loading...

Perbedaan Ikan Cupang Berdasarkan Jenis dan Warnanya

Posted by

loading...
Macam-Macam Ikan Cupang Dibedakan Antara Jenis dan Warnanya
 
Macam Ikan Cupang Berdasar Jenisnya

1. Halfmoon


Cupang jenis ini mempunyai ciri yang dominan yaitu ekor panjang yang membentuk setengah lingkaran, Pada tahun 1991 breeder cupang Amerika bernama Jeff Wilson melihat ikan ini dan menamainya "halfmoon". Sampai saat ini ikan ini masih menjadi primadona para kolektor ikan hias ksususnya ikan cupang. Jenis halfmoon sendiri ada halfmood lafender, rosetail, dumbo ear (persilangan big ear dan halfmoon).


2. Halfmoon Doubletail


Sebutan double tail (cagak) diberikan pada ikan yang memiliki sirip ekor sebanyak dua buah. Akibatnya, ikan ini seperti memiliki sirip ekor yang terbelah sehingga disebut juga dengan istilah “fin split”. Setiap sirip ekor (belahan) tersebut memiliki ukuran yang sama besar dan sama lebar. Diduga, cupang cagak merupakan mutan dari halfmoon yang memiliki satu sirip ekor (single tail).

3. Plakat



Plakat berasal dari istilah di Thailand yang artinya kurang lebih adalah tarung atau laga. Sesuai dengan namanya, jenis ikan cupang ini biasa digunakan sebagai cupang aduan. Thailand memang memiliki tradisi adu cupang yang sudah melegenda.
Sirip dan ekor cupang plakat biasanya pendek tidak menjumpai seperti serit dan halfmoon. Karena pendek, sirip tersebut memberikan kesan kokoh dan kekar. Gerakan ikan cupang plakat tidak terlalu anggun tapi terlihat lebih sangar.


4. Kuping Gajah (big ear)
Sama seperti Plakat. cupang ini juga mempunyai ekor yang pendek. namun sesuai namanya, ikan ini mempunyai sirip yang besar seperti gajah. ikan ini juga nampak anggun karna ketika berjalan atau ngedok ikan ini nampak membelai belaikan siripnya yang panjang. Untuk jenis ini harganya masih lumayan mahal, karna masih jarang ditemui di toko ikan hias.

5. Serit (Crown Tail)

Ikan jenis ini mempunyai pangkal ekor yang lancip seperti sisir serit dan umumnya membentuk silang . Ikan ini adalah ikan asli indonesia, yang pertamakali di ternakan di kompleks Bulog, Rawamangun, Jakarta Timur

Pada awal kemunculan nya ikan ini menjadi bahan tertawaan dan ejekan di kontes ikan cupang di Bali. Mereka beranggapan bahwa ikan ini adalah ikan cacat dan tidak masuk dalam katagori kontes. Seiring berjalannya waktu ikan ini menjadi idola dan diburu para penghobi cupang karna bentuknya yang khas.

6. Giant

Seperti namanya Yang membedakan cupang jenis ini dengan cupang lainnya adalah ukuran tubuhnya yang paling besar diantara jenis lainnya. dari segi ekor ada yang panjang seperti Halfmoon dan Plakat.

Panjang tubuhnya bisa sampai 10cm. Bahkan pernah ditemukan yang hingga 12cm.
Untuk mencapai ukuran itu bukanlah perkara mudah. Butuh kesabaran dan juga makanan yang teratur dalam merawatnya.

7. SLAYER


Cupang ini adalah cikal bakal dari halfmoon. jenis ini mulai dilupakan karna kurang menarik. Bentuk ekornya yang menguncup membuatnya terkesan layu.

8. CUPANG ALAM (WILD BETTA)


Ini adalah cikal bakal dari cupang hias yang ada saat ini, keadaanya semakin langka dan sangat sulit membudidayakannya membuat ikan jenis ini sangat mahal, harganya bisa mencapai jutaan Dolar Rupiah.
Saat ini mulai banyak orang yang mecoba untuk membudidayakannya, ikan ini belum bisa dibudidayakan secara buatan.

Macam-macam Ikan Cupang Berdasarkan Warnanya

1. DRAGON

julukan Dragon atau Naga diberikan karna jenis ikan ini mempunyai sisik yang berselimut Titik-titik seperti mutiara dari ujung kepala sampai pangkal ekor. Warna sisik yang mengkilat, terlihat tebal dan menonjol disekujur tubuh membedakannya dari cupang hias biasa.
Warna sisik dan warna sirip membedakan penamaan cupang naga ini, seperti red dragon: cupang naga bersirip merah, yellow dragon: cupang naga bersirip kuning. Cupang naga mulai diperkenalkan di Aquarama tahun 2005 dan saat ini menjadi trend cupang hias di Indonesia.

2. FANCY
Ikan cupang Plakat Fancy merupakan salah satu jenis cupang plakat yang memiliki banyak corak warna. Corak warna yang dimiliki paling sedikit sekitar 3 corak warna yang terdapat dibagian tubuh, ekor dan sirip ikan. Warna itu yang membuat ikan ini menjadi unik dan cantik.

3. KOI
Hampir sama seperti plakat. yang membedakan pada ikan ini Corak pada ikan ini yang (ngeblok) seperti ikan koi. Warna ini yang membuat ikan terlihat unik seperti ikan koi tapi dalam versi mini-nya.

4. MARBLE

Jenis marble mempunyai corak warna yang sembarangan dan terkesan kusam yang membuat ikan ini terkesan klsik.

5.SUPER RED
Mempunyai warna dasar merah polos tanpa gradasi warna lain

6. WHITE
Sama seperti saudaranya Super Red. Cupang jenis ini mempunyai warna dasar putih polos

7. BLACK
Warnanya hitam polos

8. BLUE
Mempunyai warna biru pekat yang dominan

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:22

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.