loading...

Panduan Praktis Cara Menanam Cabai

Posted by

loading...

loading...
loading...
Cara Singkat Menanam Bibit Cabai Dan Cara Mengolah dan Mempesiapkan Lahan Penanaman

Tanah dibersihkan dan dicangkul, hendaknya dibuat bedengan berukuran lebar 120 cm, tinggi 40-50 cm, dengan jarak antar bedengan 50 cm. Jika pH rendah dapat diberikan dolomit sebanyak kurang lebih 2 ton/ha, bersamaan dengan pemberian pupuk kandang dan pupuk dasar pada saat pengolahan tanahtahap akhir. Sebagai pupuk dasar dapat diberikan pupuk Urea 300 kg/Ha, SP36 250-300 kg/ Ha, KCI 250 kg/Ha, diaduk secara rata. Siram seluruh permukaan bedengan dengan air hingga lembab, kemudian tutup dengan mulsa pelastik.


Pemupukan
Untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit digunakan pupuk kandang matang 0,75-1,0 kg pertanaman dan 80-100 gr campuran pupuk kimia, dengan perbandingan ZA : Urea :TSP : KCI sebesar 2:1:1,5.


Add caption

Pemupukan susulan dilakukan saat tanaman berumur 12-14 hari setelah tanam, dengan pupuk daun N seperti kemira Green atau Complesal Special Tonic. Pemberian ini cukup sekali saja, sedangkan pupuk daun unsur P dan K tinggi diberikan sekali pada umur 40 hari setelah tanam, seperti Kemira Red atau Complesal Super Tonic.


Disamping pupuk N, pupuk mikro juga diberikan lewat daun. Tujuannya untuk mencegah kerontokan buah dan meningkatkan ketahanan tanaman. Jenis pupuk mikro ini adalah multimicro yang diberikan dua kali, yaitu saat umur 25 dan 53 hari setelah tanam.


Pemupukan nitrogen (ZA dan Urea) yang terlalu tinggi atau terlalu sering, mengakibatkan tanaman terlalu subur sehingga banyak terbentuk daun. Pembentukan buah berkurang, batang menjadi sukulen. Hal ini membuat tanaman peka terhadap penyakit dan mudah patah bila tertimpa curah hujan.


Pemasangan mulsa Plastik Hitam perak (MPHP) mulsa plastik yang digunakan adalah 12 roll/Ha. Pemasangan mulsa dilakukan pada saat terik matahari agar memudahkan plastik mengembang dan mudah di tarik. MPHP ditebar diatas bedengan, warna perak menghadap ke tas den warna hitam menghadap ke tanah. Tepi-tepi MPHP ditarik kuat kearah bawah hingga terasa mengembang. Jepit tepi pelastik dengan bilah bambu tipis sepanjang 40 cm disepanjang tepinya pada setiap jarak 40-50 cm.


Penanaman
Lubang tanam dibuat dengan jarak tanam 60 cm dalam barisan dan 70-80 cm antar barisan. Bibit yang telah disiapkan sebaiknya ditanam pada pagi atau sore hari.


Pemeliharaan
Penyulaman dilakukan paling lambat 1 minggu untuk mengganti bibit yang mati atau sakit. Pengairan diberikan dengan cara di leb atau disiram per lubang. Untuk menompang berdirinya tanaman dapat diberi ajir setinggi 125 cm. Tunas air yang tumbuh dibawah cabang utama dipangkas.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 18:37

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.