loading...

Kandungan Kolesterol Berbagai Jenis Makanan

Posted by

loading...

loading...
loading...
Jenis-jenis Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Sedang dan Rendah


Kolesterol sebenarnya zat yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah tertentu tetapi akan membahayakan kesehatan manusia jika berlebihan dalam tubuh. Cara bijaksana untuk membatasi asupan kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengetahui kandungan kolesterol dari berbagai jenis makanan sehingga kita bisa membatasi konsumsinya agar kolesterol dalam darah tidak berlebihan. 
Perlu dicatat Bahwa Kebutuhan Kolesterol orang dewasa diperkirakan sekitar 300 mg / hari. Angka ini adalah angka umum untuk kebutuhan normal perhari.
Berikut ini Daftar Jenis Makanan Berkolesterol Kategori Tinggi
Makanan Berkolesterol Kolesterol per 100 grams (Mg)
Otak Sapi 3100
Kuning Telur (sekitar 6 biji) 1085
Telur Ikan 588
Minyak Ikan 521
Daging Kijang 479
Telur Ayam 372
Ginjal Domba 337
Hati Babi 301
Mentega Cair 256
Mentega 250
Kerang Tiram 206
Lobster 200
Kepiting 127
Udang 125
Keju Kuning 108

Daftar Makanan Berkolesterol Kategori Sedang
Makanan Berkolesterol Kolesterol per 100 gr (mg)
Minyak Babi 95
Susu Kental Manis 76
Daging Sapi 72
Ikan 70
Daging Babi 70
Daging Ayam 64
Puding 51
Es Krim 47
Susu Evaporated 29


Daftar Makanan Rendah Kolesterol
Tidak semua daging itu mengandung kolesterol. Daging dengan jenis tertentu justru baik untuk dikonsumsi karena menyehatkan tubuh. Berikut ini jenis protein yang bisa dikonsumsi oleh tubuh : Makanan Berkolesterol 0
Jenis Makanan Kolesterol / 100 gram
Putih Telur Ayam 0
Teripang 0
Susu Sapi Non Cream 0
Susu Sapi Tanpa Lemak 0
Maksud dari tabel di atas adalah protein yang ada di dalam tabel tersebut baik untuk dikonsumsi hal itu dikarenakan per 10 gram dari protein tersebut tidak mengandung kolesterol sama sekali. Dikonsumsi dalam jangka panjang akan aman-aman saja.

Sebagai catatan tambahan, Produk Susu memang bagus untuk kesehatan. Namun jenis susu tertentu dan kopi tertentu bisa membuat kadar kolesterol tinggi dan juga mengakibatkan kegemukan.
Jenis Minuman Kadar Kolesterol
Susu Sapi 250
Susu Sapi Full Cream 280
Kopi Full Cream 380
Kopi Susu 230
Creamer Kopi 230
Minuman di atas merupakan minuman dengan kadar kolesterol tinggi. Ada baiknya tidak mengkonsumsi minuman tersebut. Untuk menjaga kadar kolesterol baik dan normal sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman dan makanan dengan kolesterol tinggi

Berikut ini daftar daging yang boleh dikonsumsi namun hanya sekali saja. Tidak boleh lebih dari 100 gram dan tidak boleh dikonsumsi berkali-kali. Maksudnya berkali-kali di sini adalah dalam seminggu tidak boleh mengkonsumsi dua kali. Minimal mengkonsumsinya sebanyak dua kali dalam sebulan dan diimbangi dengan aktivitas yang cukup.
Jenis Makanan Kadar Kolesterol / 100 gram (mg)
Daging Asap 98
Iga Sapi 100
Daging Sapi 105
Burung Dara 105
Burung Puyuh 120
Ikan Bawal 120
Tabel di atas merupakan daftar makanan yang mengandung kolesterol yang boleh dikonsumsi namun hanya sekali saja. Sebab jika dikonsumsi sebanyak dua kali dengan tempo berdekatan bisa menimbulkan kadar LDL naik. Semua kadar kolesterol di atas jika dikalikan sebanyak dua kali angkanya lebih dari 159. Oleh sebab itu makanan tersebut hanya bisa dikonsumsi sesekali saja.

Berikut ini merupakan daftar makanan yang harus masuk ke zona hati-hati Anda karena kandungan kolesterolnya sangat tinggi. Makanan ini boleh dikonsumsi tapi dengan intensitas jarang. Sehabis memakan makanan ini Anda harus melakukan akitivtas fisik untuk membakar lemak di dalam tubuh Anda.
Jenis Makanan Kadar Kolesterol / 100 gram (mg)
Daging Sapi Dengan Lemak 125
Gajih Sapi 130
Gajih Kambing 130
Sosis Daging Sapi / Ayam 150
Belut 185
Makanan di atas harus masuk ke zona hati-hati Anda. Lihatlah saja berapa kadar kolesterol yang ada di dalam makanan  tersebut. Terutama belut, sekali konsumsi saja kadarnya adalah 185 dan melebihi dari angka 159.

Seafood Berkolesterol Yang Dapat dikonsumsi kategori Jarang

Indonesia penduduknya memiliki hobi dalam memakan seafood. Namun tahukah Anda jika seafood juga tergolong makanan  dengan kadar kolesterol yang tinggi. Seafood digolongkan dalam makanan dengan zona hati-hati.
Jenis Makanan Kadar Kolesterol / 100 gram (mg)
Kepiting 150
Udang 125
Siput 160
Kerang 160
Lobster 150
Rajungan 150
Undur-Undur 144
Bagi yang hobi seafood boleh saja memakan jenis seafood dalam tabel di atas namun harus dalam intensitas jarang. Apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga atau aktivitas fisik. Akibatnya kolesterol akan mengendap di dalam tubuh Anda. Sekali saja mengkonsumsi seafood kadar kolesterolnya melebihi batas LDL normal yaitu sekitar 159. Bersikap bijaklah ketika mengkonsumsi makanan seafood.

Banyak masyarakat yang mengindahkan bahaya kolesterol tersebut dikarenakan sudah terlanjur gemar mengemil. Berikut ini ada daftar camilan yang tidak boleh sering dikonsumsi :
Jenis Camilan Kadar Kolesterol / 100 gram (mg)
Keju 140
Camilan Mengandung Santan 185
Camilan Mengandung Cokelat 290
Kue Kering 300
Camilan Dengan Bahan Mentega 300
Camilan Dengan Bahan Kuning Telur 300
Camilan di atas memang lezat, namun lihatlah kadar kolesterol di dalamnya sangat tinggi dan juga berbahaya bagi tubuh. Sekali saja mengkonsumsi camilan tersebut sudah menghasilkan kadar kolesterol tinggi. Camilan tersebut dikategorikan dalam camilan berbahaya.

Jeroan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi


Jeroan merupakan jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Memang rasanya sangat lezat dan juga gurih. Namun siapa sangka jika mengkonsumsi jeroan terlalu sering bisa menyebabkan gangguan jantung. Gangguan jantung tersebut dikarenakan lemak jenuh pada jeroan menempel pada pembuluh darah di jantung.
Jenis Jeroan Kadar Kolesterol / 100 gram (mg)
Jeroan Sapi 380
Jeroan Kambing 610
Jeroan Ayam 340
Jeroan Kerbau 360
Jeroan Kelinci 320
Jeroan paling banyak kolesterolnya diduduki oleh jeroan kambing. Jika mengkonsumsi jeroan kambing dampak pertamanya adalah akan mengalami hipertensi kemudian disusul kolesterol dan asam urat yang tinggi.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:35

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.