Berbagai Cara Sedekah Yang Bisa Dilakukan Kapan Saja

Posted by

loading...

Tak Hanya Uang, Sedekah Ini Bisa Dilakukan Setiap Saat

"Tiap muslim wajib bersedekah. Para sahabat bertanya, “Bagaimana kalau dia tidak memiliki sesuatu?”

Nabi Shalallaahu 'alaihi wassalam menjawab, “Bekerja dengan keterampilan tangannya untuk kemanfaatan bagi dirinya lalu bersedekah.”

Mereka bertanya lagi. Bagaimana kalau dia tidak mampu?” Nabi menjawab: “Menolong orang yang membutuhkan yang sedang teraniaya”

Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi menjawab: “Menyuruh berbuat ma’ruf.”

Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi Saw menjawab, “Mencegah diri dari berbuat kejahatan itulah sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sahabat, sedekah merupakan segala bentuk kebaikan yang kita berikan untuk orang lain maupun diri sendiri. Sayangnya banyak yang masih kurang kreatif dalam bersedekah, begitu tidak memiliki uang, langsung merasa tidak bisa bersedekah lagi.

Padahal sedekah tetap bisa dilakukan bahkan tanpa mengeluarkan uang, kita bisa bersedekah dengan barang-barang yang kita miliki, yang mungkin sudah tidak kita gunakan lagi namun untuk orang lain barang tersebut adalah sesuatu yang amat berharga.

Berikut ini beberapa bentuk sedekah alternatif yang dapat diberikan, tanpa menggunakan uang, namun in syaa Allah berguna untuk orang lain:

1. Sedekah makanan
“Ada seseorang yang bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam; “Islam manakah yang paling baik?” Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Kamu memberi makan, mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal” (HR. Bukhari no.5767)

Ternyata bersedekah makanan itu merupakan salah satu hal paling baik yang bisa kita lakukan untuk orang lain, bahkan Rasulullah menyebutkan ada kamar di surga yang disediakan untuk orang yang memberi makan bagi orang yang memerlukan.

“Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.” Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia tidur.” (HR. Tirmidzi no. 1984. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Tentu saja kita tak boleh ragu lagi dalam menyiapkan makanan-makanan ringan maupun berat untuk orang di sekitar kita yang sekiranya memerlukan. Memang tampak remeh dan kecil, tapi dampaknya tidak ringan loh.

Ada kisah yang cukup populer mengenai Dr Howard Kelly, ternyata di masa kecilnya ia pernah ditolong dengan pemberian segelas susu. Hanya segelas susu memang, namun saat itu ia sedang amat kelaparan dan dalam kondisi lemah, sehingga segelas susu yang diterimanya dari seorang wanita muda di sebuah rumah, membuatnya amat terkesan dan tak bisa melupakan kebaikan tersebut, singkat cerita.

Puluhan tahun setelah itu, Dr Howard Kelly berhasil 'membalas' kebaikan segelas susu itu dengan membantu menyembuhkan penyakit wanita yang dulunya memberi segelas susu tersebut. Sungguh kisah yang mengharukan.

2. Sedekah pakaian
Setiap kali membeli pakaian baru, ingatlah untuk mengeluarkan pakaian lama dari dalam lemari, dan sedekahkanlah pada mereka yang memerlukan. Bisa jadi baju-baju lama kita menumpuk tinggi dalam lemari, teronggok tidak terpakai. Bukankah menyedekahkannya dan membuat orang lain bahagia mendapat baju-baju tersebut adalah salah satu cara bersedekah yang simple?

3. Sedekah tenaga
"...Membantu orang lain dengan mengangkat barang ke atas binatang tunggangan adalah sedekah. Satu kalimah yang baik adalah sedekah. Setiap langkah untuk mengerjakan solat adalah sedekah dan membuang sesuatu berbahaya di jalanan adalah sedekah. (HR. Bukhari).

Luar biasa bukan? Ternyata membantu mengangkatkan barang orang lain bisa bernilai sedekah, membuang sesuatu yang berhaya di jalan raya seperti duri, paku, atau dahan pohon juga terhitung sedekah, dan yang jelas... bekerja dengan mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki pun termasuk sedekah.

"Tidaklah ada satu pekerjaan yang paling mulia yang dilakukan oleh seseorang daripada pekerjaan yang dilakukan dari tangannya sendiri. Dan tidaklah seseorang menafkahkan hartanya terhadap diri, keluarga, anak dan pembantunya melainkan akan menjadi shadaqah.”(HR. Ibnu Majah)

4. Sedekah waktu
Ternyata 'mendonasikan' waktu kita untuk menemani orang lain bisa bernilai sedekah, bahkan nilainya lebih besar daripada beritikaf di masjid Nabawi selama sebulan.

“Sungguh aku berjalan bersama seorang saudara (muslim) di dalam sebuah keperluan lebih aku cintai daripada aku beri’tikaf di dalam masjid ku (masjid Nabawi) ini selama sebulan.” (H.R. Ath Thabrani)

Padahal, nilai shalat di masjid Nabawi seribu kali lebih baik dari nilai shalat di masjid lain, artinya... meluangkan waktu untuk sekadar menemani saudara kita menuntaskan hajat keperluannya setara dengan puluhan ribu kali shalat di masjid? Sungguh fantastis bukan? Mengapa kita enggan menemani orangtua atau saudara sesama muslim untuk menyelesaikan urusan mereka?

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Shalat di masjidku ini lebih baik dari pada 1.000 kali shalat di masjid-masjid lain, kecuali Masjidil Haram." (HR Muslim)

Sahabat, semoga kita terinspirasi untuk senantiasa bersedakah dengan apapun yang kita miliki. (SH)

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:10

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.