loading...

Tepung Ikan Sebagai Sumber Protein Pakan Ayam

Posted by

Penggunaan Tepung Ikan Untuk Pakan Ayam
Hingga kini tepung ikan belum dapat digeser oleh bahan lain, dan di Indonesia masih besar sekali peranannya baik untuk menyusun ransum Ayam Ras maupun Ayam Buras. Beberapa bahan makanan lain yang juga diberikan kepada ayam umumnya hanya sebagai tambahan atau pelengkap.
Tepung ikan masih terus digunakan untuk menyeimbangkan kebutuhan asam amino. Walaupun demikian jumlah yang digunakan kurang dari 10 %, dengan alasan khawatir mempengaruhi bau pada daging dan telurnya. Tetapi dari beberapa penelitian yang dilakukan, dengan kandungan tepung ikan antara 18-26 % dari total ransum, ternyata tidak mempengaruhi bau pada daging.


Pengolahan Tepung Ikan

Tepung ikan yang ada di Indonesia umumnya diimpor dari Thailand, Chili dan negara lainnya. Memang aneh kedengarannya, Indonesia sebagai negara bahari ternyata tidak mampi menghasilkan tepung ikan bagi ternak. Kualitas tepung ikan juga berbeda-beda, menurut sumbernya. Tepung ikan lokal kerap kali dicampur dengan urea atau pasir laut. Memang banyak pihak melakukan kecurangan dalam hal ini.

Tepung ikan berasal dari Chili, dalam beberapa kasus dapat menimbulkan Gizzerosin, yaitu ayam mati mendadak karena muntah darah hitam, bila dibuka pada bagian gizzarnya akan terlihat dinding gizzar hancur luluh. Penyakit ini disebabkan tepung ikan yang berasal dari Chili mengandung racun. Mortalitas dapat mencapai 17-19 % dari total ayam yang dipelihara. Tetapi umumnya tepung ikan impor berkualitas lebih baik dari pada tepung ikan lokal.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:07

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.