loading...

Siapa Mau Pahala Yang Terus Berkembang? Baca Ini!

Posted by

loading...

Multi Level Pahala, “Fa Lahu Mitslu Ajri Faa’ilihi”

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dengan sanad yang shohih, bahwa Rosululloh Sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
Yang artinya: “Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya.”

Tentang hadits ini, Al-Imam An-Nawawi Rohimahulloh berkata: “Ia menunjukkan kepada kebaikan. Baik itu dengan lisan, isyarat, ataupun dengan tulisan.”

Berdakwah termasuk ibadah yang paling besar di sisi Alloh. Ibadah ini membutuhkan ilmu, keikhlashan, kesungguhan, kesesuaian dengan syari’at, dan kesabaran dalam menyampaikannya. Dalam mengarungi jalan dakwah, para pelakunya seringkali mendapatkan perlakuan yang menyakitkan, misalnya dengan dikucilkan, dicacimaki, diusir dari kampung halaman, bahkan sampai dibunuh.

Salah satu misi utama para Nabi dan Rosul adalah berdakwah, mengajak manusia untuk kembali ke jalan Alloh dengan mengamalkan setiap perintahnya dan menjauhi larangannya. Sekiranya ada amal yang lebih besar keutamaannya daripada berdakwah, tentu para Nabi dan Rosul akan diutus untuk itu. Maka dalam hal ini, kita mengetahui bahwa dakwah adalah amal besar dengan resiko besar yang tidak mungkin dipikul kecuali oleh orang-orang yang telah Alloh besarkan hatinya.

Sahabatku! Dengan tatacaranya yang sedemikian sulit dan penuh rintangan, pahala yang dapat diperoleh dari dakwah ini pun sangatlah besar.  Seorang pendakwah akan memperoleh pahala dari orang-orang yang telah melaksanakan kebaikan disebabkan ajakannya.

Jika seorang syaikh mengajarkan Al-Qur’an kepada 100 orang murid, maka ia akan memperoleh pahala setiap kali murid-muridnya membaca Al-Qur’an. Jika 100 orang murid ini telah dewasa dan menjadi orang-orang sholeh, kemudian ia terus mengajarkan ilmu Al-Qur’an tersebut kepada murid-muridnya, maka Syaikh pengajar Al-Qur’an tadi tetap akan memperoleh pahala dari orang yang mengamalkannya, sekalipun dia telah wafat. Demikian pula dengan amalan-amalan ibadah yang lainnya. Maa syaa Alloh!

Maka sahabatku, janganlah kita beribadah sendirian! Ajaklah orang sebanyak-banyaknya menuju jalan-jalan ibadah dan keridhoan Alloh! Ajaklah orang lain setiap kita hendak melaksanakan ibadah. Misalnya ketika kita hendak melaksanakan sholat. Ketika di perjalanan menuju Masjid, kita pasti melewati orang-orang yang berlalu lalang dengan kesibukannya masing-masing. Ajaklah orang yang kita temui untuk bersama-sama sholat berjama’ah di Masjid. Dengan begitu kita akan mendapat pahala berlipat lipat, sesuai dengan jumlah pahala orang yang kita ajak untuk beribadah.

Itulah dakwah! Jalan para Nabi dan Rosul. Dan jalan orang-orang besar, seperti para sahabat, tabi’in, tabi’ut-tabi’in, dan orang-orang sholeh semuanya dari zaman ke zaman. Maka marilah kita berbondong-bondong mengamalkan amal mulia ini! Mari berbaris di belakang mereka menyambung estafeta suci untuk menggiring manusia ke jalan Ilahi! Dengan demikian mudah-mudahan Alloh mengumpulkan kita dengan mereka. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Mari bantu MENYEBAR KEBAIKAN dengan mengklik 'share' atau 'bagikan'!

Barokallohu fiikum.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:43

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.