loading...

Mengenal Ikan Raksasa, Arapaima Gigas

Posted by

loading...
Ikan Arapaima Gigas, Ikan Raksasa Yang Bisa Mencapai Berat 200 Kg
Arapaima, pirarucu, atau paiche (Arapaima gigas) adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan


Arapaima gigas merupakan ikan air tawar terbesar di dunia. ikan dewasa bisa menjadi 3 meter dengan berat bisa mencapai 200 kg. mereka termasuk ke dalam ikan yang bernafas dengan mengambil udara langsung dari atmosfer ( obligate air breather ). ikan ini harus muncul ke permukaan setiap 5 – 20 menit sekali. tergantung ukuranya. ikan muda biasanya muncul di permukaan setiap 5 menit sekali, sedangkan ikan dewasa muncul 18 – 20 menit sekali.



Arapaima hanya di temukan di amazon dan sistem essequeto, mereka termasuk hewan langka yang dilindungi CITIS, IUCN dan dilindungi di undang-undang guyana. arapaima merupakan sumber makanan bagi penduduk setempat, sampai bulan desember 2001 pupulasi mereka di perkirakan kurang dari 800 ekor di wilayah hutan lwokara pada sistem lahan basah rumpununi.

Arapaima memiliki lidah sepanjang kurang lebih 15 cm pada saat dewasa dan bertulang permukaan kasar dan sering digunakan penduduk sebagai amplas atau kikir untuk menghaluskan permukaan kayu

Pada saat air dilingkungan ini menyusut dan kadar oksigen menurun arapaima akan menghirup angsung udara dari atmosfer dan apabila di lingkungan akan kering arapaima akan menggulungkan diri membentuk bola dan membenamkan diri dalam lubang sapai air akan datang kembali.

Di antara kita mungkin belum banyak yang tahu dengan Arapaima Gigas. Makhluk yang dianggap sebagai salah satu jenis ikan purba ini ternyata merupakan ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan yang habitatnya di Sungai Amazon, Amerika Selatan, ini kabarnya memiliki panjang hingga 4,5 meter.

Arapaima Gigas termasuk jenis ikan purba yang tidak berevolusi dan tidak terancam punah. Jenis ikan ini berkembang biak dengan aman karena Sungai Amazon yang menjadi habitatnya terjaga kelestariannya.
Bagi kita yang ada di Indonesia, bisa menyaksikan ikan ini di akuarium Museum Air Tawar, Taman Mini Indonesia Indah. Hanya saja, Arapaima Gigas yang hidup di aquarium biasanya tidak sebesar yang hidup di alam liar.

Ikan ini termasuk hewan karnivora. Dalam rantai makanan, arapaima berada di puncak rantai makanan dan menjadi predator (pemangsa) bagi hewan lainnya. Ikan ini melahap ikan-ikan kecil, menyantap udang, kepiting, lobster, serangga air, bahkan hewan darat yang terjebak di dalam air.
arapaima gigas
Sekilas ikan ini mirip dengan arowana. Maklum, mereka masih satu keluarga, yaitu family Osteoglossodae. Jika arowana sudah sangat sulit dicari di habitat aslinya, berbeda dengan arapaima yang masih cukup mudah ditemukan di sungai dan rawa-rawa di Amazon. Di daerah konservasi Mamiraua, Fonte Boa, Brasil, ikan arapaima masih sangat berlimpah.
Lebih dari itu, masyarakat yang hidup di sekitar daerah konservasi itu juga turut menjaga kelestarian alam, sehingga ikan arapaima tetap berlimpah. Penduduk yang tinggal di Mamiraua tidak menangkap ikan arapaima setiap hari. Mereka menangkap ikan kalau kondisi air sedang surut, yaitu pada Juli-November.
Saa itu, ikan-ikan akan terjebak ke dalam lubuk-lubuk sungai dan danau, sehingga mudah ditangkap. Laki-laki akan berbondong-bondong datang ke sungai untuk memanennya. Dan ketika sampai di rumah, giliran perempuan yang menanganinya.
dimasak
Tak hanya dikonsumsi pribadi, sebagian ikan tangkapan juga dijual di pasar sebagai daging ikan segar, sebagian lagi diiris-iris untuk dibuat ikan asin. Meski ikan mudah ditangkap, mereka tidak boleh asal tangkap. Penduduk setempat membuat aturan sendiri. Peraturan itu, di antaranya, mereka hanya boleh menangkap ikan yang benar-benar sudah besar atau dewasa.

Khusus untuk ikan arapaima, mereka hanya boleh menangkap maksimal 30 persen dari ikan arapaima yang sudah besar atau dewasa dengan ukuran minimal 1,5 meter. Dengan cara itu, ikan arapaima dewasa tetap bisa bertelur dan berkembang biak. Sedangkan ikan-ikan arapaima kecil bisa terus berkembang menjadi besar.
Bagi penduduk yang tinggal di wilayah konservasi Mamiraua, musim menangkap ikan arapaima menjadi puncak musim panen ikan yang penuh bahagia. (Intisari-Online/Kidnesia.com)

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:35

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.