loading...

Rumus dan Pengertian Usaha, Daya dan Energi

Posted by

loading...

loading...
loading...

Pengertian Usaha dan Energi

A.      Usaha dan Energi
1)             Usaha
a.       Pengertian Usaha
Usaha merupakan sesuatu yang dilakukan oleh gaya  pada sebuah benda, yang menyebabkan benda bergerak. Usaha dikatakan telah dilakukan hanya  jika  gaya  menyebabkan  sebuah  benda  bergerak.  Usaha didefinisikan sebagai hasil kali gaya dan perpindahan yang terjadi. Bila usaha kita simbolkan dengan W, gaya F, dan perpindahan s, maka
W = F . s  
Baik  gaya  maupun  perpindahan  merupakan  besaran  vektor.  Sesuai  dengan  konsep perkalian  titik  antara  dua  buah  vektor,  maka  usaha W  merupakan  besaran  skalar.  Bila  sudut yang  dibentuk  oleh  gaya F,  dengan  perpindahan  s  adalah  0,  maka  besaranya  usaha  dapat dituliskan sebagai:
W = (F cos α) s
W = F s cos α   ……….. (5.2)
Dalam sistem satuaan SI, satuan usaha adalah joule, yang dilambangkan dengan huruf J. Satu  joule  didefinisikan  sebagai  besarnya  usaha  yang  dilakukan  oleh  sebuah  gaya  1  newton yang  bekerja  searah  dengan  perpindahan  benda,  yang menyebabkan  perpindahan  sejauh  1 meter. Dengan demikian,
1        joule = 1 newton x 1 meter
 1 j = N m 
Untuk  usaha  yang  lebih  besar,  biasanya  menggunakan satuan  kilojoule  (kJ)  dan  megajoule (MJ).
                            1 kJ   = 1000 J
                            1 MJ = 1000 000 J
b.      Daya
Konsep usaha ternyata belum memberikan informasi yang lengkap tentang perpindahan benda akibat pengaruh gaya. Benda yang melakukan usaha yang besarnya sama bisa berada dalam beberapa kondisi. Ada yang dapat melakukan usaha tersebut dengan sangat cepat, adayang membutuhkan waktu sedang dan ada yang membutuhkan waktu yang sangat lambat.
Untuk membedakan waktu yang di;perlukan benda untuk melakukan usaha yang sama besar, perlu didefinisikan besaran fisika yang disebut daya. Besaranini mengukur seberapa cepat benda melakukan usaha. Daya adalah usaha yang dilakukan benda setiap sekon.
Berdasarkan definisi di atas,daya dirumuskan sebagai :
2)        Energi
a.         Pengertian Energi
Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Usaha adalah segala sesuatu yang dikerjakan oleh manusia, namun dalam ilmu fisika pengertian usaha adalah hasil kali gaya dengan perpindahan benda yang searah dengan gaya ( W = F x s).
Energi dan Usaha memiliki satuan Joule. Joule adalah seorang ilmuan Inggris yang berhasil membuktikan bahwa kalor tak lain adalah suatu bentuk energi dan berhasil mematahkan teori yang mengemukakan bahwa kalor sebagai zat alir. 1 Joule adalah besar usaha yang dilakukan oleh gaya satu newton untuk memindahkan suatu benda searah gaya sejauh satu meter.
b.         Bentuk-Bentuk Energi
1.        Energi Kimia
Energi kimia adalah energi yang dihasilkan dari bahan-bahan kimia baik alami maupun buatan. Contoh energi kimia antara lain: kandungan energi yang terdapat pada berbagai jenis makanan dan minuman, bahan bakar minyak (seperti bensin, minyak tanah, solar, dsb), larutan aki dalam baterai, dan lain sebagainya.
2.    Energi Mekanik
Energi mekanik adalah energi yang berhubungan dengan gerak atau kemampuan benda untuk bergerak. Contohnya air terjun, angin, kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Energi mekanik dibagi menjadi 2 jenis yaitu: Energi Kinetik dan Energi Potensial.
Energi Kinetik adalah energi yang dimiliki benda karena geraknya atau karena kelajuannya. Contoh mobil yang bergerak dengan kelajuan tinggi. Energi Potensial adalah energi yang dimiliki benda karena posisinya. Energi Potensial merupakan energi yang tersimpan dan siap digunakan. Contohnya anak panah memiliki energi potensial jika dilepaskan dari busurnya oleh sang pemanah.
3.    Energi Bunyi
Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan dari getaran partikel-partikel udara dari sumber bunyi. Saat tape recorder atau televisi dinyalakan, maka speaker dari kedua alat itu akan menggetarkan partikel-partikel udara yang ada disekitarnya hingga sampai ke telinga. Dan partikel udara tersebut akan menggerakkan gendang telingga hingga pada akhirnya kita bisa mendengar bunyi.
4.                Energi Kalor
Energi kalor adalah energi yang dihasilkan dari gerak internal partikel-partikel dalam suatu zat. Partikel itu akan saling bergerak dan bersinggungan dengan partikel lainnya hingga akan terjadi peristiwa gesekan. Gaya gesek itulah yang menyebabkan benda menjadi memanas.
5.    Energi Cahaya
Energi Cahaya adalah energi yang dihasilkan dari radiasi gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan zat perantara untuk merambat, contohnya cahaya matahari. Energi cahaya dapat dimanfaatkan menjadi energi lainnya menggunakan alat yang disebut dengan panel surya.
6.                Energi Listrik
Energi Listrik adalah energi yang dihasilkan oleh muatan listrik yang bergerak melalui kabel. Energi listrik adalah adalah energi yang paling banyak diubah menjadi bentuk energi lainnya, seperti energi kalor pada alat pemanas merupakan hasil konversi dari energi listrik yang dibuah menjadi energi kalor oleh alat pemanas.
7.    Energi Nuklir
Energi Nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh reaksi inti dari bahan radioaktif. Bahan radioaktif adalah bahan-bahan yang memiliki senyawa yang tidak beraturan. Energi nuklir dibagi menjadi 2 jenis yaitu fisi (membelah) dan fusi (bergabung).
c.       Hukum Kekekalan Energi
Bunyi Hukum Kekekalan Energi yaitu Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi dapat diubah dari bentuk satu menjadi bentuk lainnya
d.   Konsep Energi dan Perubahannya

Dari pernyataan Hukum Kekekalan Energi diatas, dinyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi hanya dapat diubah bentuknya. Dari pernyataan itu dapat diambil kesimpulan bahwa suatu bentuk energi yang tidak bisa dimanfaatkan secara langsung dapat diubah bentuknya agar lebih bermanfaat. Seperti contoh diatas energi listrik tidak bisa dimanfaatkans secara langsung untuk merapikan pakaian, tetapi harus diubah dulu menjadi kalor oleh setrika agar dapat dimanfaatkan untuk menyetrika pakaian.
 
 

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:46

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.