Macam-macam Cara Mengatasi Sembelit (Susah Buang Air Besar)

Posted by

loading...

loading...
Cara Mengatasi susah buang air besar (Sembelit) dengan obat Alami (laksatif) 

Salah satu cara aman untuk mengatasi sembelit adalah dengan mengkonsumsi obat sembelit yang bersifat laksatif (pencahar). Banyak ditemukan di pasaran obat jenis ini karena termasuk obat bebas. Meski demikian, obat ini perlu hati-hati dalam mengkonsumsinya karena memiliki efek samping. Apalagi jika penggunaan dalam jangka panjang.

Cara yang paling bijak adalah dengan mengkonsumsi obat sembelit alami. Meskipun berbahan alami penggunaan sebaiknya dipakai secukupnya saja. Karena ketergantungan terhadap obat dapat menyebabkan elastisitas usus menjadi terganggu sehingga justru seseorang akan lebih sering mengalami masalah susah BAB.

Berikut beberapa perawatan rumahan untuk atasi sembelit menggunakan bahan-bahan alami, antara lain :

1. Tanaman Adas Manis (Pimpinella anisum)

2. Biji Kemiri (Aleurites moluccana)

3. Rimpang Temu mangga (Curcuma mangga Val.van Zip.)

4. Tanaman Klembak (Rheum officinale L.)

5. Asam Jawa (Tamarindus indica)

6. Daun Jambu monyet (Mede)

7. Biji Kemalakian (Croton tiglium)

8. Alga merah (Rhodophyta)

9. Rimpang Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza)

Beberapa referensi obat sembelit tradisional diatas merupakan yang seringkali digunakan oleh masyarakat. Jika masyarakat di sekitar anda memiliki referensi tanaman herbal lain. Silahkan berbagi informasi, tulis di kolom komentar.

Buah untuk mengatasi sembelit Pada dasarnya, hampir semua buah kaya akan kandungan serat. Itu artinya, baik untuk kesehatan organ pencernaan sebagai perawatan dan pencegahan. Namun sebagai pengobatan sembelit ada beberapa buah yang direkomendasikan agar lebih efektif dan lebih cepat menyelesaikan keluhan.

Cara Mengatasi Sembelit Dengan Buah-Buahan


Beberapa buah untuk mengatasi sembelit, antara lain :

1. Buah Amla (Plum)

2. Buah Tin

3. Jambu Merah matang

4. Jeruk

5. Buah Pepaya

6. Buah Pir

7. Mangga

8. Buah Kiwi

9. Strawberry

Konsumsi secara rutin buah dalam daftar diatas untuk merawat organ pencernaan berfungsi optimal.

Makanan untuk mengatasi sembelit Selain buah, ada juga beberapa referensi makanan untuk mengatasi atau mengurangi efek dari sembelit. Sayur masuk dalam daftar dibawah ini agar tidak bercampur dengan daftar buah.

Cara Mengatasi Sembelit Dengan Berbagai Jenis Makanan

Berikut beberapa makanan (dan minuman) untuk mengatasi sembelit, antara lain :

1. Yogurt

Makanan hasil dari fermentasi susu sapi murni ini terbukti sebagai probiotik yang salah satu fungsi utamanya adalah bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan dengan mendorong bakteri baik dalam tubuh. Selain yogurt, makanan minuman fermentasi (seperti cuka apel) dapat membantu meringankan keluhan sembelit.

2. Nata de coco

Menu makanan nikmat asli filipina ini biasanya dicampur pada hidangan penutup. Makanan ini terbuat dari fermentasi air kelapa. Tekstur kenyal kaya serat bagus untuk melawan konstipasi atau sembelit secara alami.

3. Aloe Vera (Lidah buaya)

Tanaman banyak dijumpai di Indonesia ini juga dapat digunakan sebagai makanan untuk mengatasi susah buang air besar. Daging batangnya bertekstur seperti gel dan berwarna transparan dapat dikonsumsi untuk memperbaiki fungsi pencernaan. Disarankan untuk mendapatkan Aloe Vera (lidah buaya) yang dijual dalam bentuk kemasan. Hal itu untuk mengantisipasi zat-zat yang tidak semestinya turut dimakan.

4. Rumput laut

Rumput laut segar maupun dalam bentuk olahan dan menjadi produk semacam agar-agar telah banyak ditemukan di pasar. Rumput laut diyakini sebagai laksatif atau pencahar yang sangat baik untuk mengobati konstipasi karena kaya akan kandungan serat.

5. Teh hijau

Tidak hanya di jepang dan negara-negara asia. Di eropa dan amerika, teh hijau telah dijadikan salah minuman wajib untuk menjaga kesehatan. Selain fungsi utamanya sebagai sumber antioksidan untuk menyerap radikal bebas dalam tubuh, teh hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan hingga masalah sembelit.

6. Jamur Shiitake

Sumber pangan satu ini dikenal memiliki khasiat obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Dan ternyata, kandungan fiber atau seratnya mencapai 42.5g tiap 100g-nya. Jumlah ini masih lebih banyak dibanding kandungan serat yang ada pada kedelai dengan jumlah hanya sekitar 17.1g.

7. Kismis

Kismis atau anggur yang dikeringkan ini mengandung serat tinggi. Bisa menjadi kudapan untuk mencegah maupun untuk mengatasi sembelit. Untuk mengurangi kadar gula didalamnya, dapat dilakukan perendaman dengan air hangat matang sebelumnya. Konsumsi malam hari sesudah makan malam agar keesokan harinya dapat buang air besar dengan lancar.

8. Sayuran

Sumber serat paling mudah ditemukan adalah pada sayur. Itu mengapa, sayur disebut sebagai salah satu makanan penurun berat badan. Sayur yang direkomendasikan untuk mengatasi susah buang air besar, antara lain, pare, kubis, bayam, brokoli, kangkung, jagung manis, kecambah (taoge) dan kacang-kacangan (seperti kacang tanah, buncis, lentils) serta biji-bijian (biji bunga matahari dan biji labu merah).

9. Ubi Jalar

Beta karoten banyak ditemukan dalam ubi jalar. Kandungan ini bagus untuk meningkatkan kecerdasan. Dan selain itu, Ubi jalar merupakan salah satu sumber serat dengan kualitas yang paling baik. Uniknya, serat dalam sumber pangan ini masih tetap terpelihara meskipun disajikan dengan cara dimasak terlebih dahulu termasuk dengan dipanggang.

10. Beras Meras

Bagi penderita sembelit kronis juga penderita diabetes. Disarankan untuk mengganti konsumsi nasi dari beras putih dengan beras merah. Hal itu karena beras merah mengandung antioksidan yang tidak ditemukan dalam beras biasa. Dan, beras merah juga mengandung 3.5 g serat dalam tiap satu cangkir-nya.

loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:47

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.