loading...

Perbedaan Anggrek Epiphyt dan Terrestris, Tips Cara Menanamnya

Posted by

loading...
Cara Menanam Jenis Anggrek Epiphyt Dalam Pot Tanah


Jenis anggrek berdasarkan media tumbuhnya dibedakan menjadi dua macam yaitu anggrek yang bersifat epiphyt dan anggrek yang terrestris. Apa perbedaan dua jenis anggrek tersebut:
  • Anggrek Epiphyt yaitu tanaman anggrek yang hidup menempel pada tanaman lain tetapi tidak mengganggu tanaman yang ditempeli.
  • Anggrek Terrestris yaitu tanaman anggrek yang hidup ditanah. Biasanya hidup pada tanah berhumus yang subur. Atau dikenal juga dengan sebutan anggrek tanah.
Cara menanam anggrek epiphyt bisa dengan ditanam pada pot atau yang paling umum adalah ditempel pada batang pohon atau pada pakis dan digantungkan didinding.

Cara Menanam Anggrek Dalam Pot
  • Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menanam dipot adalah :
Penanaman Anggrek dengan media Pot Plastik, Pot Tanah dan Pot Semen.
Pot yang akan dipakai sebaiknya pot baru tapi bisa jua menggunakan pot bekas namun harus dengan perlakuan terlebih dahulu. Pot bekas biasanya ditumbuhi lumut, jamur bahkan mungkin bakteri. Dan mungkin pot telah asam. Untuk itu harus dibersihkan sampai betul-betul bersih.
  • Tiang penahan batang tanaman.
Lebih baik dibuat dari kawat dengan diameter 2~4 mm. Disamping kokoh juga tahan lama. Fungsi dari tiang ini adalah untuk menyangga tanaman agar tidak goyang saat penyiraman atau perlakuan lainnya. Sehingga pertumbuhan akar tidak terganggu. Tiang penyangga dapat dilepas bila tanaman sudah menempel kuat pada pot.
  • Media tanam.
Media tanam untuk menanam anggrek yaitu, potongan pakis, arang kayu, sabut kelapa.

Langkah Penanaman Anggrek Menggunakan Pot
  • Pasang tiang penahan sampai menyentuh dasar pot.
  • Kemudian masukkan media arang kayu atau potongan atu bisa juga dengan sabut kelapa.
  • Setelah itu tanaman anggrek diletakkan diatas media dan akar diatur supaya menyebar rata. Jangan lupa batang tanaman diikat pada tiang penyangga.
  • Pada bagian atas akar ditambah media lagi secukupnya. Perlu diingat, jangan sampai batang tanaman tertimbun oleh media. Jangan lupa bagian dasar pot Isi pot dengan pecahan batu bata atau genteng secukupnya, bisa sampai 1/3 tinggi pot.
Jenis Anggrek Berdasarkan Kebutuhan Cahaya Matahari
  • Berdasarkan tingkat kebutuhan intensitas cahayanya anggrek terbagi menjadi tiga jenis. Jenis pertama tanaman anggrek yang harus terkena sinar matahari secara langsung. Jenis anggrek yang cocok untuk dibudidayakan pada tempat terbuka adalah anggrek Vanda, anggrek Arachnis dan anggrek Renanthera.
  • Sedangkan jenis kedua adalah jenis anggrek yang bisa tumbuh baik di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jenis anggrek yang cocok untuk kondisi ini adalah anggrek Ancedium, anggrek Dendrobium, atau anggrek Cattleya.
  • Sedangkan jenis tanaman anggrek yang terakhir adalah anggrek yang tidak suka terkena sinar matahari, sehingga Anda harus menempatkan tanaman ini di tempat yang teduh. Bila Anda mempunyai halaman rumah yang teduh, sebaiknya Anda menanam jenis Anggrek Paphiopedilum dan anggrek Phalaenopsis.
Sumber:www.mangyono.com dan sumber lainnya

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:17

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.