Mengenal BBIB Lembang, Pusat Inseminasi Buatan

Posted by

loading...



Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang didirikan tahun 1975 dan diresmikan oleh Menteri Pertanian RI dan Wakil Perdana Menteri Selandia Baru pada tanggal 3 April 1976.Sebagai BIB pertama di Indonesia, diberi mandat pemerintah untuk memproduksi semen beku ternak sapi perah dan sapi potong, dalam rangka memenuhi kebutuhan pelaksaan Inseminasi Buatan(IB) di Indonesia agar tidak selalu tergantung pada semen beku impor.


Dalam perkembangan BIB Lembang sejak berdiri sampai dengan sekarang terlah diproduksi semen beku benih unggul dari 31.423.000 dosis yang telah disebarkan ke daerah-daerah pelaksana IB di Indonesia.
Saat ini luas keseluruhan Lahan BIB Lembang ± 22.9 Ha
  • Luas Bangunan, Kandang Dan Jalan ± 32 Ha
  • Luas Line Bull ± 1.8Ha
  • Luas Kebun Rumput ± 17.9Ha
Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang merupakan sentral inseminasi buatan yangh tertua di Indonesia. Balai ini berdiri sejak 36 tahun lalu, tentu perannya bagi dunia peternakan sudah sangat banyak.Visi BIB Lembang adalah menjadi produsen semen beku terdepan pada 2015 yang bersih, efisien, dan berprestasi melalui teknologi Inseminasi Buatan untuk kesejahteraan masyarakat peternak.

Saat ini BIB Lembang mempunyai pejantan unggul sapi potong (Ongole, Brahman, Simmental, Limousin, Black Limousin, Brangus dan Angus), sapi perah (Friesian Holstein), kambing potong (Boer), kambing perah (Peranakan Etawa, Saanen, dan Alpine), Domba Garut dan Domba Texel Wonosobo dengan berbagai kriteria: Performance Bull, Register Bull, maupun Provent Bull. Semua pejantan unggul tersebut sudah ditampung dan diproduksi semennya secara massal sehingga peternak dapat memperoleh semen beku kami baik secara pembelian langsung (Harga semen beku @Rp. 8.000,- per dosis - Kelas A dan @Rp. 7.000,- per dosis - Kelas B franco BIB Lembang, sesuai PP No. 48 Tahun 2012 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP yang berlaku pada Kementerian Pertanian), Kerjasama Operasional (KSO) maupun alokasi DIPA.

Dalam perkembangannya, BIB Lembang sejak berdiri sampai dengan sekarang telah memproduksi semen beku benih unggul lebih dari 28 juta dosis yang telah disebarkan ke daerah - daerah pelaksana IB di Indonesia.

Demi memberikan pelayanan prima pada masyarakat, di penghujung TAHUN 2012 BIB Lembang telah menyelesaikan gedung promosi dan diresmikan pada 18 Januari 2012 oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Bpk. Ir. Syukur Iwantoro, M.S, MBA dengan pengguntingan pita dan penulisan plakat dari kulit domba. Pada acara tersebut dihadiri mitra KSO, Stakeholder dan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat karena waktunya bersamaan dengan rapat koordinasi KSO.

Gedung promosi berisi ruang display yang memuat informasi tentang Tupoksi Balai, Sumber Daya Manusia (SDM), Jumlah ternak dan jenisnya, produksi dan distribusi semen beku dari tahun 1976 s/d 2011, Piala SPI terhandal tiga tahun berturut - turut dari tahun 2009, 2010, dan 2011 serta piala penghargaan lainnya.

Di gedung promosi juga dilengkapi grafik PNBP dari tahun 1976 s/d 2011, foto berbagai kegiatan: Kerjasama Operasional (KSO), kerjasama bidang lainnya baik dari dalam maupun luar negeri, Bimbingan Teknis (Bimtek), Monitoring Evaluasi (Monev) ke berbagai provinsi di Indonesia, Kegiatan fungsional Medik, Paramedik, Pengawas Bibit Ternak dan Pengawas Mutu Pakan. Pada ruangan lain difungsikan sebagai museum yang berisi peralatan yang digunakan pada masa lampau untuk produksi semen beku. Sementara pada ruangan yang paling ujung pengunjung dapat bernostalgia dengan melihat foto-foto gedung BIB Lembang mulai dari pertama kali balai ini didirikan sampai dengan sekarang beserta pejabat yang pernah memimpin di balai tercinta ini.

Majulah Balai Inseminasi Buatan Lembang, Jayalah Peternak Indonesia

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:50

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.