Cara Memelihara dan Beternak Ikan Guppy

Posted by

Loading...

IKAN GUPPY, SI KECIL YANG LUCU DAN INDAH

Ikan guppy (Poecilia reticulata) Adalah salah satu ikan hias aquarium yang banyak dijual di toko ikan. Ukurannya tisak besar dan mempunyai warna corak yang sangat indah. Habitat ikan ini dialam berada di danau, Sungai berarus kecil, parit sampai selokan. Ikan ini hidup di air tawar yang jernih, Tak jarang ikan ini sering jadi acuan terhadap kualitas air di suatu daerah. Di Indonesia ikan ini mempunyai banyak sebutan, Gapi, Gepi, Cere, Cetol, dll. Ikan in adalah ikan asli dari Amerika Tengah dan Selatan. Gupi dimasukkan ke Indonesia sebagai ikan akuarium pada sekitar tahun 1920an, namun kemudian terlepas atau dilepaskan ke perairan bebas. Dari situlah kemudian ikan guppy mulai menyebar di perairan indonesia. Ikan guppy mempunyai banyak jenis. Pada umumya jenis ikan guppy dibedakan berdasarkan bentuk ekornya. Kemudian daripada itu, warna ikan guppy juga dibedakan menjadi bebrapa jenis, contoh: Guppy Metalik, Guppy Cobra, Guppy Japan Blue, Guppy Blue Moscow, Guppy Redlace Snakeskin, Guppy Mozaic, Guppy Grass Blue, Guppy Black Moscow, Guppy Super Red Singapore.
 






















Guppy adalah ikan yang mengerami telurnya di dalam perut. Betina ikan ini dapat menyimpan sperma sang jantan hingga mengalami 3 kali kehamilan tanpa pejantan. Membahas ikan ini emang gak akan ada abisnya. Dilihat darimanapun ikan ini tetap Eksotis dan indah. Selain indah ikan ini cukup mudah untuk di  budidayakan. Gak akan afdol kalo kita ga bahas bagaimana cara membudidayakan ikan ini hinga menghasilkan untung puluhan juta rupiah perbulan dari ikan kecil ini.


1.Peralatan pemijahan
  •  Wadah/tempat
  • Aerator atau plupukan
  • Tanaman air 
Wadah pemijahan bisa berupa bak plastik, Kolam semen, atau aquarium kaca.
  Wadah di bagi menjadi 3 bagian
2 wadah pemisahan indukan
1 wadah pemijahan
1 wadah pembesaran larva/burayak
2.Memilih Indukan Yang Baik 

  Perbedaan Jantan dan betina adalah. Jantan mempunyai tubuh ramping, Corak wrna yang terang, Dan ekor yang menjulung panjang.
Sedangkan betina mempunyai tubuh membulat, Warna yang lebih kusam, Dan ekor yang pendek


Indukan Yang baik untuk dipijah minimal berusia 4 bulan atau lebih. Kesiapan usia perkawinan juga mempengaruhi anak dari hasil pemijahan.

3.Penjodohan

Ikan guppy bisa dikawinkan secara massal dan Berpasangan.

   Jika dikawinkan secara berpasangan. jumlah ikan betina yang dibuahi lebih terkontrol dan kemungkinan hamil diatas 90%  Sementara jika berkoloni atau massal ikan betina
yang dibuahi kemungkinannya hanya 70%
keuntungan dari pemijahan jenis ini adalah Hemat tempat.

    Komposisi pemijahan antara pejantan dan ikan betina biasanya 1: 5. Tapi jika Anda ragu semua perempuan dibuahi, komposisi dapat diubah 1: 2. Masukkan induk betina pertama di pagi hari.
Kemudian pada sore hari bisa menempatkan induk jantan. Pada pemijahan, tidak semua ikan bertelur pada hari yang sama. Biasanya proses pemijahan dibiarkan berlanjut selama 4-7 hari. Perempuan segera dipisahkan dibuahi ke dalam wadah penetasan.

Masa kehamilan ikan ini berkisar antara 21–30 hari (rata-rata 28 hari) bergantung pada suhu airnya. Suhu air yang paling cocok untuk berbiak adalah sekitar 27 °C (72 °F)

     Seekor induk gupi dapat melahirkan burayak (anak ikan) antara 2–100 ekor pada setiap kelahiran, namun kebanyakan antara 5–30 ekor saja. Beberapa jam setelah persalinan, induk gupi telah siap untuk dibuahi lagi.  Jika sudah melahirkan biasanya burayak dipisahkan dari induknya.

      dihawatirkan burayak akan dimangsa sang induk. 3 hari pertama burayak tidak berlu diberi makan. Hari berikutnya ikan diberi makan Infusoria, Kutu air yang telah disaring, Kuning telur, Artemia, Dll hingga burayak berusia setidaknya 15 hari.  Setelah berusia diatas 15 hari anak ikan bisa diberi makan Kutu air, Cacing sutra, Pelet halus, dan lain lain.

Ikan ini baru bisa dipanen setelah 3-4 bulan. Biasanya ikan ini Dipasarkan melalui internet dan menawarkannya kepada penjual ikan di toko ikan. Pemasaran melalui internet lebih banyak mendapatkan respon dan harga yang didapat jauh diatas Rata-rata. Karna di internet kebanyakan penghobi ikan hias dan para aquascaper memburunya untuk koleksi aquariumnya.

Sumber:http://kolamdepanrumah.blogspot.co.id

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:13

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.