loading...

Macam dan Jenis Penyakit Tanaman Anggrek

Posted by

loading...
Cara Mengatasi Berbagai Macam Jenis Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Anggrek

Penyakit-penyakit pada tanaman anggrek beragam jenisnya. Ada beberapa tanda-tanda khusus yang dapat dilihat dari fisik anggrek dan kita harus teliti memeriksa anggrek hias kita setiap hari. Itu kita lakukan agar saat menemukan tanda-tanda anggrek yang dipelihara terkena penyakit maka aka nada kesigapan untuk memcahkan solusinya. Anggrek yang tidak dicermati setiap hari sampai terkena penyakit akan membuatnya cepat layu dan bahkan mati.

Macam Penyakit Anggrek

Penyakit busuk

Tanda-tanda: Munculnya bintil-bintil kecil berwarna coklat pada bagian tanaman yang terkena penyakit busuk ini. Bintil-bintil ini bukan corak warna yang dibawa tanaman anggrek yang dihibridisasi namun penyakit yang dapat kita lihat dari beberapa bagian anggrek.

Solusi: pada bagian tanaman yang sakit dipotong kemudian dibuang agar tidak menyebar ke seluruh bagian tanaman. Media tanaman dan seluruh pot didesinfektan atau disterilkan dari penyakit dengan larutan formalin 4 % ataupun fungisida/antibiotik Natrippene 0,5 % selama 1 jam.


Penyakit busuk hitam

Tanda-tanda: munculnya warna kehitaman pada pangkal daun kemudian tanaman anggrek hias yang ditanam dan dihinggapi penyakit ini akan melunak dan busuk lalu pada akhirnya daun akan mati.

Solusi: semprotkan fungisida seperti Baycor Dithane M-45, Benlate, Ferban, Physan, Truban atau Banrot. Untuk yang berbentuk tepung gunakan dosis 2 gram/2 liter air. Cara ini akan mengobati penyakit busuk hitam pada anggrek. Cermati dan teliti anggrek anda agar tidak terkena penyakit ini.


Penyakit bercak bercincin

Tanda-tanda: timbul atau terdapat lingkaran atau garis-garis kekuningan pada permukaan daun tanaman anggrek hias. Penyakit ini disebabkan oleh Penyebab: virus TMVO (Tobacco Mozaic Virus Odontoglos-sum).

Solusi: tidak ada obat khusus untuk penyakit anggrek yang satu ini. Pengendalian penyakit bercak bercincin hanya dapat dilakukan dengan pencegahan yaitu dengan segera membuang bagian tanaman yang sakit serta menstrerilkan semua alat potong yang ada.


Penyakit bercak coklat

Tanda-tanda: Terdapat bercak coklat pada permukaan daun dan biasanya bercak tersebut menyebar ke seluruh permukaan tanaman. Bercak coklat penyakit pada anggrek tentu saja berbeda pada bercak sebagai corak. Penyakit ini dapat mudah dilihat karena bercak yang merupakan penyakit biasanya timbul di daun, bukan di mahkota bunga anggreknya.

Solusi: Buanglah semua bagian yang terkena penyakit lalu semprotkan fungisida atau jenis antibiotic Streptomycin atau Physan 20.


Penyakit Cymbidium

Tanda-tanda: awalnya hanya berupa bercak kekuningan kemudian timbul jaringan mati berbintik, bergaris atau lingkaran. Penyakit ini sering terjadi pada anggrek jenis Cattleya dan dapat menyebabkan tanaman hias tersebut mati.

Solusi: tidak ada obat khusus untuk mengobati penyakit ini namun pengendaliannya hanya bersifat pencegahan dengan membuang bagian tanaman yang sakit, serta mensterilkan segala alat yang dipakai.


Penyakit busuk lunak

Tanda-tanda: daun dan akar terlihat membusuk serta berbau tidak sedap. Penyakit ini sangat cepat meluas hamper ke seluruh permukaan tanaman namun khusus hanya terdapat padapada rhizoma dan umbi batang, penyebarannya lumayan agak lambat.

Solusi: peralatan kebun harus steril, bagian yang sakit dipotong kemudian dibuang. Semprotkan Physan 20 dan pot tanaman disemprot dengan formalin dengan kadar sekitar 4 %.


Beberapa penyakit pada anggrek tidak selalu ada karena hama namun dapat juga terjadi akibat alat potong yang digunakan kurang bersih atau steril. Alat potong dan pemeliharaan tanaman anggrek harus diperhatikan secara detail dan cermat. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Setelah mengetahui beberapa penyakit pada tanaman hias anggrek ini, seyogyanya para pencinta anggrek dapat mencegah anggreknya agar tidak terjangkit penyakit supaya dapat tetap tumbuh subur dan berkembang sesuai dengan keinginan.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:01

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.