.