loading...

Tips Cara Mengatur Modal dan Keuntungan Bisnis Makanan

Posted by

loading...

SISTEM MANAJEMEN MODAL BISNIS KULINER

Bagi yang mau bisnis kuliner rumah makan atau warung makan banyak yang belum tau cara mengatur perputaran modalnya. Berikut saya kasih beberapa contoh sistem yang pernah saya lakukan juga kawan-kawan lain lakukan, silahkan dicontoh mana yang paling cocok untukmu.

1. SISTEM PUTAR TERUS
Misal punya warung makan dengan target omzet 3 juta perhari, rata-rata margin bisa 100% (modal bahan baku 50% nya) maka yang dilakukan: modal awal 1,5 juta untuk bahan baku, selanjutnya di hari-hari berikutnya selalu menyisihkan uang minimal 1,5 dari omzet untuk beli bahan baku, jika omzet naik maka dinaikan biaya belanjanya. Omzet dikumpulkan di satu rekening, putar terusss sampai nanti akhir bulan tersisa uang berapa, dikurangi biaya sewa tabungan tempat dan gaji karyawan, sisanya itulah profit bersih dalam sebulan.

2. SISTEM POTONG DI DEPAN
Ada beberapa rumah makan yang sudah punya perhitungan rata-rata profit bersih sehari adalah 20% dari total omzet, maka mereka langsung menyisihkan 20% tanpa ampun tiap tutup buku harian, 80% diputar terusss untuk modal bahan baku, naik turun tidak masalah. Misal begini:
Tanggal 1, omzet 2 juta, 20% nya 400 ribu langsung sisihkan ke rekening khusus.
Tanggal 2, omzet 2,5 juta, 20% nya 500 ribu langsung tabung ke rekening khusus.
Tanggal 3, omzet 2,3 juta, 20% nya 460 ribu langsung disimpan
Begitu seterusnya sampai sebulan..
Naah uang yang terkumpul itulah profit dalam 1 bulan, ternyata sisa modal kurang untuk gaji karyawan, maka bisa diambil dari simpanan itu. Begitu juga dengan tabungan sewa tempat.

3. SISTEM MODAL TETAP
Dari awal bukan sudah ditetapkan modal uang senilai 1 kali omzet ditahan. Misal omzet harian ingin 4 juta, maka sejak awal sudah disiapkan dana 4 juta yang diputar untuk modal bahan baku, dana itu tidak bisa diambil.. misal omzet harian misal 5 juta, maka diambil dulu untuk menggenapi modal awal 4 juta, (sisa bahan baku diperkirakan dihitung di dapur dan dinominalkan), sisanya baru ditabung. Bisa tuh omzet 5 juta, setelah dikurangi modal tetap nabung 1,5 juta/hari.
Setelah satu bulan ditotal, dikurangi gaji karyawan dan tabungan sewa tempat, itulah profit bersih.

Berapa harus menabung untuk sewa tempat dalam sebulan?
Gampaaang... misal sewa tempat setahun 50 juta, maka dibagi 12 bulan, jadinya tiap bulan wajib nabung 4,2 juta.. tidak boleh diotak atik agar tahun depan waktu perpanjang tempat dana sudah tersedia!

Nyimpen dana di bank untuk perputaran uang usaha boleh nggak mas?
Boleh kok.. karena akadnya jasa, kalo mau yang bersih tanpa bunga bisa ke bank syariah, ada tabungan wadiah tanpa bunga..
baca disini yaa: https://konsultasisyariah.com/10579-hukum-menabung-di-bank.html

Silahkan dipelajari mana yang paliiing cocok untuk usahamu..
jika usaha sudah jalan, jangan lupa sedekahnya terus dipertahankan!

Salam,
@Saptuari

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 04:15

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.