Mangalitsa, Babi Hungaria Yang Mirip Domba

Posted by

loading...
Ini Bukan Hasil Persilangan Babi dengan Domba! Jenis Babi Yang Bernama Mangalitsa Ini Adalah Babi Asli Hanya Saja Berbulu Seperti Domba
Mangalitsa adalah jenis babi yang paling populer di daerah Balkan,sehingga 1950 (terdapat 30.000 babi jenis ini di Hungary pada tahun 1943). Mangalitsa bukanlah spesies yang benar-benar baru. Babi ini mulai dikembangkan di abad 19, sekitar tahun 1830, dari persilangan antara babi jenis Bakonyi dan Szalontai asal Hungaria dengan babi Sumadia asal Serbia. Persilangan itu menghasilkan babi yang aneh. Jika biasanya babi tidak memiliki bulu, babi Mangalitsa ini memiliki bulu tebal seperti biri-biri.

Sebagian Mangalitsa berbulu coklat kehitam-hitaman, namun ada pula yang berbulu putih. Kondisi berbulu seperti inilah yang sering mengindikasikan mangalitsa seperti biri-biri. Pada 2006, Mangalitsa mulai diimpor ke Inggris. BBC mengakui, orang yang pertama kali melihat mereka pasti akan berpikir bahwa mereka adalah domba. Mangalitsa merupakan species babi dengan harga yang sangat mahal. Mangalitsa mengandung lemak antara 65-70%, sehingga hanya diminati hanya oleh kalangan tertentu di Hungaria dan beberapa negara Eropa lainnya.



Tampilan babi yang unik ini dengan bulu yang benar-benar mirip domba sempat memunculkan isu bahwa babi ini adalah hasil persilangan dengan domba, ini adalah hoax. Babi tidak akan mungkin bisa disilangkan dengan domba karena beda spesies dan tentunya beda jumlah kromosomnya, jadi secara ilmu genetika tidak mungkin dikawin silangkan. Hewan yang bernama mangalitsa ini adalah benar-benar babi.

Mangalitsa atau Mangalitca adalah seekor babi langka asal Hungaria. Tampilan dari hewan bermoncong panjang tersebut begitu unik, bahkan sekilas tak seperti babi pada umumnya.
Babi Mangalitsa yang diternak di Eropa, banyak dijumpai di Austria dan Hungaria. Sekali lagi, ini adalah babi, bukan domba.
Mangalitsa memiliki bentuk bulu keriting yang melapisi tubuhnya. Selain itu, warna dari 'rambut' hewan ini cukup bervariasi, mulai dari hitam, merah, bahkan yang paling banyak ditemui adalah pirang.

Seperti di negara-negara lain pada umumnya, babi ini diternak untuk diambil dagingnya. Bukan kulitnya. Karena mereka adalah babi, bukan domba. Hanya saja penampilannya mirip domba, tapi mukanya benar benar babi.
Sekilas, bentuk fisik babi langka ini sangat mirip dengan domba. Sayangnya, Mangalitsa kini diketahui hampir punah sejak era 1990-an lalu. Setidaknya, hanya tersisa 200 spesies hewan seperti ini di dunia.

Mangalitsa disinyalir mulai dikembangbiakan mulai 1830 di kekaisaran Austro-Hungaria. Diketahui Archduke Joseph Anton Johann, salah satu putra dari Kaisar Romawi itu menerima seekor hewan itu. Setelah nya, babi Mangalitsa begitu populer dan diternak oleh orang-orang di Eropa, demikian dilaporkan Amusing Planet. Sekali lagi perlu dicatat bahwa binatang ini adalah benar-benar babi, salah satu dari berbagai macam jenis babi yang ada di dunia, bukan silangan dengan domba atau ternak lain yang beda spesies.

Menurut para ahli perhewanan IPB, Mangalitsa merupakan nama untuk satu spesis binatang, yaitu: Babi Berbulu seperti Biri-biri, atau dalam bahasa Hungaria dikenal dengan istilah Mangalica yang dikenal sebagai Hog kerinting rambut. Babi Mangalitsa merupakan babi jenis lain yang mempunyai bulu yang panjang, yaitu jenis “Lincolnshire Curly Coat of England”. Sebelumnya Mangalitsaditernak untuk mendapatkan lemak babi.

Diolah dari berbagai sumber

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:49

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.