Nutrisi Yang Terkandung Dalam Cabai dan Manfaatnya

Posted by

loading...
Ternyata selain sebagai makanan penggugah selera dengan cita rasa pedasnya yang banyak digemari, cabe juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang berhubungan erat dengan nutrisi yang terkandung dalam cabe tersebut. Cabai merupakan stimulan, mampu meningkatkan nafsu makan dan meluruhkan keringat, Tahu dong, setiap ada yang hot  kepanasan makan cabai, pasti keringat langsung bercucuran. Itu karena cabai mengandung minyak atsiri capsaicin yang menyebabkan rasa pedas dan menghangatkan tubuh bila digunakan untuk rempah. Bila kita terlalu banyak mengkonsumsi capsaicin ini, berakibat rasa terbakar dimulut, berderai keringat dan bahkan air mata.

Nutrisi cabai merah cukup banyak, khususnya kandungan vitamin A dan C di dalamnya. Dalam 100 gr cabai terdapat vitamin C atau asam askorbat 190 mg. Sedangkan kandungan vitamin A adalah 5700 IU. Sedangkan kandungan mineral cabai merah antara lain kalsium, besi, magnesium, phospor, potassium, seng, dan lain-lain,

Selain itu, dalam versi lain cabai mempunyai manfaat bagi kesehatan di antaranya adalah :

  1. Cabai dapat meredakan pilek dan hidung tersumbat karena capsaicin dapat mengencerkan lendir. Sehingga, lendir yang menyumbat dalam rongga hidung akan menjadi encer dan keluar. Akibatnya, hidung menjadi tidak tersumbat lagi. Ini berlaku pada sinustisi dan juga bentyuk berdahak.
  2. Cabai dapat memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner. Karena, dengan mengkonsumsi capsaicin secara rutin darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Sehingga, darah akan mengalir dengan lancar. Jadi, cabai juga berkhasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis).
  3. Sebagai antibiotik alami.
  4. Cabai dapat meringankan keluhan skit kepala dan nyeri sendi. Karena, rasa pedas dan panas yang ditimbulkan capsaicin akan menghadang pengiriman sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf ke otak. Sehingga, rasa sakit tersebut akan berkurang, bahkan hilang.
  5. Cabai dapat juga meninggalkan nafsu makan pada pengkonsumsinya. Karena, capsaicin dapat merangsang produksi hormon endorphin, hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Sehingga, nafsu makan menjadi bertambah.
  6. Menurunkan kadar kolesterol.
  7. Kandungan antiokidanya dapat digunakan untuk mengatasi ketidak suburan (infertilitas), afrodisiak, dan memperlambat proses penuaan.
  8. Ekstrak buah cabai rawit mempunyai daya hambat terhadap pertumbuhan jamur Candida Albicans, yaitu jamur pada permukaan kulit.
  9. Menormalkan kembali kaki dan tangan yang lemas.
  10. Meredakan migraine.
  11. Untuk gangguan rematik dan frostbite (jari nyeri karena kedinginan).
  12. Daunnya bisa digiling untuk dibalurkan didaerah yang sakit guna mengatasi sakit perut dan bisul.
  13. Mengobati perut kembung.
  14. Membantu pembakaran kalori hingga 25%.
  15. Memberikan kalsium dan fosfor bagi tubuh.
  16. Cabai menghasilkan vitamin C (lebih banyak dari pada jeruk ) dan provitamin A (lebih banyak dari pada wortel) yang sangat diperlukan bagi tubuh.
  17. Kaya akan kalsium dan fosfor yang mengungguli ikan segar.
  18. Cabai dapat menghilangkan rasa dingin pada tubuh dengan cara mengoleskannya pada bagian yang terasa dingin.
 Walau banyak manfaat yang bisa diambil dari mengkonsumsi cabai, namun dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi cabai secara berlebihan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 18:46

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.